Kamis, 03 Desember 2020

Gps Gak Harus Mahal

Beberapa waktu kemudian memang kalo ngomongin dilema gps niscaya berfikiran wah mahal tuh. Karena memang waktu itu sekitar 2 atau 3 tahun yang kemudian memang gps masih termasuk barang glamor dan mahal dengan harga di kisaran 5-12 juta tergantung tipe dan jenis serta brand gps.

Beberapa waktu lalu memang kalo ngomongin masalah gps pasti berfikiran wah mahal tuh GPS Gak Harus Mahal
GPS China yang murah meriah namun akurat.

Namun kini, seiring dengan pertumbuhan teknologi dan kompetisi bisnis antar negara, gps makin beragam dan harganya semakin murah. Udah gitu, handphone atau hp atau mobile phone kini sudah banyak yang dilengkapi dengan gps built in.


Saya sementara gak akan dongeng merk dahulu, soalnya gak mampu fee untuk iklan sih hehehe ... Tapi saya cuma akan memperlihatkan alternatif untuk ber-gps dengan harga ekonomis. Jangan berfikir merk terkenal atau gps geodetic yang akurasinya sampe beberapa cm saja, tetapi yang penting gps map yang akurasinya meraih 3 m.

Alternatifnya yaitu gps bikinan cina atau hp. Saya telah menggunakan gps buatan cina selama nyaris 2 tahun dan sejauh ini baik-baik saja, dalam arti gak nyasar dan gak ada kerusakan. Tentunya yang harus diamati ialah software gps yang digunakan dan peta yang senantiasa up to date.

Untuk software, aku menyarankan Garmin atau Navitel aja untuk yang berbayar, namun kini ada sofware gps gratis dalam arti open source yaitu 7Ways. Untuk peta, kalo cuma untuk keliling Indonesia, peta dari www.navigasi.net sudah sangat lengkap dan akurat dan GRATIS, sepanjang aku memakai selama 2 tahun. Update peta dari navnet ini udah support untuk Garmin, Navitel dan 7Ways serta beberapa software yang lain.

Ok, selamat milih-milih gps hehehe ...., jadi pake gps gak harus mahal kan ?
Sumber https://ghost-ships.blogspot.com


EmoticonEmoticon