Selasa, 01 Desember 2020

Inilah Faedah Intan Yang Wajib Diketahui

Manfaat Intan - Intan ialah mineral yang bermutu tinggi, sungguh langka, dan sangat unik diantara mineral-mineral yang lain. Intan ialah mineral yang sangat keras dan ialah konduktor panas paling besar.

Intan memiliki titik leleh tertinggi dan memiliki indeks bias tertinggi dibandingkan mineral-mineral lainnya. Sifatnya yang demikian menciptakan mineral ini sering dimanfaatkan dalam kehidupaan sehari-hari.


Pada postingan sebelumnya, geologinesia telah banyak membahas tentang apa itu intan dan perbedaannya dengan berlian. Oleh alasannya itu, untuk postingan kali ini geologinesia akan lebih konsentrasi membahas perihal kegunaan atau faedah intan. Mari kita mulai!!

Baca juga: Pemanfaatan Nikel yang Paling Utama

Penggunaan yang paling utama dari intan terbagi atas 3 kalangan faedah, yaitu manfaat intan selaku gamestone (permata), faedah intan dalam bidang industri (materi abrasif), dan faedah intan dalam bentuk aplikasi khusus.

Berdasarkan data global, cuma sekitar 20 persen dari buatan intan cocok untuk dipakai selaku permata sedangkan 80 persen yang lain digunakan dalam bidang industri dan aplikasi khusus. Lihat penjelasannya di bawah ini.

Pemanfaatan Intan sebagai Permata

Pemanfaatan yang paling populer dari intan yakni dipakai selaku permata. Intan yang telah dibentuk menjadi suatu permata/tambahan disebut selaku "berlian". Karena kecemerlangan, kekerasan, dan kelangkaannya maka berlian merupakan permata yang paling terkenal dari semua permata yang ada ketika ini.


Saat ini, berlian yang berwarna biru, merah, hijau, pink, dan ungu merupakan berlian paling terkenal digunakan selaku permata yang sungguh langka dengan harga selangit. Meskipun demikian, belakangan ini berlian kuning dan coklat juga mulai memperlihatkan popularitasnya.

 Intan adalah mineral yang berkualitas tinggi Inilah Manfaat Intan yang Wajib Diketahui
Negara penghasil intan bermutu permata (M=Millions of Carats). Sumber: USGS.

Pemanfaatan Intan dalam Industri (Bahan Abrasif)

Karena intan sungguh keras (10 Skala Mohs) maka intan sering dipakai selaku bahan abrasif. partikel-partikel kecil dari intan yang tertanam di mata gergaji, bor dan gerinda dimanfaatkan selaku alat pemotong, pengeboran, atau penggilingan bahan keras.

Intan juga dapat digiling menjadi bubuk dan dibentuk menjadi "diamonds paste" yang dipakai untuk memoles atau grinding sangat halus. Selain itu, tata cara tradisional untuk memotong dan memoles intan menjadi suatu berlian atau permata justru menggunakan intan selaku bahan khususnya.

Permintaan terhadap intan dalam bidang industri sungguh banyak, bahkan melampaui suplai yang diperoleh dari hasil penambangan. Hal inilah yang memunculkan "intan sintetis" atau dengan kata lain intan yang dibuat oleh insan.

Intan sintetis diproduksi untuk memenuhi usul yang banyak khususnya dalam bidang industri. Intan sintetis dapat diproduksi dengan ongkos yang lebih rendah serta mempunyai fungsi yang serupa baiknya dengan intan alami.

Baca juga: Manfaat Bauksit

Pemanfaatan Intan dalam Aplikasi Khusus

Selain dalam bidang industri (materi abrasive), intan juga banyak dipakai dalam bentuk aplikasi khusus mirip dibawah ini:

"Heat Sink": ialah materi yang dapat menyerap atau mengantarkan panas yang berlebihan. Intan mempunyai sifat konduktivitas termal tertinggi dibandingkan mineral lainnya. Sifat inilah yang digunakan untuk meyerap panas dari bagian-bab sensitif mikro-elektronika yang berkinerja tinggi.

"Diamond Window": ialah materi yang yang dibuat dari membran tipis intan dan digunakan untuk menutupi tajil di laser, mesin x-ray, dan ruang vakum. Bahan ini memerlukan sifat intan yang transparan, tahan usang, dan tahan kepada panas dan abrasi.

"Low-friction Microbearings": Bahan ini diperlukan dalam perangkat mekanis kecil, seperti pada beberapa produk jam tangan yang memiliki bantalan intan di bawah jarum jam yang selalu bergerak. Disini intan dipakai alasannya adalah sifat ketahanannya kepada erosi yang ekstrim.

"Diamond Speaker Domes": Bahan ini memiliki kegunaan untuk mengembangkan kinerja speaker bermutu tinggi. Intan ialah mineral yang sungguh kaku, dan dikala dibuat menjadi "Diamond speaker domes" maka materi tersebut bisa bergetar dengan segera tanpa deformasi yang mau menurunkan kualitas bunyi.
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon