Jumat, 13 November 2020

Seberapa Cerdaskah Anak Kita ?

Kayaknya udah pertanyaan lumrah, dikala habis kenaikan kelas, suka ada yang nanya, "Anaknya ranking berapa ?" .... Kalau ranking-nya elok lazimnya si ortu akan dengan bangga bilang kalo anaknya masuk 5 besar di kelas/angkatannya, namun kalo yang kebetulan rankingnya lebih jelek dari itu suka bilang kalo anaknya ndeso... Hiks ...

nya bagus  biasanya si ortu akan dengan bangga bilang kalo anaknya masuk  Seberapa Cerdaskah Anak Kita ?
Lulusan terbaik dari sekolah terbaik, berikutnya ? sumber foto : Erica

Nah ini yang menurut aku nyebelin plus menyedihkan, ukuran kecerdasan anak hanya dilihat dari ranking. Apa iya sih pandai ato terbelakang mampu dilihat dari ranking ? Bisa iya bisa tidak sih kalo berdasarkan aku.

Ketika menjelang ujian kenaikan kelas, kadang saya kalo melihat para ortu (yang memaksa anaknya mencar ilmu) suka bkin tertekan deh... Dipaksa belajar sampai jam apel kos-kosan di Bogor habis hahaha .... (jam berkunjung dulu di kos cewek dibatasi sampe jam 9 malam aja, gak tau kini deh). Terus para ortu berlomba-lomba memasukan anaknya ke daerah bimbingan berguru (dari mulai tingkat pra sekolah sampe SMA, jangan-jangan di kuliah-an pun kalo ada disuruh les juga deh hahaha ...).

Jadi sebenernya bawah umur itu nilainya cantik sebab dipaksa belajar atau produk tutorial berguru atau emang pandai bawaan ? ....

Kalo panduan mencar ilmu menurut saya sih alasannya adalah di sana disampaikan metode cepat dan variasi soal yang banyak, artinya hanya belum dewasa dari keluarga mampu aja yang mampu masuk sana... Terus saat masuk ke pendidikan yang lebih tinggi mau gimana ? Saya gak bisa membayangkan saat belum dewasa hasil panduan berguru itu masuk kedokteran, atau teknik sipil atau teknik fisika... Apakah mereka akan bertahan dengan baik kelak ?

Tetep aja meskipun masuk bimbingan belajar ortu di rumah mesti marah-murka kalo anaknya gak belajar hahaha ....

Kalo menurut saya nih ya, jadi ortu itu pede aja dengan kesanggupan anak, gak usah lah ikut-ikut panduan belajar segala. Yang penting anak diberikan prinsip-prinsip dari masing-masing mata pelajaran, sisanya biarkan otak mereka yang mencerna. Ketika prinsip-prinsip dasarnya gak paham, artinya mereka menghapal.

Kalau cuma menghapal, apa yang akan terjadi ? Ketika mereka diberikan urusan di lalu hari yang mewajibkan meng-aplikasikan ilmunya, mereka dijamin gak akan tanpa gangguan deh....

Yang aku rasakan selama ini, dari mulai Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi nih ya, tetep aja bibit yang mesti dipersiapkan, alasannya aku percaya betul prinsip GIGO (garbage in garbage out). Sampe sekarang saya tidak pernah les atau tutorial mencar ilmu, namun kelihatannya semua tes tulis yang pernah aku jalanin tidak pernah tidak lulus (kecuali Ujian Sertifikasi Pengangadaan Barang dan Jasa, 7 kali ujian gak pernah lulus hahaha...). Dan kuliah walaupun jarang berguru dan terseok-seok toh lulus juga hahaha ....

Intinya ialah saya gak suka anak masuk ke bimbingan belajar, sebab :
-bayarnya mahal,
-gurunya belum pasti lebih pandai dari kita,
-mesti antar jemput (hahaha ....)
-gak mengganti kecerdasan anak hahaha (pandai itu dari bibit)
-GIGO (gak mungkin bimbel mengahasilkan anak cemerlang, mereka hanya memoles)
-yakinlah anak kita itu cerdas !....

Sory ya Boss.... hahaha ....



Sumber https://ghost-ships.blogspot.com


EmoticonEmoticon