Senin, 20 Januari 2020

Daftar Negara Di Benua Afrika Beserta Nama Ibukotanya

 Benua Afrika merupakan salah satu dari beberapa benua besar yang ada di bumi Daftar Negara di Benua Afrika beserta Nama Ibukotanya

Benua Afrika ialah salah satu dari beberapa benua besar yang ada di bumi. Letaknya berada di potongan bumi bagian utara dan selatan dan meliputi daratan yang luas di bagian barat daya Benua Asia serta pulau-pulau di sekitarnya.

Dengan luas kawasan meraih 30.244.050km² mengakibatkan Benua afrika ini sebagai benua paling besar ketiga di dunia. Wilayahnya yang sangat luas ini tentu mempunyai banyak negara di dalamnya.

Seperti pada benua yang lain, wilayah Benua Afrika terbagi menjadi beberapa bagian. Benua Afrika terbagi menjadi 5 daerah, adalah Benua Afrika Utara, Timur, Tengah, Selatan dan Afrika Barat. Masing-masing wilayah di benua ini memiliki jumlah negara yang berlainan dengan karakteristik yang berlainan pula.

Negara-Negara di Afrika Utara

Afrika bab utara terdiri atas 8 negara. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa letak astronomis Afrika menimbulkan setiap daerah di benua ini memiliki karakteristik yang berlainan-beda. Seperti contohnya di kawasan Afrika Utara ini.

Afrika bab utara memiliki iklim berjenis iklim gurun. Hal ini alasannya memang bentuk topografi wilayah ini sebagian besar didominasi oleh gurun yang kering dan tandus. Karena itu negara-negara di wilayah Afrika Utara yang memiliki iklim gurun condong kering sepanjang tahun. Selain itu di bab paling utara daerah Afrika ini juga mengalami iklim Mediterania. Tepatnya di daerah yang akrab dengan Laut Tengah.

Wilayah Afrika bab utara ini berbatasan dengan Selat Gilbraltar dan Laut Mediterania di bagian utara serta Gunung Chad dan Gurun Sahara di bagian selatan. Sedangkan di bab baratnya memiliki batas dengan Samudra Atlantik.

Secara biasa , antara negara-negara di Afrika Utara dengan daerah Afrika lainnya dibatasi oleh Gurun Sahara. Berikut ini yakni nama-nama negara di tempat Afrika bab utara ini.
#Nama Negara di Benua Afrika UtaraIbukota
1. Aljazair Aljir
2. Tunisia Tunis
3. Maroko Rabat
4. Sudan Selatan Juba
5. Sahara Barat Al Aainun
6. Sudan Khartoum
7. Libia Tripoli
8. Mesir Kairo

Negara-Negara di Afrika Barat

Berikutnya yaitu daerah Afrika bagian Barat. Wilayah ini terdiri dari 16 negara. Negara-negara yang masuk dalam kawasan Afrika bab Barat ini juga mempunyai karakteristik yang berlainan dari daerah Afrika lainnya.

Dari iklim, wilayah ini masuk dalam kawasan iklim tropis alasannya berada di sekeliling ekuator. Karena berada di wilayah iklim tropis, curah hujan di tempat ini relatif lebih terorganisir ketimbang daerah yang lain. Namun, intensitas curah hujan kian berkurang pada kawasan yang terletak kian menjauh dari ekuator.

Sementara itu, di sepanjang pantai di Afrika Barat, Uganda, Kenya, dan daerah pantai timur mengalami iklim berupa hujan dan dan panas sepanjang tahun. Afrika bab barat daya juga mengalami iklim gurun yang kering sepanjang tahun. Berikut ini yaitu nama-nama negara di Benua Afrika bab barat.
#Nama Negara di Benua Afrika BaratIbukota
1.Benin Porto Novo
2.Guinea Conakry
3.Pantai Gading Yomoussoukto
4.Gambia Banjul
5.Mali Bramako
6.Sierra Leone Freetown
7.Mauritanisa Nouakchott
8.Tanjung Verde Praira
9.Niger Niamey
10.Senegal Dakar
11.Guinea Bissau Bissau
12.Togo Lome
13.Burkina Faso Ougadougou
14.Nigeria Abuja
15.Ghana Accra
16.Liberia Monrovia

Negara-Negara di Afrika Timur

Benua Afrika secara biasa memang terbagi ke dalam beberapa tipe iklim. Hal ini tak lain disebabkan karena letak geografis Benua Afrika yang memang sedikit lebih unik. Wilayah Afrika Timur ini sendiri masuk dalam kategori iklim darat atau iklim gurun.

Karakteristik dari iklim gurun ini ialah tipe iklim dengan suhu sederhana dan mengalami curah hujan yang sangat sedikit. Bahkan mampu dikatakan daerah dengan iklim gurun ini mampu kering sepanjang tahun. Karena itulah biasanya di negara yang mempunyai tipe iklim ini tidak memiliki keragaman hewan dan flora.

Seperti namanya, iklim gurun ini umumnya memang terjadi di tempat gurun. Curah hujannya yang sungguh sedikit umumnya kurang dari 250mm sepanjang tahun. Nah, berikut ini yakni nama-nama negara yang berada di kawasan Afrika bagian timur.
#Nama Negara di Benua Afrika TimurIbukota
1.Burundi Bujumbura
2.Eritrea Asmara
3.Djibouti Djibauti
4.Komoro Moroni
5.Rwanda Kigali
6.Kenya Nairobi
7.Mauritius Louis
8.Somalia Mogadishu
9.Mozambik Maputo
10.Seychelles Victoria
11.Malawi Lilongwe
12.Tanzania Dodoma
13.Zambia Lusaka
14.Uganda Kampala
15.Ethiopia Addis Ababa
16.Madagaskar Antananarivo

Negara-Negara di Afrika Tengah

Wilayah selanjutnya dari Benua Afrika yaitu Afrika Tengah. Wilayah Afrika Tengah ini terdiri dari 9 negara. Organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lebih sering menyebut kawasan bab Afrika ini dengan istilah Afrika.

Wilayah Afrika Tengah ini merujuk pada negara-negara di Afrika yang berada di bab selatan Gurun Sahara. Batas bagian barat wilayah ini adalah kawasan Afrika Barat. Sedangkan batas bab timurnya ialah Great Valley Rift.

Berbeda dengan wilayah Afrika yang lain yang lazimnya mempunyai iklim gurun atau iklim darat yang kering, kawasan Afrika Tengah ini justru memiliki iklim tropis. Hal ini alasannya adalah daerah Afrika Tengah ini berada erat dengan garis ekuator.

Karakteristik iklim tropis ini ialah curah hujan yang terorganisir sepanjang tahun. Karena itu di negara-negara Afrika Tengah ini umumnya memiliki vegetasi yang lebih bermacam-macam akibat keadaan iklim tersebut.

Tipe iklim akan terus berganti pada negara yang makin menjauhi ekuator. Hal tersebut memiliki pengaruh pada berkurangnya curah hujan tahunan di negara atau daerah tersebut. Berikut ini yakni nama-nama negara di Benua Afrika bagian Tengah ini.
#Nama Negara di Benua Afrika TengahIbukota
1.Republik Demokratik KongoKinsasha
2.KongoBrazzaville
3.GabonLibreville
4.Kamerun Yaounde
5.Guinea KhatulistiwaMalabo
6.Saotome PrincipeSao Tome
7.ChadN'Djamena
8.Republik Afrika TengahBangui
9.AngolaLuanda

Negara-Negara di Afrika Selatan

Wilayah terakhir dari Benua Afrika yaitu Afrika Selatan. Wilayah ini region yang berada di ujung paling selatan Benua Afrika. Jika dilihat di peta, kawasan ini berada di bagian bawah Benua Afrika. Bagian ini mempunyai total 6 negara di dalamnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kawasan Afrika dilewati oleh garis balik utara dan selatan. Hal ini mengakibatkan Benua Afrika juga mengalami iklim sub-tropis tepatnya di bagian selatan Afrika ini. Selain itu, wilayah ini juga menjadi konferensi antara Samudra Hindia dan Samudra Atlantik.

Beberapa negara di kawasan Afrika bagian selatan ini mempunyai ciri khas sebagai negara dengan aneka macam binatang khas pemegang rekor. Contohnya cheetah yang dikenal selaku binatang mamalia tercepat atau juga burung unta yang diketahui selaku spesies burung berukuran terbesar. Semua spesies hewan ini banyak ditemukan di wilayah Afrika Selatan. Berikut adalah negara yang termasuk di dalam kawasan Afrika Selatan.
#Nama Negara di Benua Afrika SelatanIbukota
1.Afrika SelatanCape Town
2.LesothoMaseru
3.BostwanaGaborone
4.NamibiaWindhoek
5.ZimbabweHarare
6.SwazilandMbabane

Demikian tadi klarifikasi tentang negara di Benua Afrika beserta beberapa karakteristik dan nama ibukotanya. Dengan klarifikasi ini agar mampu menambah pengetahuan Anda perihal negara dan Benua yang ada di dunia.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon