Minggu, 12 Januari 2020

Negara-Negara Yang Berbatasan Langsung Dengan Vietnam

Letak Vietnam yang berada di Semenanjung Indochina mempunyai luas sekitar 331.230,73 km persegi. Nama Vietnam berasal dari kata China "Nam Viet" yang jikalau diartikan menjadi "Viet Selatan". Vietnam mempunyai total panjang perbatasan darat sekitar 4.639,74 kilometer, sedangkan garis pantainya sepanjang 3.443,99 kilometer.

Kondisi Geografis Vietnam ditandai dengan dominasi bentang alam pegunungan yang mencakup sekitar 40% dari total luas wilayahnya, dan hampir 20% ialah bentang alam dataran. Wilayah utara Vietnam sebagian besar terdiri atas dataran tinggi, sedangkan selatan terdiri atas dataran rendah. Iklim di negara ini cukup beragam alasannya keberagaman bentang alamnya.

Ekonomi Negara Vietnam sangat tergantung pada pertanian, dimana negara ini ialah salah satu pengekspor hasil pertanian terbesar dan pengekspor kacang mete paling besar di dunia.

Lalu, bahu-membahu apa saja negara yang berbatasan dengan Vietnam? Ya, negara ini memiliki batas setidaknya dengan 3 negara ialah Kamboja (di bab barat daya), China (di utara), dan Laos (di barat - barat maritim).

Letak Vietnam yang berada di Semenanjung Indochina memiliki luas sekitar  Negara-Negara yang Berbatasan Langsung dengan Vietnam
Negara-Negara yang memiliki batas dengan Vietnam ialah: Kamboja, Laos, China.

Kamboja

Kamboja yaitu sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara, yang mempunyai total luas daratan 181.034,99 km persegi dan memiliki populasi sekitar 16,73 juta pada Juli 2020. Kamboja ialah satu dari tiga negara yang memiliki batas dengan Vietnam di bab barat daya, dan panjang perbatasannya meraih 1.158,73 km.

Sungai Mekong yang melewati bagian tengah kamboja seakan membagi negara ini menjadi dua bagian. Selain memiliki batas dengan Vietnam, Kamboja juga berbatasan dengan Negara Thailand dan Laos. Batas antar negara Vietnam dan Kamboja dibuat pada tahun 1867 ketika kolonialis Perancis merebut wilayah barat Delta Mekong.

Kamboja berupa seperti cawan, dimana bab tengah cawan tersebut mewakili Dataran Tengah Kamboja. Tanah pada dataran tengah negara ini sangat suburm sehingga aktivitas pertanian di kamboja terpusat di kawasan ini.

Untuk lebih mengenal negara ini, silahkan menuju pada isu Kondisi Geografis Kamboja.

China

Negara China (Tiongkok) yakni suatu negara yang terletak di Asia Timur sekaligus ialah negara yang memiliki batas langsung dengan Vietnam di bagian utara. Kesepakatan perbatasan kedua negara terjadi pada tahun 1887 dan 1889 oleh China dan Prancis dengan total panjang garis perbatasan ialah 1.281,04 km.

Bentang alam Tiongkok sangatlah bermacam-macam, diantaranya ada Pegunungan Himalaya, Gurun Taklamakan dan Gobi, serta Sungai Kuning dan Sungai Yangtze. Luas daerah daratan negara ini menempati urutan kedua paling besar di dunia dengan luas 9.596.960,07 km persegi.

Negara ini memiliki kawasan perbatasan antar negara terbanyak di dunia, dengan total setidaknya ada 14 negara yang memiliki batas dengannya. Ibukota China yakni Beijing, tetapi Kota Shanghai ialah kota terbesar di negara ini.

Jika ingin lebih mengenal negara ini, silahkan menuju pada informasi Profil Negara China.

Laos

Laos ialah negara di Asia Tenggara yang wilayahnya terkurung (locked) dan juga ialah salah satu negara yang berbatasan dengan Vietnam di bagian barat maritim. Laos memiliki luas daratan 237.955,16 km persegi dengan populasi meraih 7,28 juta pada Juli 2020.

Garis perbatasan antara Vietnam dan Laos panjangnya sekitar 2.124,33 km, dan hal ini dibuat berdasarkan fitur geografis dan etnis. Range Annamite digunakan selaku titik rujukan, dan baik Vietnam maupun Laos pada tahun 1977 telah menandatangani perjanjian yang menyepakati wilayah perbatasan kedua negara.

Laos dinamai seperti itu dominasi komunitas etnis Lao yang tinggal di negara tersebut. Sebelum penjajahan, Laos ialah salah satu kerajaan paling besar di Asia Tenggara, yang diketahui selaku Lan Xang Hom Kao.

Karena pertentangan, kerajaan tersebut lalu terpecah menjadi 3 kerajaan, tetapi lalu dipersatukan kembali di bawah pemerintahan kolonial Perancis. Bentuk negara ini yakni republik sosialis yang menganut paham komunisme.

Vegetasi Laos kebanyakan berhutan, dengan lanskapnya yang bergunung-gunung. Ekonomi Laos masih bergantung pada jual beli dengan negara-negara tetangganya. Industri pertanian di Laos merupakan penyumbang terbesar bagi perekonomian Laos yang diperkirakan memberdayakan sekitar 80% dari total tenaga kerja yang ada di negara tersebut.

Untuk lebih mengenal negara ini, silahkan membuka tautan Kondisi Geografis Laos.

Sengketa Wilayah Perbatasan Vietnam

Walaupun pada periode lalu Vietnam dan Kamboja sering bersengketa mengenai tapal batas kedua negara, namun pada dikala ini Vietnam sudah sukses menyelesaikannya dan mempertahankan hubungan baik dengan semua negara yang memiliki batas dengannya.

Sebenarnya perselisihan kedua negara tersebut dimulai dikala tentara Vietnam melanggar batas kawasan Kamboja, yang menyebabkan ketegangan militer kedua negara. Beruntung, perselisihan tidak berkembangmenjadi perang, sebab kedua negara akibatnya setuju untuk menyelesaikan duduk perkara tersebut lewat penandatanganan persetujuantapal batas pada tahun 2005.

Melalui persetujuantersebut, Vietnam dan Kamboja setuju atas batas kawasan yang ditetapkan, dan Vietnam menepati janji mempesona personel militernya dari daerah sengketa.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon