Senin, 27 Januari 2020

Daftar Nama Tanjung Di Indonesia Yang Populer

 Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dengan beragam fitur ge Daftar Nama Tanjung di Indonesia yang Terkenal
Tanjung di Indonesia - Indonesia populer selaku negara yang kaya akan sumber daya alam dengan beragam fitur geografinya. Karena letak geografisnya inilah yang lalu membuat Indonesia memiliki kekayaan alam yang sungguh beragam. Diantara banyaknya bentuk (fitur) geografis Indonesia, salah satunya adalah tanjung.

Sebagai negara bahari yang mempunyai kawasan lautan lebih luas dibandingkan wilayah daratan membuat Indonesia memiliki cukup banyak tanjung. Berikut ini yaitu penjelasan wacana apa itu tanjung dan beberapa contoh tanjung di Indonesia yang terkenal.

Apa itu Tanjung?

Tanjung adalah daerah daratan yang berupa menjorok ke daerah lautan, atau daerah daratan yang ketiga sisinya dikelilingi oleh daerah lautan. Secara geografis, yang dimaksud dengan tanjung bisa diartikan sebagai daratan yang terletak di bibir pantai yang mana daerah ini terbentuk secara alami. Tanjung ini juga diketahui selaku semenanjung, yang mana bergotong-royong semenanjung yaitu jenis dari tanjung namun dengan wilayah yang relatif lebih luas.

Tanjung memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dengan fitur geografis yang lain. Tanjung lazimnya terbentuk di daerah yang terletak di pinggir laut. Lapisan pembentuknya umumnya berbentukbatuan yang teksturnya lembut.

Jika dilihat di peta, daerah dengan warna coklat lebih secara umum dikuasai daripada kawasan dengan warna biru. Ciri khususnya tentu saja daerahnya yang lebih menjorok ke arah lautan.

Manfaat Tanjung

Tanjung yang merupakan kawasan daratan yang menjorok ke arah bahari memberikan faedah yang cukup signifikan. Wilayah tanjung sering dimanfaatkan manusia untuk beberapa penggunaan, beberapa diantaranya yaitu:

1. Sebagai Tempat Tinggal
Wilayah di pinggir bahari memiliki populasi penduduk yang sebagian besar mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Penduduk yang berprofesi selaku nelayan ini tinggal dan melaksanakan acara sehari-hari di daerah tanjung.

Namun, pasti tidak semua tempat tanjung mampu dijadikan kawasan tinggal. Hanya tanjung yang memiliki area yang cukup luas yang bisa dimanfaatkan sebagai kawasan tinggal para nelayan.

2. Sebagai Lokasi Wisata
Diantara banyaknya faedah yang bisa diambil dari kenampakan alam berbentuktanjung ini adalah untuk lokasi rekreasi. Sudah banyak teladan tanjung di Indonesia yang dijadikan daerah rekreasi. Hal ini karena kawasan tanjung yang berada di pinggir bahari umumnya memiliki area pantai yang indah serta pemandangan maritim yang eksotis.

Beberapa tanjung memang ada yang tidak berbentuk daratan pantai, namun hanya berupa tebing. Meskipun demikian daerah tanjung ini tetap menjadi lokasi wisata yang mampu menarik lumayan banyak turis.

3. Sebagai Lokasi Tambak Ikan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, wilayah tanjung dimanfaatkan selaku daerah tinggal oleh nelayan yang tinggal di pinggir pantai. Selain mencari ikan di maritim, para nelayan ini juga mendapatkan hasil ikan dari tambak ikan yang dikembangkan di kawasan tanjung.

Tanjung diseleksi sebagai lokasi untuk budidaya atau tambak ikan konsumsi karena lokasinya yang akrab dengan habitat jenis ikan yang dibudidayakan. Selain itu, pemanfaatan daerah tanjung untuk tambak ikan juga alasannya adalah pendapatpemeliharaan yang lebih gampang.

Nama-Nama Tanjung yang Ada di Indonesia

Setelah mengenali wacana definisi, ciri-ciri dan pemanfaatannya, selanjutnya adalah mengenal Nama-nama tanjung yang ada di Indonesia.

Indonesia yang notabene-nya yaitu negara yang memiliki wilayah lautan lebih luas dibanding daerah daratannya, maka tidak begitu sukar menemukan tanjung di Indonesia. Dibawah ini merupakan beberapa teladan nama tanjung di Indonesia yang terkenal, adalah:

1. Tanjung Benoa
Tanjung Benoa ialah salah satu teladan tanjung terkenal di Indonesia yang terletak di Pulau Bali. Tanjung Benoa ini cukup terkenal sebab ialah tempat wisata yang ramai dikunjungi di Bali.

Tanjung Benoa dimanfaatkan selaku daerah rekreasi dengan daya tarik khususnya ialah aneka macam wahana olahraga air dan pantai yang indah. Eksotisme Tanjung Benoa merupakan pesona wisata yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bali.

2. Tanjung Bira
Tanjung populer di Indonesia selanjutnya adalah Tanjung Bira yang berada di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tanjung ini juga populer selaku daerah wisata yang menunjukkan keindahan dan eksotisme maritim dan pantai yang fantastis.

Keindahan daerah Tanjung Bira ini sukses menawan wisatawan untuk berkunjung menghabiskan waktu piknik. Berbagai acara menawan juga bisa Anda lakukan disini, seperti snorkeling ataupun diving.

3. Tanjung Blambangan
Tanjung atau Semenanjung selanjutnya yang populer di Indonesia ialah Tanjung Blambangan. Tanjung Blambangan ini terletak di bagian ujung timur Pulau Jawa, tepatnya berada di Kabupaten Banyuwangi.

Bagian selatan tanjung ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sedangkan bab utara berhadapan dengan Selat Bali. Blambangan sendiri merupakan nama kawasan Banyuwangi di kala Majapahit.

Tanjung Blambangan ini ialah bab dari Taman Nasional Alas Purwo. Di bagian tengahnya berupa dataran tinggi serta pegunungan. Sedangkan di bagian selatannya ialah teluk dengan desa nelayan yang berada di daerah ini. Disini juga populer sebagai daerah selancar atau surfing berkelas dunia.

4. Tanjung Mebulu
Deretan tanjung di Indonesia yang populer selanjutnya adalah Tanjung Mebulu atau juga dikenal dengan nama Karang Boma. Tanjung Mebulu ini terletak di kawasan daerah Uluwatu Bali.

Tanjung Mebulu cuma berbentuktebing yang menjorok ke arah laut. Kawasan ini menjadi tempat rekreasi yang menawan banyak pelancong. Tanjung Mebulu ini memberikan banyak sekali keindahan yang tidak mampu ditemukan di daerah lain.

5. Tanjung Ujung Kulon
Selanjutnya ada Tanjung Ujung Kulon yang berada di tempat Banten. Wilayah tanjung Ujung Kulon ini dijadikan selaku habitat asli Badak Jawa.

Tanjung Ujung kulon mempunyai luas daerah sebesar kurang lebih 38.000 hektar. Di kawasan Tanjung Ujung Kulon ini juga terdapat jalur treking yang bisa digunakan oleh pengunjung.

6. Tanjung Lesung
Banten mempunyai beberapa daerah tanjung yang cukup terkenal, salah satunya ialah Tanjung Lesung. Wilayah ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata dengan berbagai kemudahan penunjang rekreasi yang lengkap.

Tanjung Lesung mempunyai luas sebesar kurang lebih 15.000 hektar. Di tempat tanjung ini terdapat pantai dengan pasir putih, ada pula hamparan tebing yang tidak terlalu curam di bab utara beserta laguna yang mempunyai kedalaman kurang lebih 5 meter.

7. Tanjung Puting
Deretan terakhir dari daftar 7 tanjung yang ada di Indonesia yaitu Tanjung Puting yang ada di kawasan Kalimantan Tengah. Kawasan tanjung ini mempunyai luas wilayah kurang lebih 415.000 hektar.

Tanjung Puting dimanfaatkan selaku kawasan taman nasional. Taman Nasional Tanjung Puting menjadi habitat bagi beberapa spesies flora dan fauna yang dilindungi serta vegetasi yang cukup beragam.

Berikut ini yakni ringkasan daftar nama tanjung di Indonesia yang terkenal.
Nama TanjungLokasi
Tanjung Benoa Bali
Tanjung Blambangan Banyuwangi
Tanjung Bira Sulawesi Selatan
Tanjung Mebulu Bali
Tanjung Ujung Kulon Banten
Tanjung Lesung Banten
Tanjung Puting Kalimantan Tengah

Demikian tadi penjelasan lengkap ihwal apa itu tanjung, pemanfaatan tanjung serta beberapa nama tanjung di Indonesia yang terkenal. Indonesia yang kaya akan kenampakan alam juga memberikan banyak manfaat bagi penduduk . Seperti halnya juga kawasan tanjung ini.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon