Senin, 07 September 2020

Bahaya Yang Harus Diwaspadai Ketika Mendaki Gunung Berapi

Mendaki gunung berapi yakni salah satu acara di alam terbuka yang memang penuh sensasi. Kegiatan pendakian ini memang menjadi lebih populer di kelompok muda sesudah adanya film layar lebar 5 cm.

Namun ternyata film tersebut tampaknya menunjukkan dampak yang kurang baik bagi para pendaki pemula. Karena dalam film tersebut banyak ditayangkan scene-scene yang bahu-membahu memang tidak semestinya dilakukan oleh pendaki dan banyak yang mengabaikan aspek keselamatan dan keselamaan pendakian.

 adalah salah satu kegiatan di alam terbuka yang memang penuh sensasi Bahaya yang Harus Diwaspadai ketika Mendaki Gunung Berapi
Ilustrasi mendaki gunung.
Pada dasarnya tujuan utama mendaki bukanlah puncak, tetapi pulang dengan kondisi selamat. Dan selalu perhatikan keadaan alam. Jangan menantang alam. Gunung berapi mampu dijadikan teman tetapi dalam keadaan tertentu mampu mematikan. Intinya yakni hati-hati, berhati-hati, jangan teledor (takabur) dan jangan menantang gunung.

Kejadian terpeseletnya Erri Yunanto dari Puncak Garuda Gunung Merapi ialah pelajaran pahit buat kita semua para penikmat gunung. Bahwa memang di gunung berapi itu berderet sejumlah ancaman yang mungkin menghadang.

Sederetan peringatan dan bahaya yang mungkin menghadang para pendaki gunung berikut ini dapat dijadikan panduan ketika akan mendaki gunung berapi :
  • Petuhi larangan dan himbauan dari pegawapemerintah terkait dalam hal saran larangan meraih lokasi tertentu di gunung berapi. Hal ini biasanya terkait keamanan pendaki.
  • Beberapa puncak gunung cuma cocok untuk pendaki ahli dan lebih diutamakan untuk riset atau observasi.
  • Beberapa gunung berapi terdapat kawah berbahaya yang mengeluarkan gas beracun. Hal ini sangat berbahaya tergolong magma dan gas beracun sulfatara.
  • Beberapa gunung berapi mempunyai areal puncak yang hampir vertikal yang berisikan kerikil-batuan yang sungguh rapuh, sehingga rawan ada longsoran pasir dan batuan yang mengancam keamanan pendaki.
  • Waspadi terjadinya letusan minor yang acap kali terjadi. Letusan minor ini sukar terdeteksi tanda-tanda mulanya. 
  • Waspadi track mendaki dan turun, tidak jarang pendaki malah mengalami kecelakaan saat menuruni puncak gunung. Banyak jurang-jurang mengancam dikala turun dan karena keadaan capek fisik sungguh memungkinkan salah orientasi dan masuk ke dalam jurang.
Itu beberapa ancaman yang mungkin menghadang ketika mendaki gunung berapi yang dihimpun dari berbagai sumber dan observasi di lokasi pendakian. Bahaya lainnya ditunggu sharing dari mitra-kawan pendaki di kolom komentar ya ...

Salam Lestari ....

Sumber https://ghost-ships.blogspot.com


EmoticonEmoticon