Kamis, 30 Januari 2020

Panduan Teknis Pelaksanaan Dan Silabus Ksn Sd Tahun 2021

Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SD Tahun  PANDUAN TEKNIS PELAKSANAAN DAN SILABUS KSN SD TAHUN 2021


Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SD Tahun 2021 Secara Daring. Merdeka mencar ilmu dan pendidikan 4.0 ialah jenis pembelajaran yang diharapkan oleh peserta asuh kurun sekarang. Peserta didik dituntut untuk mampu berpikir analitis dan kolaboratif dan para pendidik mesti menghadapi perkembangan teknologi yang berubah dengan sangat cepat. Salah satu upaya untuk menguasai dan mencipta teknologi di abad depan diharapkan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini selaku investasi jangka panjang untuk peserta latih meraih kesuksesan di kala m endatang. Oleh alasannya adalah itu, kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan dengan mengikuti perkembangan zaman.

 

Menindaklanjuti hal di atas, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan upaya kenaikan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA lewat penyelenggaraan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN SD). KSN SD ialah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para peserta didik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk memajukan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga akseptor bimbing menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui aktivitas KSN Sekolah Dasar ini diharapkan akan membekali penerima latih dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan inovatif.

 

Berdasarkan surat keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun pemikiran 2020/2021 menyatakan bahwa satuan pendidikan yang berada di daerah zona kuning, oranye, dan merah dihentikan melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR), maka pelaksanaan KSN Sekolah Dasar tahun 2021 masih di laksanakan secara daring/online mirip tahun sebelumnya.

 

KSN Sekolah Dasar tahun 2021 ialah persaingan ke-2 yang dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Pelaksanaan KSN Sekolah Dasar tahun 2021 terdiri atas 2 (dua) tahap, yakni tahap penyisihan dan tingkat nasional. Panduan teknis Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN Sekolah Dasar Tahun 2021/2022 Secara Daring ini disusun sebagai pola bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara untuk menyiapkan dan mengikuti KSN SD tahun ini dengan sebaik -baiknya. Semoga Panduan Teknis Pelaksanaan ini dapat membuat lebih mudah dan memperlancar pelaksanaan KSN Sekolah Dasar tahun ini sehingga anak -anak Indonesia tetap mampu menunjukkan prestasi di bidang sains dan terus berlatih untuk menjadi generasi unggul bangsa.

 

Berdasarkan Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN Sekolah Dasar Tahun 2021 Secara Daring, Strategi Pelaksanaan KSN Sekolah Dasar Tahun 2021 dijalankan dengan tata cara daring/ online oleh Pusat Prestasi Nasional sebab keadaan sebagian besar daerah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam era Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM. Media pelaksanaan kompetisi memakai aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat. Pelaksanaan persaingan harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

 

Adapun Bidang atau mata pelajaran yang dilombakan atau dikompetisikan pada KSN Sekolah Dasar MI Tahun 2021 yaitu: Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

 

Sedangkan Persyaratan akseptor KSN SD tahun 2021 mengacu pada Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SD Tahun 2021 Secara Daring, adalah selaku berikut.

a. Peserta yaitu warga negara Indonesia (WNI).

b. Peserta asuh kelas IV, V, atau VI Sekolah Dasar/MI atau yang sederajat di tahun pemikiran 2021/2022 dengan usia maksimal 13 tahun pada 1 Juli 2021.

c. Peserta memiliki kompetensi dibidang Matematika atau IPA.

d. Peserta belum pernah meraih medali emas pada KSN Sekolah Dasar tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang serupa.

e. Peserta belum pernah meraih me dali emas, perak, perunggu pada kontes tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

f. Peserta dianjurkan oleh sekolah untuk mengikuti tahap penyisihan. Sekolah hanya mampu mengirimkan paling banyak 1 (satu) penerima untuk bidang Matematika dan 1 (satu) peserta untuk bidang IPA, dibuktikan dengan surat keterangan sekolah.

g. Sekolah yang tidak mengikuti ketentuan poin f akan didiskualifikasi pada seleksi tahap selanjutnya.

 

Ketentuan Pendamping KSN Sekolah Dasar Tahun 2021

a. Pendamping yakni petugas yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

b. Pendamping berkordinasi dengan orang tua akseptor didik dalam rangka pelaksanaan KSN Sekolah Dasar tahun 2021 dengan mengamati protokol kesehatan covid-19.

c. Pendamping menandatangani surat pernyataan pendamping.

d. Pendamping berfungsi sebagai pengawas penerima dikala seleksi KSN Sekolah Dasar tahun 2021, dengan peran selaku berikut:

1) memutuskan identitas akseptor sesuai dengan data penerima;

2) memastikan akseptor telah membaca petunjuk pengerjaan soal;

3) memutuskan akseptor tidak memakai buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektro lain yang dapat digunakan untuk menjumlah dan menyimpan data, kecuali buku Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia-Inggris;

4) melakukan pengawasan kepada penerima selama menjalankan soal;

5) memutuskan penerima menjalankan soal secara mampu berdiri diatas kaki sendiri pada pelaksanaa n KSN;

6) melaksanakan perekaman foto dan video kondisi akseptor saat menjalankan soal;

7) memberikan izin kepada akseptor saat akan buang air (ke kamar kecil/toilet).

e. Pendamping berjumlah sebanyak akseptor jika pelaksanaan dilaksanakan di rumah, sedangkan jumlah pendamping sebanyak 1 (satu) orang apabila pelaksanaan dilakukan di sekolah.

f. Pendamping bukan pembina /guru bidang studi matematika atau IPA.

 

Cara Registrasi/Pendaftaran Peserta

1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui tata cara aplikasi registrasi lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman : sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

2. Pendaftaran dijalankan oleh sekolah dengan melengkapi data akseptor KSN Sekolah Dasar secara akurat dan benar.

3. Sekolah menentukan data NISN peserta telah ter-update.

4. Sekolah mengunggah pakta inte gritas/surat pernyataan siswa, surat informasi sekolah dan surat pendamping pada laman registrasi.

5. format mengunggah pakta inte gritas/surat pernyataan siswa, surat informasi sekolah dan surat pendamping dapat di unduh pada laman : pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

 

Prosedur Pelaksanaan KSN Sekolah Dasar tahun 2021 dikerjakan dengan prosedur tahap penyisihan dan tingkat nasional.

1. Tahap Penyisihan

a. Setiap satuan pendidikan diwakili oleh paling banyak 1 (satu ) orang penerima didik untuk bidang Matematika dan 1 (satu ) orang akseptor ajar untuk bidang IPA.

b. Tahap penyisihan KSN SD tahun 2021 dilakukan secara daring /online.

c. Tahap penyisihan mampu dikerjakan di sekolah maupun dari rumah tetap melakukan protokol kesehatan.

d. Pusat Prestasi Nasional menetapkan jumlah penerima KSN SD tahun 2021 yang mau lolos ke tingkat nasional sebanyak 272 (dua ratus tujuh puluh dua) penerima latih untuk setiap bidang yang berasal dari 34 (tiga puluh empat) Provinsi.

e. Pusat Prestasi Nasional tidak melakukan pelaksanaan babak penyisihan ulang/susulan.

f. Penilaian akseptor yang lolos ke tingkat nasional didasarkan pada prosedur peringkat nasional dan kuota peringkat nilai tertinggi pada masing-masing Provinsi dengan detail sebagai berikut:

1) 136 (seratus tiga puluh enam) peserta ajar berdasarkan ranking nasional hasil seleksi tahap penyisihan dengan jumlah optimal setiap provinsi sebanyak 6 (enam) peserta asuh.

2) 4 (empat) penerima asuh wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi, sehingga setiap provinsi mampu diwakili oleh minimal 4 (empat) dan maksimal 10 (sepuluh) penerima latih untuk masing-masing bidang Matematika dan IPA berdasarkan hasil penilaian seleksi tahap penyisihan.

g. Peserta yang lolos ke tingkat nasional untuk setiap bidang akan dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional dan akan mengi kuti seleksi KSN Sekolah Dasar tahun 2021 tingkat nasional.

h. Pusat Prestasi Nasional mengumumkan hasil tahap penyisihan melalui laman website Pusat Prestasi Nasional.

 

2. Tingkat Nasional

a. Tingkat nasional KSN SD tahun 2021 dikerjakan secara daring /online.

b. Tingkat nasional mampu dilakukan di sekolah maupun dari rumah masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

c. Jumlah akseptor pada tingkat nasional sebanyak 272 (dua ratus tujuh puluh dua) per bidang persaingan.

d. Juri menetapkan peserta terbaik untuk masing-masing bidang selaku berikut:

1) Hasil tes teori terbaik (best theory), eksplorasi terbaik ( best exploration ), dan penerima terbaik ( best overall ) bidang Matematika.

2) Hasil tes teori terbaik (best theory), observasi terbaik (best observation ), dan akseptor terbaik ( best overall) bidang IPA.

e. Juri memutuskan para juara pada masing-masing bidang persaingan sebanyak 10 orang mendapatkan medali emas, 20 orang mendapatkan medali perak, dan 30 orang menerima medali perunggu.

f. Juri menetapkan akseptor peringkat 61-100 menerima predikat Harapan (Honorable Mention).

g. Pusat Prestasi Nasional memutuskan para juara KSN Sekolah Dasar tahun 2021 lewat Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional dan mengumumkan hasilnya.


Selengkapnya silahkan baca dan download PanduanTeknis Pelaksanaan dan Silabus KSN Sekolah Dasar Tahun 2021 Secara Daring

 

Demikian info perihal Panduan Teknis Pelaksanaan Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SD Tahun 2021 Semoga ada manfaatnya, terima kasih





Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon