Kamis, 13 Februari 2020

Deskripsi Mineral Augit (Augite)

 adalah mineral pembentuk batuan yang umumnya terdapat pada batuan beku mafik hingga inter Deskripsi Mineral Augit (Augite)
Kenampakan Mineral Augit (Augite).
Mineral Augit ialah mineral pembentuk batuan yang lazimnya terdapat pada batuan beku mafik sampai intermediet seperti watu basalt, gabro, andesit, dan diorit. Komposisi atau rumus kimia augit yaitu (Ca, Na) (Mg, Fe, Al) (Si, Al)2O6. Mineral Augit ialah mineral yang umum (tidak langka) alasannya dapat didapatkan di banyak batuan di seluruh dunia.

Selain di batuan beku mafik-intermediet, augit juga mampu ditemui di batuan beku ultramafik dan di beberapa batuan metamorf yang terbentuk pada suhu yang tinggi. Mineral ini keterdapatannya sering terkait dengan mineral lain mirip mineral olivin, plagioklas, ortoklas, dan hornblende.

Augit bergotong-royong merupakan anggota (member) dari group mineral piroksen, khususnya berada di kalangan klino-piroksen. Terkadang beberapa orang menggunakan nama "Augit" dan "Piroksen" secara bergantian untuk menyebut suatu mineral yang serupa, akan namun hal ini bahwasanya salah alasannya augit berlawanan dengan piroksen.


Kata "piroksen" hanya diberikan ke mineral-mineral dalam group tersebut yang bentuk dan sifat-sifatnya seperti, sehingga tidak bisa dibedakan secara eksklusif di lapangan (cuma mampu lewat evaluasi laboratorium).

Mineral-mineral anggota dari group piroksen banyak yang sifat-sifatnya sangat berlawanan, sehingga dapat dengan gampang diidentifikasi secara visual. Sebagai pola augit, hypersene, spodumene, jadeit, diopsid, dimana kesemuanya itu merupakan mineral group piroksen yang bentuk dan sifat fisiknya sungguh terlihat berbeda satu sama yang lain.

Di bawah ini ialah tabel deskripsi mineral augit secara lengkap mulai dari sifat fisik, sifat optik, kimia, pemanfaatan, dan lain sebagainya.

Deskripsi Mineral Augit
Nama Mineral Augit (Augite)
Sinonim Hedenbergite-Ågirin, Violatite, Volcanic Shorl
Rumus kimia Silikat kompleks: (Ca, Na) (Mg, Fe, Al) (Si, Al)2O6
Jenis mineral Inosilikat rantai tunggal
Warna Hijau renta, hitam, coklat
Kekerasan 5,5 - 6 Skala Mohs
Cerat Abu-bubuk kehijauan sampai coklat bau tanah
Kilap Vitreous
Transparansi Translucent sampai opak
Tenacity Brittle
Belahan Bagus
Pecahan Ireguler, sub-konkoidal
Berat jenis 3,19 - 3,56 g/cm3 (terukur), 3,31 g/cm3 (kalkulasi)
Sistem kristal Monoklin
Asosiasi mineral Epidot, ilmenit, fluropatit, scapolit, prehnit, kalsit, leusit, apatit, titanit
Manfaat Tidak signifikan bernilai hemat

Perlu dicermati bahwa mineral augit tidak memiliki sifat fisik, optik, atau kimia yang membuatnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai industri komersial. Makara bantu-membantu augit ialah salah satu dari sedikit mineral yang tidak berguna yang bernilai komersial tinggi.

Saat ini, kandungan kalsium yang ada di dalam augit telah digunakan (meskipun masih terbatas) di bidang observasi dalam mengidentifikasi suhu batuan beku, untuk mengetahui sejarah pembentukan batuan.

Bukan hanya di bumi, augit juga mampu ditemukan di luar Bumi, terutama di Bulan. Augit merupakan mineral biasa penyusun batuan basalt yang ada di Bulan. Selain itu, mineral augit juga teridentifikasi berada di dalam batu meteorit. Beberapa kerikil meteorit yang mengandung augit diyakini berasal dari Planet Mars.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon