Udah beberapa hari ini nyoba make All New Honda BeAT Sporty eSP CBS. Kesan pertama yang paling keliatan yaitu tampilan fisik yang lebih bohay daripada Honda Beat keluaran pertama.
|
All New Honda BeAT Sporty eSP CBS Funk White. Sumber Foto : AHM |
Apabila daripada Honda Beat keluaran pertama yang masih karburator memang yang paling terasa yakni konsumsi BBM-nya, jauh sangat irit. Hal ini mungkin karena telah memakai teknologi baru, yakni eSP (
Enhanced Smart Power).
|
Tampak belakang lebih bohay. |
Teknologi eSP mesin generasi terbaru versi skuter matic global milik Honda. Konon katanya, teknologi memajukan efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang dan mengembangkan penampilan kendaraan yang tinggi pada ketika berkendara.
|
Teknologi eSP andalan di sepeda motor Honda Beat |
Selain dilema konsumsi BBM yang terasa lebih ekonomis, tenaga dan suspensi lumayan berlainan jauh dengan Beat model sebelumnya. Ketika dikendarai di jalan agak keriting, lebih berasa empuk.
Head lamp juga nampak lebih terperinci ketika dipakai di malam hari. Cuma sayang banget gak ada
switch on off head lamp, jadi nyala terus tuh ya ....
|
Tombol di stang sebelah kanan hanya ada tombol starter |
|
Head lamp lebih besar dan bening |
Hal lain yang gres adalah bagasi di bawah jok lebih besar.
|
Bagasi lebih lapang |
Yang menambah keren tampilan ialah
striping yang lebih nampak dinamis yang lezat dipandang.
|
Striping depan |
|
Striping samping |
Nampaknya teknologi CBS (
combi brake system) sungguh membantu dalam proses pengereman, karena kendaraan bergerak ke depan makan pengereman akan lebih efektif jika dipadukan dengan pengereman roda depan.
|
Combi brake system (CBS) |
|
Combi brake system (CBS) plus rem parkir yang semakin kecil |
|
Combi brake system (CBS) |
Hal yang nampak sepele tetapi menolong para
boncenger yakni penambahan
step buat yang dibonceng sehingga akan lebih tenteram pijakan kakinya.
|
Step buat boncenger |
Cuma sayang banget panel
speedometer masih klasik dan hampir tanpa pergantian sama sekali, hanya ditambah indikator
check engine aja.
|
Speedometer tanpa pergeseran yang mempunyai arti |
Nah, saya gak ngerti, kenapa tombol klakson dan lampu sen posisinya dibalik ya ? Pada Beat edisi terdahulu dan motor lain, posisi tombol klakson ada di bawah dan tombol sen ada di atasnya. Jadinya sering ketuker-tuker kalo ganti motor deh ....
|
Posisi tombol klakson dan lampu sen pada Beat edisi sebelumnya |
|
Posisi tombol klakson dan sen pada Kawasaki KLX |
Masalah klasik yang selalu muncul pada pembelian motor baru kini ini ialah lamanya proses pengurusan STNK dan BPKB. Oleh dealer, STNK dijanjikan akan final dalam 3 minggu dan BPKB gak tau kapan selesainya tapi diusahakan secepatnya. Akhirnya oleh dealer diberikan surat jalan dengan ungkapan ompang. Kata dealer mampu digunakan dan kondusif gak akan ditilang selama di dalam kota.
Itu
impresi permulaan mengendari All New Honda BeAT Sporty eSP CBS.
Sumber https://ghost-ships.blogspot.com
EmoticonEmoticon