Kamis, 30 Juli 2020

Cara Gampang Menghindari Terbentuknya Kerikil Ginjal

CARA MUDAH MENGHINDARI TERBENTUKNYA BATU GINJAL

Bagaimana Cara Praktis Menghindari Terbentuknya Batu Ginjal? Batu ginjal ialah pecahan mineral padat yang terbentuk dari sisa kuliner yang dipisahkan ginjal dari urine. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, tetapi kerikil ginjal lazimnya timbul pada pria dibandingkan perempuan.

Kondisi ini menjadikan rasa sakit hebat. Pada beberapa kasus, watu ginjal yang telah ditangani mampu muncul kembali sehingga diharapkan tindakan pencegahan untuk menghindarinya. Direktur endourology di University of Maryland, Dr Julio Davalos menerangkan, agar kerikil ginjal tak terbentuk ada cara sederhana yang bisa dikerjakan.

Berikut Cara Praktis Menghindari Terbentuknya Batu Ginjal seperti dilansir dari Fox News.

1. Kurangi konsumsi garam
Kurangi konsumsi masakan tinggi garam. Pasalnya, garam bisa memperbesar jumlah kalsium dalam urine dan jika dibiarkan, kalsium akan mengendap dan menjadi batu ginjal keras. Namun, jika seseorang pernah terkena watu ginjal, sebaiknya menjaga asupan garam di bawah 1.500 miligram sehari. Hal ini mampu dilaksanakan dengan cara meminimalisir konsumsi kuliner prosesan dan garam di kuliner rumah.

2. Perhatikan kalsium
Dr Davalos menyampaikan bukan memiliki arti seseorang mesti menghentikan masukan kalsiumnya. Mitos mengenai watu ginjal yakni mereka yang pernah mengalami watu mesti hindari masakan seperti susu, keju, dan es krim. "Menghentikan produk susu dari diet Anda justru mengarah ke batu yang lebih banyak dan peluangnegatif kesehatan lainnya," papar Dr Davalos.

Demi kesehatan, usia cukup umur diusulkan untuk mengonsumsi 1.000 sampai 1.300 miligram kalsium per hari. Namun bagi pasien batu ginjal, dokter akan merendahkan asupan tersebut menjadi 800 miligram per hari.

3. Batasi protein
Banyak mengonsumsi kuliner tinggi protein seperti daging sapi, ayam, dan telur mampu meningkatkan asam urat dalam urine. Asam urat yang tinggi pada urine dikenali menimbulkan batu terbentuk. Selain itu, makanan tinggi protein juga mengurangi kandungan sitrat tubuh yang berfungsi menangkal batu ginjal terbentuk.

Karena itu, untuk menyingkir dari kerikil ginjal, seharusnya batasi konsumsi daging menjadi 85 gram per porsi atau sebesar dek kartu remi. Pola makan seperti ini diklaim Dr Davalos tak cuma menawarkan faedah batu ginjal tetapi juga jantung.


Demikian isu Cara Praktis Menghindari Terbentuknya Batu Ginjal, supaya berguna




= Baca Juga =




Sumber https://carahiba.blogspot.com


EmoticonEmoticon