Minggu, 26 Januari 2020

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Semoga Tidak Cepat Habis

 Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Agar Tidak Cepat Habis

Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam - Indonesia ialah negara yang populer dengan kekayaan sumber daya alamnya, baik yang dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam sendiri merupakan semua bahan di alam yang dapat diambil keuntungannya untuk kehidupan manusia. SDA mencakup semua bagian yang ada di alam, mulai dari bagian biotik sampai abiotik.

Sayangnya, dikala ini eksplorasi berlebihan yang dikerjakan oleh manusia menciptakan ketersediaan sumber daya alam di bumi makin menyusut setiap harinya. Selain memanfaatkannya, telah sepatutnya manusia juga harus melestarikan sumber daya alam tersebut.

Nah berhubungan dengan hal itu, dikala ini geologinesia akan menerangkan tentang cara melestarikan sumber daya alam. Yuk, disimak dengan teliti ya.

Apa itu Sumber Daya Alam?

SDA yakni segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam yang sifatnya original tanpa campur tangan manusia. Artinya, sumber daya alam bukan merupakan buatan insan, akan namun manusia cuma mampu memanfaatkannya, mengganti, membuatkan, dan atau mengkonversinya.

Sumber daya alam berdasarkan ketersediannya di alam terbagi atas sumber daya alam yang mampu diperbarui dan SDA yang tidak bisa diperbarui. Tindakan eksploitasi yang berlebihan serta langkah-langkah tidak bertanggung jawab yang lain tentu saja akan mengancam ketersediaan kedua sumber daya alam tersebut.

Sebagai makhluk yang paling banyak mempergunakan SDA, telah sepatutnya kita bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian sumber daya alam ini. Berbagai cara dan upaya mesti dikerjakan insan demi menjamin eksistensi SDA di bumi.

Bagaimana Cara Melestarikan Sumber Daya Alam?

Beberapa waktu belakangan, kesadaran akan pentingnya mempertahankan kelestarian alam membuat banyak orang berlomba-lomba mempertahankan kelestarian SDA. Beberapa cara melestarikan sumber daya alam yang mampu dikerjakan setiap orang diantaranya sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Sumber Daya Alternatif yang Tak Pernah Habis
Alam menawarkan berbagai jenis sumber daya untuk dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya ialah jenis sumber daya alam yang tak pernah habis, mirip angin, cahaya matahari, panas bumi, pasang surut air laut dan sebagainya. Seperti namanya, sumber daya alam ini yaitu sumber daya alam yang selalu tersedia melimpah di alam.

Memanfaatkan jenis sumber daya alam yang tak pernah habis selaku alternatif pengganti sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ialah salah satu cara yang bisa dikerjakan untuk melestarikan sumber daya alam.

Sumber daya alam mirip cahaya matahari, angin dan pasang surut air maritim contohnya mampu dimanfaatkan dan diolah menjadi energi alternatif pengganti kerikil bara atau minyak bumi. Cara ini sudah banyak digunakan oleh negara-negara maju khususnya untuk meminimalisir sumber daya alam yang berasal dari barang tambang.

2. Pengolahan Limbah Air
Selama ini air yang habis digunakan untuk bikinan di pabrik selalu berakhir hanya sebagai limbah yang mencemari lingkungan. Hal ini selain memiliki efek buruk bagi air di lingkungan sekitar yang jadi ikut tercemar, ketersediaan air bersih juga akan ikut terancam alasannya adalah aktivitas ini.

Karena itu, sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam terutama air ialah dengan melakukan pengolahan air limbah pabrik sebelum dibuang. Hal ini bermaksud untuk meminimalisir zat kimia yang terkandung di dalam air limbah sebelum dibuang. Dengan begitu dampak polusi yang ditimbulkan tidak akan begitu besar.

Lihat juga tentang: Sumber Daya Alam Hayati

3. Penertiban Pembuangan Sampah
Sumber daya alam yang ada di bumi kian kritis keberadaannya utamanya sebab tindakan tak bertanggung jawab dari insan sendiri. Sebut saja pada sumber daya air. Karena itu, untuk melestarikan sumber daya air, salah satu caranya adalah dengan menertibkan kebiasaan mencampakkan sampah pada masyarakat. Masyarakat mesti mengganti kebiasaan membuang sampah di sungai atau terusan air guna menjaga kelestarian air.

4. Melakukan Recycling
Sumber daya alam di bumi cepat habis disebabkan sebab manusia memanfaatkannya secara berlebihan. Dengan melaksanakan recycling atau daur ulang pada barang atau produk yang bisa didaur ulang tentu membuat pengambilan sumber daya alam bisa diperlambat. Dengan begitu bisa menjaga kelestarian sumber daya alam dalam rentang waktu yang lebih lama.

5. Rehabilitasi atau Reklamasi Lahan Kritis
Cara melestarikan sumber daya alam selanjutnya yang bisa dikerjakan oleh manusia yaitu dengan melaksanakan rehabilitasi atau rehabilitasi lahan kritis. Dua cara ini dilaksanakan untuk mempertahankan kelestarian sumber daya tanah yang kian kritis.

Proses reklamasi umumnya dikerjakan pada lahan bekas pertambangan yang telah rusak. Sedangkan rehabilitasi yakni upaya pelestarian lahan kritis dimana di dalamnya tergolong reboisasi, menciptakan sengkedan serta mengontrol pembukaan lahan berpindah. Dengan cara ini kelestarian tanah akan tetap tersadar.

6. Melakukan Konservasi Ex Situ
Pelestarian sumber daya alam tergolong di dalamnya adalah pelestarian tanaman dan fauna yang ada di alam menjadi pola cara pelestarian sumber daya alam yang saat ini banyak dikerjakan.

Konservasi ini dilakukan dengan cara mengambil spesies tanaman atau fauna yang terancam punah dari habitat aslinya yang terancam kerusakan alam untuk kemudian diposisikan di habitat lain yang lebih kondusif.

Baca juga tentang: Sumber Daya Alam Non Hayati

7. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
Daerah Aliran Sungai ialah tempat di sekeliling sungai yang banyak dimanfaatkan penduduk untuk memenuhi keperluan hidup. Pemanfaatannya umumnya untuk lahan pertanian. Daerah fatwa sungai ini merupakan daerah yang juga sering mengalami kerusakan alasannya banyak hal.

Upaya pelestarian sumber daya alam di tempat atau daerah anutan sungai lazimnya dilaksanakan dengan cara kenaikan lahan kering dan lahan lembap. Perlindungan kepada daerah yang tergolong non budidaya serta pengembangan jenis irigasi.

8. Pelaksanaan Program Sungai Bersih
Sungai bukan cuma aliran air dari hulu ke hilir. Sungai menjadi daerah hidup bagi banyak sekali spesies flora dan binatang serta menjadi penyuplaiair bersih untuk kebutuhan hidup insan.

Sangat disayangkan, jikalau sungai terkotori oleh limbah, baik itu dari industri maupun limbah rumah tangga. Karena itu, pelestarian sungai juga tak bisa dilepaskan dari aktivitas membersihkan polusi yang mencemari air.

9. Melakukan Pengawetan
Penyebab terbesar kelangkaan ketersediaan sumber daya alam seperti kayu salah satunya yaitu alasannya adalah penggunaan dan eksploitasi berlebihan. Hal ini kemudian mengakibatkan jumlah pohon semakin berkurang sebab terus ditebangi untuk diambil kayunya untuk menciptakan aneka macam produk furniture atau produk lainnya dari kayu.

Cara melestarikan sumber daya alam selanjutnya ialah dengan melakukan Pengawetan. Sebelum kayu dimasak untuk dijadikan aneka macam produk, proses pengawetan dikerjakan terlebih dulu sehingga kayu bisa lebih tahan lama dan penggunaannya mampu diminimalisir.

10. Pengelolaan Daerah Pesisir
Terakhir adalah pengelolaan tempat pesisir yang bermaksud untuk mengorganisir dan mempertahankan kelestarian maritim dan kawasan pesisir. Cara ini dilakukan dengan merujuk pada banyak sekali kebijakan. Seperti misalnya kebijakan penggunaan sumber daya alam yang dapat diperbarui, mesti dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya untuk memperhatikan kepentingan generasi berikutnya.
Cara Melestarikan Sumber Daya Alam yaitu:
  • Lebih memanfaatkan sumber daya alternatif
  • Pengelolaan air limbah yang bagus
  • Penertiban kebiasaan membuang sampah sembarangan
  • Melakukan recycling
  • Rehabilitasi dan reklamasi lahan kritis
  • Melakukan konservasi ex situ
  • Pengelolaan tempat aliran sungai (DAS)
  • Pelaksanaan program sungai higienis
  • Melakukan acara pengawetan untuk menjaga fungsi SDA yang terambil
  • Pengelolaan lingkungan yang baik pada tempat pesisir

Ketersediaan sumber daya alam di bumi memang sungguh melimpah untuk memenuhi keperluan manusia. Namun, ada kalanya pengelolaan sumber daya alam tersebut juga mesti menimbang-nimbang generasi selanjutnya. Manusia tidak semestinya melakukan eksploitasi besar-besaran dalam pengelolaan SDA, sebab mampu mengancam kelestarian SDA tersebut.

Untuk mempertahankan keberadaan SDA, dibutuhkan berbagai cara melestarikan sumber daya alam seperti yang telah diterangkan di atas. Berbagai upaya tersebut mesti dilaksanakan secara bersinergi semoga tujuan pelestarian bisa tercapai.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon