Jumat, 31 Januari 2020

Bimbingan Teknis Pelaksanaan Dan Silabus Ksn Smp Tahun 2021/2022

Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SMP Tahun  PANDUAN TEKNIS PELAKSANAAN DAN SILABUS KSN SMP TAHUN 2021/2022


Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SMP Tahun 2021 ini disusun sebagai acuan bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara untuk mempersiapkan dan mengikuti KSN SMP tahun ini dengan sebaik-baiknya. Semoga Panduan Teknis Pelaksanaan ini dapat membuat lebih mudah dan memperlancar pelaksanaan KSN SMP tahun ini sehingga bawah umur Indonesia tetap dapat menunjukkan prestasi di bidang sains dan terus berlatih untuk menjadi generasi unggul bangsa.

 

Tujuan biasa KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 ialah sebagai wahana persaingan dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS bagi penerima didik Sekolah Menengah Pertama dan/atau yang sederajat untuk memajukan kualitas pendidikan utamanya bidang sains yang berasaskan pendidikan huruf meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga selaku bab dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang selaku kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai -nilai sportivitas.

 

Tujuan khusus KSN SMP Tahun 2021 adalah selaku berikut:

a. menawarkan wadah bagi peserta bimbing Sekolah Menengah Pertama dan /atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, dan IP S sehingga peserta bimbing dapat berkreasi,

cekatan, memecahkan duduk perkara, dan mampu berbagi seluruh faktor kepribadiannya;

b. memotivasi akseptor latih Sekolah Menengah Pertama dan /atau yang sederajat untuk selalu memajukan kesanggupan spiritual, emosional, dan intelektual menurut norma dan tata nilai yang baik;

c. mengaplikasikan wawasan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari;

d. memotivasi guru untuk mengembangkan mutu dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan /atau yang sederajat;

e. memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk mengembangkan mutu penyelenggaraan pendidikan;

f. memotivasi pemangku kepentingan untuk menanamkan nilai spiritual, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Berdasarkan Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SMP Tahun 2021/2022 Secara Daring, Tujuan biasa KSN SMP tahun 2021 yaitu selaku wahana persaingan dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama dan/atau yang sederajat untuk meningkatkan kualitas pendidikan terutama bidang sains yang berasaskan pendidikan huruf mencakup religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan bantu-membantu. Selain hal itu, aktivitas ini juga selaku bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai persaingan yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

 

Strategi Pelaksanaan

1. KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 ini dijalankan dengan metode daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional karena keadaan sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam kurun Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM.

2. Media pelaksanaan persaingan memakai aplikasi yang sudah ditawarkan oleh panitia sentra.

3. Pelaksanaan kompetisi mesti mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

 

Adapun bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada KSN SMP Tahun 2021 yaitu:

1. Matematika.

2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

 

Dijelaskan Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN Sekolah Menengah Pertama Tahun 2021/2022 Secara Daring, bahwa Ketentuan Umum KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 ialah sebagai berikut

1. Pelaksanakan KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 dilaksanakan dengan prosedur :

a. Babak penyisihan tahap 1.

b. Babak penyisihan tahap 2.

c. Pelaksanaan Tingkat Nasional.

2. Pelaksanaan KSN SMP tahun 2021 babak penyisihan tahap 1 (satu), babak penyisihan tahap 2 (dua), dan pelaksanaan tingkat nasional dijalankan secara daring /online menggunakan aplikasi yang telah di sediakan oleh panitia Pusat Prestasi Nasional.

3. Pelaksanaan KSN SMP tahun 2021 diselenggarakan secara daring /online di rumah atau sekolah.

4. Setiap sekolah diwakili maksimal 9 ( sembilan) akseptor. Setiap akseptor cuma diperbolehkan mengikuti 1 (satu) bidang kontes dan setiap bidang lomba maksimal 3 ( tiga ) akseptor.

5. Sarana penunjang pelaksanaan KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 secara daring /online yang mesti disediakan akseptor:

a. Smartphone atau omputer /laptop.

b. Kapasitas ruang penyimpanan ponsel pintar minimum 16 Gb.

c. Jaringan internet yang stabil.

 

Persyaratan peserta KSN SMP tahun 2021 menurut Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SMP MTs Tahun 2021 Secara Daring, adalah sebagai berikut:

1. Peserta ialah Warga Negara Indonesia.

2. Peserta bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada KSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun 2020 pada semua bidang kontes.

3. Peserta terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat.

4. Peserta latih yang terdaftar selaku siswa Sekolah Menengah Pertama dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun anutan 2020/2021 atau kelas 8 dan 9 pada tahun fatwa 2021/2022 serta berusia optimal 16 tahun pada ketika mengikuti KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021.

5. Peserta m emiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

6. Peserta mempunyai nilai rapor setiap semester semenjak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) untuk bidang kontes yang mau dibarengi.

7. Peserta memiliki surat/pernyataan integritas dan surat keterangan sekolah dalam mengikuti seleksi KSN SMP tahun 2021.

 

Registrasi/ Pendaftaran Peserta

1. Pelaksanaan pendaftaran dilakukan melalui tata cara aplikasi registrasi kontes Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

2. Pendaftaran dijalankan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KSN Sekolah Menengah Pertama secara akurat dan benar.

3. Sekolah memastikan data NISN peserta sudah ter-update.

4. Sekolah mengunggah pakta inte gritas/surat pernyataan siswa dan surat informasi sekolah pada laman pendaftaran, format surat dapat di unduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

 

Jadwal pelaksanaan KSN SMP tahun 2021

1. Pelaksanaan Sosialisasi KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 --- Juni 2021

2. Virtual Meeting dan penjelasan teknis Puspernas dengan Daerah ---Juni 2021

3. Pendaftaran Peserta KSN Sekolah Menengah Pertama --- Juni 2021

4. Ujicoba aplikasi dan simulasi kompetisi --- Juli 2021

5. Seleksi babak benyisihan tahap 1 (satu) peserta KSN SMP --- September 2021

6. Seleksi babak benyisihan tahap 2 (dua) peserta KSN Sekolah Menengah Pertama --- Oktober 2021

7. Virtual meeting dan penjelasan pelaksanaan tingkat nasional KSN SMP --- Oktober 2021

8. Pelaksanaan tingkat nasional penerima KSN Sekolah Menengah Pertama --- November 2021

*bila ada pergeseran jadwal akan diinformasikan di sosial media

(Instagram dan Twitter) Pusat Prestasi Nasional

 

Selanjutnya Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN Sekolah Menengah Pertama Tahun 2021/2022 Secara Daring, dijelaskan Teksni Pelaksanaan Kompetisi dalam pelaksanaan KSN Sekolah Menengah Pertama Tahun 2021, yakni sebagai berikut.

1. Pelaksanaan KSN SMP Babak Penyisihan Tahap 1

a. Mekanisme Pelaksanaan

1) Panitia Pusat mengumumkan agenda dan tutorial teknis KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 202 1 malalui laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

2) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengumumkan dan mensosialisasikan babak penyisihan KSN SMP Tahap 1 (satu) yang dilaksanakan secara daring /online ke sekolah yang berada di daerah masing-masing.

3) Satuan Pendidikan/Sekolah mendaftarkan keikutsertaan akseptor yang telah diseleksi menjadi perwakilan sekolah.

4) Peserta KSN cuma diperkenankan mengikuti satu bidang kontes.

5) Peserta yang terdaftar mengikuti lebih dari 1 (satu) bidang lomba akan didiskualifikasi.

6) Setiap sekolah cuma diwakili oleh maksimal 3 (tiga) peserta per bidang lomba. Jumlah optimal per Satuan Pendidikan/Sekolah berjumlah 9 (sembilan) peserta.

7) Peserta yang tidak berhasil mengikuti babak penyisihan tahap 1 (satu) maka dinyatakan gugur.

8) Panitia pusat tidak melakukan tes susulan bagi akseptor yang tidak sukses mengikuti babak penyisihan tahap 1 (satu).

 

b. Pelaksanaan Kompetisi

1) Peserta KSN Sekolah Menengah Pertama mengunduh dan membaca Panduan Teknis pelaksanaan KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 dan panduan penggunaan aplikasi persaingan.

2) Peserta KSN Sekolah Menengah Pertama melaksanakan sign -in menggunakan akun yang diperoleh dari sekolah pada website registrasi.

3) Peserta menanti waktu hitung mundur pelaksanaan persaingan.

4) Peserta KSN SMP menjawab soal secara daring /online sesuai dengan isyarat pembuatan soal.

5) Peserta KSN SMP mengirim tanggapan soal secara daring /online.

6) Informasi lebih lanjutakan disampaikan saat ujicoba aplikasi dan simulasi kompetisi.

 

c. Penilaian

1) Bentuk soal KSN SMP babak penyisihan tahap 1 (satu) adalah pilihan jamak/opsi ganda.

2) Penilaian menggunakan sistem aplikasi yang telah dibentuk oleh panitia pusat.

3) Penentuan peringkat mengacu pada prosedur yang telah ditetapkan.

4) Berita acara evaluasi KSN Sekolah Menengah Pertama ditandatangani oleh tim juri.

5) Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diusik gugat.

6) Nilai balasan soal pilihan jamak/pilihan ganda akan digunakan untuk menentukan peringkat peserta setiap Kabupaten/Kota.

7) Peserta yang berhak mengikuti tahap ke 2 (dua) yaitu peringkat 1 (satu) sampai 5 (lima) per Kabupaten/Kota setiap bidang kontes.

 

2. Pelaksanaan KSN SMP Babak Penyisihan Tahap 2

a. Mekanisme Pelaksanaan

1) Seleksi KSN Sekolah Menengah Pertama babak penyisihan tahap 2 (dua) merupakan seleksi tahap berikutnya untuk menyaring akseptor yang lolos ke tingkat nasional.

2) Peserta Babak Penyisihan tahap 2 (dua) adalah peringkat 1 (satu) hingga 5 (lima) dari setiap Kabupaten/Kota yang lolos dari Babak Penyisihan Tahap 1 (satu).

3) Jumlah kuota per Kabupaten/Kota yakni 15 (lima belas) akseptor.

4) Peserta yang tidak berhasil mengikuti babak penyisihan tahap 2 (dua) maka dinyatakan gugur.

5) Panitia pusat tidak melaksanakan tes susulan bagi peserta yang tidak berhasil mengikuti babak penyisihan tahap 2 (dua).

 

b. Pelaksanaan Kompetisi

1) Peserta KSN SMP melakukan sign -in memakai akun yang diperoleh dari sekolah.

2) Peserta menanti waktu hitung mundur pelaksanaan ujian.

3) Peserta KSN SMP menjawab soal secara daring /online sesuai dengan petunjuk pengerjaan soal.

4) Peserta KSN SMP mengirim balasan secara daring /online.

 

c. Penilaian

1) Bentuk soal KSN SMP babak penyisihan tahap 2 yaitu isian atau essay.

2) Penilaian menggunakan tata cara aplikasi yang telah dibentuk oleh panitia pusat.

3) Penentuan peringkat mengacu pada mekanisme yang telah ditetapkan.

4) Berita program penilaian KSN Sekolah Menengah Pertama ditandatangani oleh tim juri.

5) Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak mampu diganggu gugat.

6) Peringkat Nasional dan Peringkat Provinsi diputuskan menggunakan penjumlahan nilai penyisihan tahap 1 dan tahap 2.

 

 

3. Pelaksanaan KSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional

a. Kriteria Peserta Tingkat Nasional

1) Pusat Prestasi Nasional menetapkan akseptor tingkat nasional lewat Surat Keputusan dan memberitahukan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi.

2) Peserta KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 t ingkat nasional berjumlah 245 (dua ratus empat puluh lima ) orang untuk setiap bidang kontes, dengan detail:

a) 70 (tujuh puluh) orang berasal dari penerima terbaik peringkat nasional, dengan kuota penerima per P rovinsi yakni optimal 5 (lima) orang.

b) 175 (seratus tujuh puluh lima ) orang berasal dari perwakilan 34 Provinsi dan perwakilan Sekolah Indonesia di mancanegara. Perwakilan Provinsi dan Sekolah Indonesia di luar negeri ialah 5 (lima) akseptor terbaik setiap bidang kontes, selain nama-nama penerima pada poin (a) di atas.

 

b. Pelaksanaan

1) Peserta KSN SMP melakukan sign-in memakai akun yang diperoleh dari sekolah.

2) Peserta KSN SMP menjawab soal secara daring /online sesuai dengan isyarat pembuatan soal.

3) Peserta KSN Sekolah Menengah Pertama mengirim tanggapan secara daring /online dengan memakai aplikasi KSN.

4) KSN SMP tahun 2021 di lakukan selama 2 hari :

a) Hari pertama : Tes teori bidang Matematika dan pengamatan untuk bidang IPA dan IPS.

b) Hari kedua : Tes teori bidang Matematika, IPA, dan IPS.

 

c. Penilaian

1) Jenis soal KSN SMP tahun 2021 adalah:

a) Bidang lomba IPA: tes teori dan tes observasi.

b) Bidang kontes Matematika: tes teori.

c) Bidang kontes IPS: tes teori dan t es pengamatan.

2) Bentuk soal teori KSN Sekolah Menengah Pertama tahun 2021 yaitu :

a) Bidang kontes IPA: pilihan jamak dan isian singkat.

b) Bidang lomba Matematika: uraian.

c) Bidang lomba IPS: pilihan jamak dan uraian.

3) Penilaian memakai tata cara aplikasi yang telah dibentuk oleh panitia pusat.

4) Penentuan peringkat mengacu pada mekanisme yang telah ditetapkan.

5) Berita acara evaluasi KSN SMP ditandatangani oleh tim juri.

6) Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

7) Peraih medali emas, perak, dan perunggu dinyatakan sebagai pemenang KSN Sekolah Menengah Pertama tingkat nasional.

8) Peraih medali emas sebanyak 15 penerima, peraih medali perak sebanyak 20 akseptor dan medali perunggu sebanyak 25 peserta untuk setiap bidang kontes.

9) Untuk bidang IPA dan IPS, penerima yang meraih nilai tes teori tertinggi dan tes pengamatan tertinggi, masing -masing dianugerahi predikat best theory dan best observation.

10) Kegiatan penilaian dan penetapan pemenang dikerjakan oleh para dewan juri dan diserahkan terhadap Panitia Pusat untuk ditetapkan oleh Kepala Pusat Prestasi Nasional.

 

Selengaknya dilahkan download Panduan TeknisPelaksanaan dan Silabus KSN Sekolah Menengah Pertama Tahun 2021/2022

 

Demikian info perihal Panduan Teknis Pelaksanaan dan Silabus KSN SMP MTs Tahun 2021 Semoga ada manfaatnya, terima kasih





Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon