Kementerian Sosial Republik Indonesia membuka kesepatan terhadap Warga Negara Indonesia Pria dan wanita yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Koordinator Regional, Koordinator Wilayah, Koordinator Kabupaten/Kota, Pekerja Sosial Supervisor, Pendamping Sosial, Asisten Pendamping Sosial, dan Administrator Database PKH.
Posisi yang akan diisi melalui seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017, ialah sebagai berikut:
1. Pekerja Sosial Supervisor Kuota sebanyak 877 orang
2. Pendamping Sosial Kuota sebanyak 12.214 orang
3. Pendamping Sosial PKH Akses Kuota sebanyak 2.013 orang
4. Asisten Pendamping Sosial Kuota sebanyak 172 orang
5. Administrator Database Provinsi/Kabupaten/Kota Kuota sebanyak 607 orang
6. Koordinator Regional Kuota sebanyak 7 orang
7. Koordinator Wilayah Kuota sebanyak 9 orang
8. Koordinator Kabupaten/Kota Kuota sebanyak 193 orang
Persyaratan Umum seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen Calon Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Tahun 2017
1. Tidak berkedudukan selaku CPNS/PNS/Tentara Nasional Indonesia/POLRI;
2. Siap dan bersedia melakukan pekerjaan purna waktu ( full time );
3. Tidak berkedudukan sebagai pengelola, anggota, dan atau berhubungan Partai Politik (mengisi formulir pernyataan yang sudah ditawarkan);
4. Tidak pernah dan atau sedang te rsangkut perkara aturan baik pidana maupun perdata, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
5. Memiliki pendidikan sesuai prasyarat jabatan yang dibuktikan dengan ijasah terlegalisir;
6. Usia miminal 19 (Sembilan belas) tahun maksimal 45 (empat puluh lima) tahun pada bulan Oktober 2017;
7. Bebas dari narkoba dan zat adiktif yang lain;
8. Sehat jasmani dan rohani;
9. Tidak terikat persetujuan kerja dengan pihak lain;
10. Bersedia menandatangani Pakta Integritas jika terpilih;
11. Mengikuti seluruh tahapan seleksi.
Persyaratan Khusus seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen Calon Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Tahun 2017
1. Pekerja Sosial Supervisor Kuota sebanyak 877 orang
a. Minimal D.IV/S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial/Pekerja Sosial
b. Diutamakan pengalaman menjadi pendamping sosial PKH dengan latar belakang pendidikan D.IV/S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial / Pekerja Sosial
c. Mempunyai pengalaman praktek pekerjaan sosial
d. Menguasai MS Office e. Usia maksimum 45 tahun
e. Berkedudukan di Kab/Kota lokal
2. Pendamping Sosial Kuota sebanyak 12.214 orang
a. Pendidikan D.III/ D.IV/Sarjana Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial/Sarjana di bidang ilmu-ilmu sosial terapan, diutamakan mengikuti pelatihan dan/atau pengalaman praktek di bidang pendampingan sosial/fasilitator pemberdayaan penduduk , rehabilitasi sosial, dukungan sosial, jaminan sosial, dan program penanggulangan kemiskinan lainnya;
b. Diutamakan berdomisili di daerah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili dikala ini);
c. Menguasai MS Office.
d. Usia maksimum 35 tahun
e. Berkedudukan di Kecamatan setempat
3. Pendamping Sosial PKH Akses Kuota sebanyak 2.013 orang
a. Pendidikan sekurang-kurangnyatingkat Sekolah Menengan Atas, diutamakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Pekerjaan Sosial (SMKPS), diutamakan yang pernah mengikuti pelatihan dan/atau pengalaman praktek pekerjaan sosial di banyak sekali bidang pelayanan kemakmuran sosial dan tenaga kemakmuran sosial kecamatan (TKSK) minimal 1 (satu) tahun ;
b. Diutamakan bertempat tinggal di daerah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili ketika ini);
c. Mampu berkomunikasi dengan penduduk kampung secara baik dan memahami karakteritik masyarakat serta adat istiadat lokal;
d. Bersedia diposisikan di distrik-distrik yang jauh dari ibukota kabupaten.
e. Usia maksimum 45 tahun
4. Asisten Pendamping Sosial Kuota sebanyak 172 orang
a. Pengalaman Kerja selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) minimal 1 (satu) tahun dan mempunyai pendidikan minimal Sekolah Menengan Atas/Sederajat;
b. Diutamakan bertempat tinggal di daerah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini);
c. Mampu berkomunikasi dengan penduduk kampung secara baik dan mengetahui karakteritik masyarakat serta adab istiadat lokal;
d. Usia maksimum 45 tahun
5. Administrator Database Provinsi/Kabupaten/Kota Kuota sebanyak 607 orang
a. Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Ilmu Komputer/ Informatika/Statistika dan rumpun ilmu Sains dan Teknologi diutamakan yang pernah mengikuti training dan/atau pengalaman praktek di bidang komputer/ pembuatan data dan internet;
b. Diutamakan berdomisili di wilayah kecamatan di kabupaten/kota lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili dikala ini);
c. Usia maksimum 35 tahun.
6. Koordinator Regional Kuota sebanyak 7 orang
a. Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Wilayah PKH minimal 2 tahun;
b. Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Kab/Kota PKH sekurang-kurangnya4 tahun;
c. Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator PKH Provinsi/ Kab/Kota sekurang-kurangnya5 tahun;
d. Memiliki hasil cevaluasi kinerja baik dan menerima saran dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi;
e. Membuat surat pernyataan:
e. Membuat surat pernyataan:
1) Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Regional yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga;
2) Bersedia diposisikan di seluruh regional;
3) Bersedia melakukan pekerjaan sarat waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain
f. Berdomisili di lokasi yang membutuhkan Koordinator Regional
7. Koordinator Wilayah Kuota sebanyak 9 orang
a. Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator kabupaten/Kota minimal selama 2 tahun.
b. Memiliki pengalaman kerja selaku Pendamping Sosial minimal selama 5 tahun.
c. Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator PKH sekurang-kurangnyaselama 5 tahun. d. Membuat surat pernyataan:
1) Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Wilayah yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga
2) Bersedia diposisikan di seluruh kawasan yang dibutuhkan;
3) Bersedia melakukan pekerjaan penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain;
e. Memiliki hasil penilaian kinerja baik dan menerima anjuran dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi dan Koordinator Wilayahi;
f. Berdomisili di kawasan kerja Koordinator Wilayah yang diharapkan
8. Koordinator Kabupaten/Kota Kuota sebanyak 193 orang
a. Memiliki pengalaman kerja sebagai Pendamping Sosial minimal selama 5 tahun.
b. Memiliki pengalaman kerja selaku Operator sekurang-kurangnyaselama 5 tahun.
c. Berkinerja baik menurut evaluasi kinerja Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan belum pernah menerima Surat Peringatan (SP) dalam 4 (empat) bulan terakhir.
d. Membuat surat pernyataan:
1) Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Kabupaten / kota yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga
2) Bersedia melakukan pekerjaan sarat waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain
e. Mendapatkan usulan dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota.
f. Berdomisili di kabupaten/Kota yang diharapkan.
Tata Cara Pendaftaran seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen Calon Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Tahun 2017
1. Pendaftaran online dibuka pada tanggal 9 Oktober 2017 pukul 00.00 WIB dan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2017 pukul 23.59 WIB.
2. Pendaftaran dapat dijalankan melalui aplikasi berbasis android dengan nama Seleksi SDM PKH 2017 yang mampu diunduh di google play store .
3. Pelamar melaksanakan login pada ap likasi “Seleksi SDM PKH 2017” dengan memakai NIK.
4. Pelamar mengisi form pendaftaran secara lengkap yang terdiri dari:
a. Data domisili
b. Data pendidikan terakhir
c. Data pengalaman kerja
d. Data akta (kalau ada)
e. Data penghargaan (jikalau ada)
5. Pelamar mengunggah:
a. Foto KTP orisinil dan atau surat keterangan domisili.
b. Foto ijazah asli terakhir.
Tahapan seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen Calon Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Tahun 2017
1. Seleksi Administrasi
Seleksi administrasi ialah seleksi yang dijalankan menurut hasil verifikasi dokumen pelamar yang sudah diunggah.
2. Seleksi Kompetensi Bidang
a. Seleksi Kompetensi Bi dang bagi Pekerja Sosial Supervisor, Pendamping Sosial, dan Asisten Pendamping Sosial memakai metode tes tertulis.
b. Seleksi Kompetensi Bidang bagi Administrator Database menggunakan metode tes tertulis dan praktek komputer yang akan dijalankan di lokasi sesuai keperluan PKH Tahun 2017 dengan waktu dan daerah pelaksanaannya akan diinformasikan lalu. Seluruh peserta seleksi wajib menenteng papan jalan dan pinsil 2B, khusus bagi Administrator Database & Administrator SPM diwajibkan juga membawa laptop dikala pelaksanaan seleksi.
Ketentuan Kelulusan seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen Calon Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Tahun 2017
a. Seleksi Administrasi Ketentuan seleksi administrasi dilaksanakan menurut hasil verifikasi dokumen.
b. Seleksi Kompetensi Bidang Pelamar dinyatakan lulus kompetensi bidang bila menyanggupi syarat minimal kelulusan kompetensi bidang.
Pengumuman Kelulusan
1. Pengumuman hasil seleksi manajemen SDM Pelaksana PKH Tahun 2017 akan diinformasikan melalui surel dan notifikasi kepada masing-masing pelamar yang dinyatakan lulus.
2. Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi akan diundang mengikuti tahap berikutnya untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang dengan menawarkan bukti kelulusan berupa email dan notifikasi dan membawa seluruh berkas yang diunggah.
3. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi bidang akan diinformasikan lewat surel dan notifikasi.
Jadwal Kegiatan seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen Calon Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Tahun 2017
1. Pengumuman Lowongan Kerja 7 s.d 18 Oktober 2017
2. Pendaftaran Online 9 s.d 18 Oktober 2017
3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 30 Oktober 2017
4. Seleksi Kompetensi Bidang 12 s.d 15 November 2017
5. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Bidang 1 Desember 2017
Catatan:
Jadwal di saat-waktu mampu berubah dan akan diumumkan langsung disampaikan melalui surel dan notifikasi kepada yang bersangkutan atau melalui Dinas/Instansi Sosial lokal.
Ketentuan Lain
1. Bagi pelamar yang tidak memenuhi kriteria semoga tidak mengajukan lamaran;
2. Berkas lamaran yang telah masuk menjadi milik Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017;
3. Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017 cuma memproses berkas pelamar yang sudah lengkap;
4. Seluruh proses seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017 tidak dipungut ongkos apapun;
5. Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017 tidak bertanggung jawab atas pungutan atau usulan serupa oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Sosial RI atau Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017;
6. Apabila di kemudian hari dikenali pelamar member ikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH berhak membatalkan hasil seleksi;
7. Kelalaian balasan tidak mengikuti kemajuan gosip menjadi tanggung jawab pelamar;
8. Seluruh keputusan Panitia Seleksi SD M Pelaksana PKH T ahun 2017 yaitu mutlak dan tidak mampu diusik gugat.
Adapun Cara Daftar Seleksi SDM PKH 2017 Melalui Aplikasi Berbasis Android Atau Google Play Store, silahkan Anda download apalagi dahulu Aplikasi SELEKSI SDM PKH 2017 melalui Google Play Store, kemudian Anda ikuti petunjukkan yang ditampilkan.
Demikian Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen Calon Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Tahun 2017, Semoga bermanfaat.
EmoticonEmoticon