Senin, 10 Februari 2020

Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (Kkctbn) Tahun 2021

Petunjuk Teknis atau Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional  JUKNIS KONTES KAPAL CEPAT TAK BERAWAK NASIONAL (KKCTBN) TAHUN 2021


Petunjuk Teknis atau Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021. Pandemi COVID 19 masih sedang berlangsung, vaksin sedang dalam tahap pengembangan dan penyuntikan. Hal tersebut mempunyai efek pada pergeseran kehidupan geopolitik, sosial, ekonomi, dan kian memanasnya konflik antar negara berebut kawasan laut untuk mengeksploitasi sumber daya alam dan menguasai jalur transportasi bahari. Laut Cina Selatan menjadi salah satu sumber konflik antar negara ASEAN, dan negara besar lain di luar ASEAN.


Indonesia memiliki kepentingan menjaga daerah lautnya yang luas biar tidak diinvasi negara lain dan juga ikut menjaga perdamaian dunia. Selaku generasi muda bangsa, mahasiswa dapat ikut berperan dalam pedoman tentang kemandirian hankam laut Indonesia. Pusat Prestasi Nasional memfasilitasi pedoman mahasiswa tersebut dengan menyelenggarakan lomba KKCTBN 2021 yang bernuansa “INOVASI KEMARITIMAN MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL”.

 

KKCTBN 2021 diselenggarakan untuk mahasiswa dan disokong oleh akademisi, praktisi dan institusi untuk menawarkan sumbangsih aliran. Perlombaan KKCTBN Tahun 2021 secara biasa terbagi atas tiga kategori lomba: 1) Lomba Desain Kapal Militer, 2) Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Militer ASSV, ERC, FERC dan 3) Poster untuk memberikan inovasi yang dibentuk. Inovasi yang ingin dihadirkan pada lomba kali ini antara lain: pembuatan desain kapal surface submarine, surface vehicle, persenjataan torpedo, misil dan teknologi kendali autonom.

 

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Pusat Prestasi Nasional memanggil partisipasi mahasiswa dan menginginkan pinjaman sekolah tinggi tinggi untuk mensukseskan aktivitas perlombaan tersebut. Harapan kami KKCTBN 2021 mampu memperlihatkan faedah kepada mahasiswa, penduduk dan bangsa dalam sumbangsih pedoman pembuatan inovasi teknologi kemaritiman untuk mendukung kemandirian pertahanan dan keamanan

 

Petunjuk Teknis atau Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021. Pelaksanaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) ialah salah satu agenda penting bidang kemahasiswaan yang diselengarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dalam hal pengembangan inovasi teknologi kemaritiman digital guna ikut andil dalam ilham untuk mendukung kemandiran hankam yang sekarang ini sedang menjadi gosip utama di Indonesia. Kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa dan dosen dari bidang-bidang ilmu terkait guna menawarkan sumbangsih ajaran di bidang kemandirian hankam dilihat dari perspektif teknologi kemaritiman dan perkapalan. Pada tahun 2021 ini terdapat 3 kategori yang hendak dilombakan ialah 1) Lomba Desain Penumpang Kapal Militer 2) Lomba Kontes Model Kapal Militer ASSV, ERC, FERC dan 3) Poster, sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021, Tujuan penyelenggaraan KKCTBN 2021 adalah: 1) Ikut andil dalam sumbangsih pemikiran pengerjaan penemuan desain, pembuatan prototipe dan lomba performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan dengan dilengkapi dengan teknologi digital, 2) Menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk inovatif, kreatif dan produktif dalam hal menciptakan penemuan teknologi penemuan desain, pembuatan prototipe dan lomba penampilan prototipe kapal selam dan kapal permukaan, 3) Menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk menjaga kedaulatan NKRI, 4) Melatih mahasiswa untuk melakukan kerjasama team, pembagian tugas dan komunikasi yang hendak memberi bekal softskill untuk pertumbuhan internal mahasiwa dan bekal kepemimpinan bangsa dan negara di masa yang hendak tiba.

 



Link download Petunjuk Teknis atau Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021 (disini)

 

Demikian berita perihal Petunjuk Teknis atau Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya.






Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon