Selasa, 21 Januari 2020

12 Contoh Sumber Daya Tambang Dan Pemanfaatannya

 Alam menyediakan berbagai macam sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia 12 Contoh Sumber Daya Tambang dan Pemanfaatannya

Alam menawarkan aneka macam macam sumber daya alam yang mampu dimanfaatkan oleh insan, baik itu berbentuksumber daya alam hayati maupun non hayati. Ditambah lagi dengan kondisi dan letak geografis Indonesia yang sangat strategis menyebabkan keragaman sumber daya alam di Indonesia makin kaya. Seperti misalnya alasannya adalah kawasan lautan Indonesia yang sungguh luas menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya tambang.

Tidak cuma kaya, sumber daya tambang di Indonesia bahkan bisa dibilang sumber daya pertambangan berkualitas terbaik di dunia. Di Indonesia sendiri, sumber daya pertambangan ini dimanfaatkan untuk dimasak menjadi aneka macam produk. Berikut ini akan diterangkan beberapa pola sumber daya tambang dan pemanfaatannya di Indonesia.

Apa itu Sumber Daya Tambang?

Yang dimaksud dengan sumber daya tambang yakni sumber daya yang diambil dari dasar perut bumi. Sumber daya ini ialah klasifikasi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Hal ini karena sumber daya tambang ini terbentuk memerlukan waktu yang sangat usang hingga jutaan tahun.

Sebelum bisa dimanfaatkan menjadi berbagai produk, aneka macam jenis dan acuan sumber daya tambang tersebut masih mesti melalui proses yang panjang. Dimulai dari proses penggalian, pengambilan lalu pembuatan sumber daya alam tersebut untuk memenuhi keperluan insan.

Contoh Sumber Daya Tambang dan Pemanfaatannya

Setelah mengetahui bagaimana proses terbentuknya sumber daya atau materi tambang, berikutnya adalah banyak sekali contoh dan pemanfaatan sumber daya tambang. Berikut ini yakni berlawanan contoh sumber daya atau barang tambang serta pemanfaatannya.

1. Minyak Bumi
Contoh pertama sumber daya tambang yang paling sering ditemukan yakni minyak bumi. Minyak bumi ialah cairan berwarna coklat gelap atau kehijauan dengan sifat mudah terbakar. Bahan tambang ini terbentuk dari sisa tanaman dan binatang yang kemudian tertimbun berjuta tahun dalam lapisan kerak bumi.

Ketika sudah dipisahkan dari gas alam, barang tambang ini berupa cairan hitam pekat dan berbau yang disebut dengan minyak mentah. Pemanfaatan minyak bumi ini yaitu untuk bahan bakar kendaraan bermotor, tenaga aktivis mesin pabrik, penerangan rumah tangga dan lain sebagainya.

2. Gas Alam
Gas alam ini yakni materi tambang yang berbentuk gas dan terdiri dari komponen metana. Bahan bakar fosil ini didapatkan di tambang batu bara, ladang gas bumi dan minyak. Semua minyak bumi terkandung gas alam yang larut dalam minyak mentah. Pemanfaatan gas alam ini antara lain yaitu untuk materi bakar industri dan rumah tangga, mirip LPG contohnya. Gas alam ini juga mempunyai sifat gampang terbakar.

3. Batu Bara
Contoh sumber daya tambang berikutnya yaitu watu bara. Pembentukan batu bara juga menyantap waktu sungguh lama hingga jutaan tahun. Pemanfaatan kerikil bara lazimnya adalah untuk bahan bakar, utamanya bahan bakar untuk pembangkit listrik tenaga uap. Selain itu, batu bara juga dimanfaatkan untuk keperluan lain mirip materi pembuat cat, parfum dan obat-obatan.

4. Emas
Indonesia juga menjadi negara penghasil materi tambang yang besar dengan total2.3% dari keseluruhan cadangan emas dunia. Produksi emas di Indonesia bisa meraih 6,7%. Biasanya materi tambang ini dimanfaatkan untuk suplemen.

5. Timah
Biji timah merupakan salah satu sumber daya tambang yang berasal dari pelapukan batuan. Timah ini lazimnya dimanfaatkan untuk pelapis besi dan bahan pembuat kaleng. Sedangkan biji timah yang dimasak lebih lanjut lazimnya akan berupa lebih tipis. Pemanfaatannya biasanya untuk pembungkus coklat, permen dan sebagainya.

6. Mangan
Mangan adalah pola sumber daya tambang berbentuklogam berwarna hitam. Biasanya mangan ini dimanfaatkan untuk Pembuatan kerikil baterai, bahan adonan dalam pengerjaan baja, bahan campuran dalam pembuatan keramik dan lain sebagainya.

7. Tembaga
Hasil sumber daya tambang berikutnya bernama tembaga. Bahan tambang satu ini mempunyai sifat menghantarkan listrik yang baik. Karena itu, pemanfaatan tembaga yang paling lazim yakni untuk pembuatan unsur kelistrikan, mirip bagian dalam kabel contohnya. Tembaga juga banyak dimanfaatkan dalam industri konstruksi, pembuatan pipa air serta kuningan.

8. Intan
Sumber daya tambang ini berupa batuan dengan sifat yang keras, bahkan paling keras diantara hasil tambang batuan lain. Pemanfaatan intan ini lazimnya dipakai di bidang pertambangan, adalah untuk dijadikan mata bor. Namun sebab keindahannya, seiring berjalannya waktu, pemanfaatan sumber daya tambang satu ini juga untuk kerikil permata. Untuk menghasilkan kerikil permata, intan mesti diolah dengan cara digosok lebih dulu.

9. Nikel
Nikel merupakan teladan sumber daya tambang selanjutnya dengan karakteristik berwarna putih sedikit keabu-abuan. Nikel bersifat agak keras serta tidak gampang berkarat. Pemanfaatan nikel biasanya adalah untuk menciptakan uang logam. Namun nikel juga sering dimanfaatkan sebagai campuran besi untuk meningkatkan mutunya. Nikel juga dicampur dengan tembaga untuk menghasilkan perunggu atau kuningan.

10. Batu Pualam (Marmer)
Contoh materi tambang ini diketahui juga dengan batu marmer. Batu pualam ini terbentuk balasan batuan kapur yang terkena suhu dan tekanan tinggi. Pemanfaatan sumber daya tambang satu ini lazimnya yakni material untuk pelapis dinding dan bahan pembuat keramik. Namun di beberapa kawasan, kerikil pualam ini juga dimanfaatkan untuk menjadi karya seni ukir.

11. Batu Gamping
Sumber daya tambang ini juga sering disebut dengan kerikil kapur. Ciri-cirinya lazimnya berwarna putih dengan kandungan basa yang tinggi. Pemanfaatan bahan tambang ini umumnya dalam industri bangunan dipakai selaku materi dasar untuk membuat semen. Batu gamping juga dimanfaatkan pada bidang lain, yaitu pertanian untuk pupuk pada tanah yang kelemahan zat kapur.

12. Bauksit
Bauksit ini yakni biji aluminium. Pemanfaatan bauksit ini lazimnya dipakai dalam industri pesawat melayang, yaitu untuk membuat bagian tubuh pesawat terbang, untuk membuat kapal, peralatan dapur dan lain sebagainya. Pada biasanya bauksit didapat dari deposit sekunder hasil pelapukan batuan yang kaya mineral K-feldspar.

Dari klarifikasi di atas, contoh dan pemanfaatan sumber daya tambang mampu diringkas ke dalam tabel berikut:
#Contoh Hasil tambangPemanfaatan
1. Minyak Bumi Bahan bakar kendaraan bermotor
2. Gas alam bahan bakar rumah tangga (LPG)
3. Batu bara Bahan bakar PLTU
4. Emas Untuk pemanis
5. Timah Pelapis besi
6. Mangan Bahan Pembuat baterai
7. Tembaga Bahan pembuat kabel
8. Intan Untuk komplemen
9. Nikel Bahan pelapis besi, pembuatan duit logam
10. Batu pualam Pembuatan Keramik
11. Batu gamping Pembuat semen dan Pupuk
12. Bauksit Bahan pelapis tubuh pesawat dan perlengkapan rumah tangga

Itulah tadi klarifikasi lengkap tentang beberapa contoh dan pemanfaatan sumber daya tambang dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, masih sangat banyak sumber daya tambang yang belum disebutkan di atas, mirip kerikil granit, pasir kuarsa, watu galena, pasir zirkon, dan lain sebagainya.

Sebagai kelompok sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, pemanfaatan bahan tambang yang kian besar mengancam keberadaannya di bumi. Pemanfaatan yang cocok dengan keperluan tanpa eksploitasi berlebihan akan menolong mempertahankan kelestarian sumber daya alam yang satu ini.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon