Kamis, 06 Februari 2020

Sifat-Sifat Air Dan Misalnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 Air merupakan senyawa terbesar yang melingkupi permukaan bumi Sifat-Sifat Air dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Sifat-Sifat Air - Air ialah senyawa paling besar yang melingkupi permukaan bumi. Lebih dari 70% daerah bumi terdiri dari perairan, baik perairan darat maupun laut. Bagi makhluk hidup, air memiliki tugas yang sungguh penting, sehingga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Tanaman memerlukan air untuk proses fotosintesis, insan dan hewan membutuhkan air untuk minum. Pada pembelajaran kita kali ini akan dijelaskan secara lengkap ihwal sifat-sifat air. Tetapi sebelumnya sebaiknya Anda paham dulu tentang definisi air dan jenis-jenis air yang ada di Bumi.

Daftar isi

Definisi Air

Secara biasa , air mampu didefinisikan sebagai bagian yang mempunyai tugas sangat penting bagi makhluk hidup di bumi. Sedangkan secara ilmiah, definisi air ialah selaku senyawa kimia yang tersusun atas dua komponen, adalah Hidrogen (H2) dan Oksigen (O2) dan menciptakan senyawa Hidrogen atau air (H2O).

Air secara ilmiah juga bisa didefinisikan sebagai zat pelarut yang bersifat melarutkan sehingga memiliki tugas sungguh penting bagi proses metabolisme. Air yaitu senyawa yang memiliki manfaat dan peran yang sungguh penting bagi makhluk hidup di bumi.

Jenis Air di Bumi

Air yang terdapat di tampang bumi terdiri atas beberapa macam yang keterdapatannya sungguh dipengaruhi oleh proses daur air. Berikut ini yaitu 4 jenis air di Bumi, adalah:

1. Air Atmosfer
Air atmosfer ini lebih lazim diketahui dengan air hujan. Air atmosfer ini intinya mengandung kotoran karena telah tercemar oleh polusi, debu dan lainnya. Meskipun demikian air hujan yang masih murni termasuk sungguh bersih. Karena itu, jika ingin mempergunakan air hujan, semestinya jangan menampung air hujan yang baru turun karena masih mengandung kotoran.

2. Air Laut
Sumber air selanjutnya yaitu air maritim yang memiliki sifat berasa asin alasannya di dalamnya mempunyai kandungan NaCl. Karena banyak mengandung garam (NaCl) air laut tidak memenuhi syarat selaku air konsumsi.

3. Air Permukaan
Air permukaan ini merupakan sumber air yang termasuk paling higienis, namun di segi lain juga paling sering dan paling gampang terkontaminasi. Sumber air permukaan ini di bagi menjadi dua jenis yaitu, air sungai dan air rawa.

Air sungai tergolong sumber air yang paling kerap terkontaminasi oleh limbah industri maupun limbah yang lain. Oleh karena itu, jika ingin memanfaatkan air sungai mesti lewat proses pengolahan terlebih dulu. Sedangkan air rawa yakni sumber air dengan warna kuning kecoklatan alasannya adalah banyaknya kandungan organisme yang membusuk yang terlarut di dalam air.

4. Air Tanah
Sumber air berikutnya adalah air tanah. Air tanah adalah air hujan yang telah meraih permukaan bumi kemudian diserap oleh tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini juga terbentuk mengikuti siklus hidrologi yang merupakan siklus atau proses alami terbentuknya air.

Sifat-Sifat Air

Air termasuk dalam klasifikasi barang bebas, ialah untuk mendapatkannya bisa dengan bebas karena tersedia dalam jumlah banyak di alam dan bisa didapatkan secara gratis. Meskipun demikian, di waktu tertentu mungkin ada kalanya air sukar ditemukan sehingga untuk mendapatkan air mesti mengeluarkan uang.

Air tergolong dalam kategori benda cair, dimana benda cair ini sudah niscaya mempunyai Karakteristik sifat yang berbeda dengan benda padat maupun gas. Nah, berikut ini adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh air.

1. Mudah Berubah Wujud
Sifat pertama yang dimiliki oleh air yaitu dapat berganti wujud. Sifat ini juga banyak dimanfaatkan oleh insan. Maksudnya berganti wujud yakni, saat air dipanaskan pada suhu tertentu, maka air akan berubah wujud menjadi uap.

Sebaliknya, dikala air didinginkan pada suhu tertentu pula, maka air akan berubah wujud menjadi es. Es ini sendiri merupakan bentuk padat. Sifat ini juga banyak dimanfaatkan oleh insan untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Mengalir dari Tempat yang Tinggi ke Tempat Lebih Rendah
Sifat air yang selanjutnya yakni mengalir dari kawasan yang lebih tinggi menuju ke daerah lebih rendah. Hal ini bisa dilihat dari bukti fenomena alam yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti misalnya pemikiran sungai yang mengalir dari hulu yang terletak di kawasan pegunungan menuju ke hilir yang berada di kawasan lautan. Contoh lain bisa dilihat dari gerojokan yang mengalir dari atas ke bawah.

3. Dapat Meresap Melalui Celah Kecil
Air ialah partikel berupa liquid yang bersifat fleksibel. Salah satunya yaitu mampu meresap bahkan melalui celah berukuran kecil sekalipun. Molekul air yang berukuran kecil dapat meresap lewat celah-celah kecil. Hal ini mampu dibuktikan saat air disiramkan ke area tertentu di tanah, maka area lainnya akan ikut basah.

4. Memiliki Permukaan yang Datar
Sifat air yang selanjutnya yakni permukaannya relatif damai dan datar. Sifat ini bisa dibuktikan ketika mengamati danau, kolam atau air yang berada di dalam gelas. Di kawasan dimana tidak ada pemikiran air, permukaan air akan cenderung datar dan hening.

Begitupun dengan kemiringannya. Misalnya ketika air di dalam gelas dimiringkan, maka permukaannya akan tetap datar dan tenang. Namun, sifat ini tidak berlaku di daerah-kawasan hampa udara atau kawasan tanpa gravitasi.

5. Menempati Ruang
Sifat dan juga ciri khas air berikutnya yakni bahwa air bersifat menempati ruang. Bisa juga dikatakan jikalau air berbentuk mirip tempatnya. Sifat ini cuma dimiliki oleh air dan tidak dimiliki oleh jenis zat lain seperti zat padat.

Sebagai acuan, dikala diposisikan di dalam gelas, maka air akan berbentuk seperti gelas begitu juga yang yang lain. Air menempati ruang juga bisa bermakna, dimanapun air diletakkan, maka tidak ada lubang yang tidak bisa dimasuki air walaupun ukurannya sekecil apapun.

6. Dapat Menekan ke Segala Arah
Selanjutnya, air juga mempunyai sifat menekan ke segala arah atau ke berbagai penjuru. Sifat ini bisa dibuktikan ketika Anda menuang air ke sebuah wadah dengan permukaan yang datar, maka air akan menyebar ke aneka macam arah dan memenuhi ruang tersebut.

Pembuktian lainnya yakni ketika air dimasukkan ke dalam wadah yang sudah dilubangi di berbagai sisi, dengan arah yang berlawanan-beda pula, maka air akan keluar dari semua lubang yang dibentuk tanpa melihat posisi lubang.

7. Melarutkan Zat
Sifat terakhir dari air yang juga menjadi manfaat ialah bersifat melarutkan zat. Bagi insan, sifat air yang dapat melarutkan zat ini bermanfaat untuk melarutkan zat-zat yang tidak dibutuhkan di dalam tubuh sehingga menolong proses metabolisme.

Contoh Sifat Air dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh sederhana dari sifat air ini yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari ialah air dapat melarutkan gula ketika dicampur sehingga membuat air kemudian menjadi anggun. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tabel ringkasan sifat air beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Sifat-Sifat AirContoh dalam Kehidupan Sehari-Hari
Bisa Berubah wujud Air menjadi uap ketika dipanaskan dan menjadi es saat didinginkan.
Mengalir menuju kawasan yang lebih rendah Air terjun mengalir dari daerah yang tinggi.
Meresap melalui celah kecil Air tumpah diteteskan di ujung tisu membuat bab lain ikut berair.
Permukaannya datar Air di kolam atau di dalam gelas permukaannya datar dan damai.
Menempati ruang Air dituangkan di dalam ember, menyebar dan menempati ember.
Menekan ke segala arah Air yang diletakkan di dalam botol yang telah dilubangi, akan keluar dari banyak sekali arah dimana lubang berada.
Melarutkan zat Air melarutkan gula ketika dicampur sehingga bermetamorfosis anggun.

Demikian tadi yaitu penjelasan lengkap wacana sifat-sifat air dan contohnya yang mampu kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai senyawa paling besar dari bumi, air mempunyai peran sungguh penting bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon