Kamis, 03 September 2020

Keunggulan Sig Beserta Keuntungannya

Sifat khusus dari sebuah sistem informasi geografis  Keunggulan SIG beserta Manfaatnya
Sifat khusus dari suatu metode informasi geografis (SIG) adalah mampu mengelola data berita spasial atau data yang mempunyai referensi keruangan. Keunggulan SIG yaitu memproses data keruangan secara cepat, fleksibel dan akurat.

Salah satu pengertian metode info geografis juga mampu diartikan selaku metode komputer yang mampu membangun, menyimpan, mengendalikan, dan memperlihatkan gosip dengan tumpuan geografis tertentu. Contohnya sebuah data yang diketahui melalui lokasinya di permukaan bumi dapat disimpan dalam database komputer.


Kelebihan sistem berita geografis memakai komputer yakni lebih kepada kecepatan pemprosesan, akurasi analisa data, serta bisa memvisualisasikan data sesuai impian penggunanya. Kelebihan SIG yang demikian membuatnya banyak dimanfaatkan oleh para praktisi kebumian di dunia.

Akan namun, SIG bukanlah sesuatu yang tanpa kekurangan, sebab ada beberapa sisi kekurangan SIG yang juga mampu kita peroleh. Pembelajaran kita kali ini selain konsentrasi membicarakan tentang kelebihan SIG, kita juga akan mengenal apa saja kelemahan SIG, silahkan disimak ya.

Keunggulan Sistem Informasi Geografis

Perlu dikenali oleh sobat , kelebihan metode isu geografis ini sangatlah banyak, sehingga menjadikan banyak orang memanfaatkannya dalam bidang yang luas pula. Pemanfaatan SIG tidak cuma dalam bidang geografi keruangan saja, militer pun juga sering menggunakan fungsi dari suatu sistem informasi ini. Lalu apa saja keunggulannya? dibawah ini yaitu beberapa keunggulan SIG adalah:
  1. Pemrosesan data yang memakan waktu lebih minim
  2. Lebih fleksibel dalam visualisasi data
  3. Pertukaran antar data spasial yang lebih mudah
  4. Sistem penunjang yang relatif lebih hemat biaya harganya
  5. Pengolahan data yang lebih akurat dan praktis
  6. Fleksibilitas format data


Pemrosesan Data Memakan Lebih Sedikit Waktu

Keunggulan yang paling tampakdari tata cara ini adalah waktu yang diperlukan untuk memproses data spasial dapat lebih singkat. Hal ini dikarenakan pemrosesan data memakai derma komputer. Proses dengan komputer memakan waktu yang jauh lebih cepat dengan proses data manual. Keunggulan SIG tersebut menciptakan hasil yang diharapkan juga menjadi lebih singkat didapat.

Lebih Fleksibel dalam Visualisasi Data

Pada lazimnya data spasial yang dikenal dicetak dalam bentuk peta berskala. Peta tersebut lazimnya cuma tersedia dalam bentuk fisik dan tidak mampu diubah-ubah. Dengan memakai SIG maka visualisasi data mampu beragam dan fleksibel. Keunggulan SIG ini dimanfaatkan misalkan untuk menampilkan peta digital pada smartphone. Legenda dari peta tersebut pun akan lebih fleksibel dan bisa diseleksi sesuai kebutuhan, sehingga untuk mendapatkan gosip yang diharapkan tentu akan lebih mudah.

(Lihat juga pemahaman penginderaan jauh)

Pertukaran Data Spasial yang Lebih Mudah

Sebelum abad sistem informasi digital, pembuatan data spasial jauh lebih kaku dan memerlukan banyak langkah. Akan tetapi dengan adanya SIG ini proses pertukaran data tersebut menjadi lebih gampang, alasannya sifat data digital yang juga gampang untuk ditransfer khususnya via jaringan internet.

Data spasial juga dapat diunduh di banyak sekali website lembaga geografi milik pemerintah, bahkan yang berasal dari luar negeri, mirip USGS milik Amerika Serikat yang menyediakan berbagai data spasial dari satelit. Pemanfaatannya misalkan untuk pemetaan titik api pada daerah beresiko kebakaran di hutan-hutan di Pulau Sumatera. Dengan kelebihan SIG yang satu ini, maka akan didapatkan data secara cepat dan diinformasikan ke banyak sekali pihak juga dengan lebih singkat dan luas.

Relatif Lebih Murah dan Cepat

Betul memang bila alat-alat untuk memproses data spasial digital untuk sistem isu geografis tergolong mahal, tetapi investasi ini apabila daripada tampilan dan fungsionalitas yang didapatkan akan terasa sangat menguntungkan.

Sistem informasi geografis membutuhkan hardware atau lazimdisebut dengan perangkat keras SIG, contohnya mirip digitizer, scanner, unsur olah data berspesifikasi tinggi, sampai alat output data yang tak kalah banyak. Begitu pula dengan perangkat lunak mirip software olah data ataupun Data Base Management System (DBMS).

Tetapi, pada kedepannya dalam pengambilan data akan lebih gampang alasannya adalah memanfaatkan data satelit, data digital, atau data-data lain yang lebih hemat biaya daripada melakukan survey langsung. Keunggulan dari SIG tersebut mampu menekan biaya buatan terutama dalam jangka panjang. Contohnya yaitu untuk memprediksi banjir, ketimbang melakukan survey dan penghitungan pribadi, akan lebih mudah dan murah dengan mempergunakan tata cara gosip geografis.

Pengolahan Data Lebih Akurat dan Praktis

Penggunaan software pengolah data tentunya menciptakan hasil pengolahan data akan makin akurat. Dibandingkan mengolah data memakai sistem manual, perhitungan dengan komputer akan lebih tepat analisisnya. Hal ini dikarenakan perkiraan komputer nyaris tidak memiliki kesalahan.

Kalaupun ada kesalahan, hal itu lazimnya disebabkan oleh operator ataupun insan yang melaksanakan analisis. Kesalahan-kesalahan tersebut biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam penentuan parameter ataupun tata cara analisis yang digunakan, sehingga hasil analisis menjadi kurang tepat.

(Lihat juga manfaat penginderaan jauh)

Kepraktisan juga menjadi kelebihan SIG berikutnya. Mengolah data dengan komputer dikala ini pastinya sudah tersedia banyak opsi aplikasi yang dapat mempersingkat langkah dan waktu dalam mengolah data.

Tidak cuma dalam pembuatan data, dalam menampilkan hasil serta kesimpulan data pun akan lebih simpel, sehingga pengambilan keputusan dapat lebih mudah. Contohnya ialah dalam penyusunan rencana ataupun penilaian sistem transportasi di perkotaan. Mengingat rumitnya rute transportasi, pasti memakai komputer akan membuat lebih mudah pengambilan keputusan menurut metode berita geografis.

Fleksibilitas Format Data

Sistem gosip geografis tentunya melibatkan data digital sebagai bagian tak terpisahkan dalam hal data. Karena sifatnya digital, maka pastinya mendukung aneka macam format untuk berikutnya dijalankan pembuatan data.

Fleksibilitas format data ini menyebabkan pembuatan data menjadi mudah. Banyak software pengolah data SIG telah mendukung fitur export ataupun import sehingga perbedaan format data tidak menjadi masalah lagi.

Hal-hal diatas adalah beberapa pola dari kelebihan SIG. Keunggulan-kelebihan tersebut yang menjadikan tata cara info geografis digunakan dalam aneka macam keperluan. Contohnya yakni prediksi petaka yang real time, penentuan strategi penjualan, hingga pembuatan planning pembangunan.

Kelemahan SIG

SIG bukanlah suatu metode yang tanpa kekurangan, namun perlu dipahami bahwa jikalau dibandingkan hasil yang nantinya dapat diperoleh maka kelemahan tersebut biasanya tidak diperhitungkan oleh beberapa orang. Dibawah ini merupakan beberapa kelemahan SIG yakni:
  1. Teknologi pendukungnya sering beranti-ganti mengikuti pertumbuhan zaman
  2. Penggunaannya memerlukan sumber daya manusia yang setidaknya paham akan komputer
  3. Beberapa data 3D yang masih buruk visualisasinya
  4. Bagi sebagian orang, format data yang dihasilkan sungguh bermacam-macam sehingga susah untuk menyesuaikannya
  5. Sulit untuk memproses data yang diperoleh hanya sebagian-sebagian (bersifat temporal).
  6. Untuk mendapatkan hasil optimal perangkat lunak SIG (software) yang dipakai mesti selalu up to date.

Sebenarnya Masih banyak lagi kekurangan SIG yang bisa kita temukan, akan tetapi hal ini lebih dipengaruhi oleh aspek manusianya sendiri. Sebagai acuan, beberapa orang tidak masalah dengan harga yang dikeluarkan alasannya adalah penggunaan metode ini, namun ada juga yang merasa mahal untuk berbelanja teknologi dari sistem ini.

FAQ: Apa saja kelebihan dan kelemahan SIG?
Keunggulan SIG yaitu mampu memproses data lebih cepat, kelonggaran visualisasi, format dan pertukaran data spasial, relatif lebih hemat biaya dibandingkan hasil yang mau didapatkan, pengolahan datanya lebih akurat dan praktis. Sedangkan kelemahan SIG ialah teknologi penunjang sering berganti-ganti, pengoperasiannya minimal mesti orang yang paham komputer, beberapa data 3D masih buruk visualisasinya, keragaman format data yang kadang membingungkan, input data yang tidak bisa temporal, dan software yang harus senantiasa di update.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon