Sabtu, 18 Januari 2020

Daftar Negara Di Benua Australia-Oceania Beserta Nama Ibukotanya

Australia adalah benua terkecil di dunia sekaligus benua yang paling terakhir ditemukan. Luas daerahnya cuma sekitar kurang lebih 8,6 km² membentang dari bagian ujung Teluk Carpentaria sampai Pulau Tasmania.

Selain daratan utama Benua Australia, kawasan Benua ini juga meliputi Pulau Tasmania dan aneka macam pulau kecil yang berada di Samudra Pasifik dan Hindia. Untuk lebih mengenal benua ini, berikut yakni nama-nama negara di Benua Australia dan Oceania beserta ibukotanya.

Australia adalah benua terkecil di dunia sekaligus benua yang paling terakhir ditemukan Daftar Negara di Benua Australia-Oceania Beserta Nama Ibukotanya

Karakteristiknya Benua Australia-Oceania Secara Umum

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu karakteristik Benua Australia yang populer kita kenal adalah merupakan benua terkecil di dunia. Benua ini didapatkan oleh James Cook pada tahun 1770. Setelah inovasi pertama benua ini diikuti dengan inovasi tambang emas, barulah lalu banyak orang Inggris yang berbondong-bondong tiba ke benua ini.

Australia merupakan benua sekaligus negara sebab dalam satu benua hanya ada 1 negara di Benua Australia ini, ialah negara Australia. Di dalam kawasan yang relatif kecil ini cuma ada 1 negara, yaitu negara Australia yang lalu dibagi lagi menjadi beberapa negara bagian.

Ahli geografi kemudian menggabungkan beberapa kepulauan kecil di sekitarnya menjadi satu dalam wilayah Australia, yakni Selandia Baru, Papua Nugini dan karang atol yang berada di sekitarnya. Benua Australia ini juga disebut selaku 'benua bawah' sebab pada peta memang Australia berada di bawah.

Secara astronomis, Benua Australia ini berada diantara garis 10°41'LS-43°39'LS serta berada diantara 113°9'BT-153°39'BT. Sedangkan secara geografis, benua ini memiliki batas dengan beberapa kawasan lautan tergolong memiliki batas dengan Indonesia.

Lihat lebih lengkap: Letak dan Luas Benua Australia

Jenis iklim yang terjadi di Benua Australia-Oceania ini lazimnya diakibatkan oleh faktor garis lintang. Karena itu, masing-masing daerah di benua ini mempunyai jenis iklim yang beragam antara daerah yang terletak di bagian selatan dengan daerah yang terletak di bab utara. Setidaknya ada beberapa iklim yang terjadi di kawasan Benua Australia-Oceania ini.

Pertama yakni iklim subtropis yang memiliki karakteristik terjadinya 4 musim dalam 1 tahun. Iklim ini dapat ditemui di kawasan Australia bagian selatan. Iklim kedua adalah iklim tropis yang mana memiliki ciri-ciri cuma terjadi animo hujan dan ekspresi dominan panas dengan intensitas yang stabil. Iklim ini bisa didapatkan di kawasan Australia bagian utara.

Iklim ketiga yang mampu ditemukan di Benua Australia-Oceania ialah iklim gurun. Iklim ini mempunyai ciri-ciri berupa suhu yang tinggi dan panas di siang hari dan bisa turun drastis atau cuek dikala malam hari. Kawasan Benua Australia-Oceania yang mengalami iklim ini yaitu kawasan yang banyak memiliki gurun.

Tipe iklim yang terakhir ialah iklim bahari yang mempunyai karakteristik suhu udara yang relatif sejuk serta hujan yang turun dikala trend cuek. Iklim jenis ini terjadi di tempat selatan Victoria dan Tasmania.

Lihat secara khusus: Kondisi Geografis Negara Australia

Kawasan Oceania (Oseania) sendiri merupakan suatu tempat geografis yang mencakup Australasia, Mikronesia, Melanesia dan Polinesia. Oceania sendiri bergotong-royong bukanlah sebuah benua, namun dalam prakteknya Oceania sering dianggap selaku benua untuk mempermudah dalam mendefinisikan Benua Australia dan kawasan Oceania yang bila dijadikan menjadi satu maka menjadi Australia-Oceania.

Negara-Negara yang Berada di Benua Australia-Oceania

Luas wilayah Benua Australia-Oceania ini mencapai kurang lebih sebesar 8,6 juta km². Dari luas tersebut, Benua Australia-Oceania ini masih dibagi lagi menjadi dua kawasan. Kawasan pertama yaitu daerah daratan utama Australia dan kawasan kedua yaitu kawasan Kepulauan Oceania.

Jika dipisahkan dengan Oceania, maka sebetulnya hanya ada 1 negara di Benua Australia, adalah negara Australia. Karena itulah Australia juga disebut selaku 'Negara Benua' alasannya adalah dalam satu benua cuma ada 1 negara.

Namun lalu sehabis digabungkan dengan daerah Oceania, maka jumlah negara yang ada dan masuk dalam tempat Benua Australia-Oceania ada 14 negara yang diakui oleh PBB. 14 negara di Benua Australia yang dimaksud ini ialah kawasan negara kepulauan yang berdaulat.

Dari 14 negara tersebut, hanya Australia dan Selandia Baru yang tergolong selaku kalangan negara maju. Sisanya masih ialah negara meningkat sampai negara miskin.

Terpisah dari tempat geografi Oceania, di Benua Australia sendiri juga terdapat beberapa negara bab. Wilayah Benua Australia yang terbilang cukup luas untuk sebuah negara lalu dibagi menjadi beberapa negara bagian. Berikut ini adalah negara bab yang ada di Benua Australia beserta ibukotanya.
Negara Bagian AustraliaIbukota
Queensland Brisbane
Tasmania Hobart
New South Wales Sydney
South Australia Adelaide
Western Australia Perth
Victoria Melbourne

Tidak cuma ada negara bab, di dalam Benua Australia ini juga terdapat dua buah daerah teritorium. Wilayah teritorium pertama yaitu Australian Capital Territory dengan ibukota Canberra. Sedangkan kawasan teritorium kedua yakni Northern Territory yang beribukota di Darwin.

Berdasarkan klarifikasi yang sudah disebutkan di atas, ada total 14 negara yang ada di Benua Australia-Oceania yang diakui oleh PBB. Berikut ini ialah daftar 14 negara yang ada di tempat Benua Australia-Oceania tersebut.
Negara BerdaulatIbukota
Australia Canberra
Tuvalu Funafuti
Federasi Mikronesia Palikir
Palau Ngerulmud
Kepulauan Solomon Honiara
Nauru Yaren
Tonga Nuku'Alofa
Papua Nugini Port Moresby
Kiribati South Tarawa
Selandia Baru Wellington
Kepulauan Marshall Majuro
Vanuatu Port Villa
Samoa Apia
Fiji Suva

Selain 14 negara di Benua Australia yang ada dalam daftar di atas, ada 2 negara lain yang masuk dalam klasifikasi negara dependen. Artinya, negara tersebut yaitu negara bebas yang masih memiliki ikatan dengan negara yang lain.

Dua negara di Benua Australia-Oceania yang tergolong dalam negara dependen itu yaitu Kepulauan Cook yang berasosiasi dengan negara Selandia Baru serta Niue yang juga berasosiasi dengan Selandia Baru.

Tidak cuma 14 negara yang sudah disebutkan di atas beserta 2 negara dependen yang berasosiasi dengan Selandia Baru, di daerah Benua Australia-Oceania ini juga terdapat wilayah dependensi dan otonom. Wilayah dependensi adalah bab kawasan dari negara lain yang berada terpisah jauh dari daerah negara induknya.

Lalu apa saja daerah dependensi dan otonom yang berada di Benua Australia-Oseania tersebut? Berikut daftarnya.
Wilayah DependensiBagian dari Negara
Hawaii Amerika Serikat
Kepulauan Laut Coral Australia
Kaledonia Baru Perancis
Kepulauan Howland Amerika Serikat
Kepulauan Ashmore dan Cartier Australia
Kepulauan Easter Chile
Kepulauan Jarvis Amerika Serikat
Kepulauan Galapagos Ekuador
Kepulauan Mariana Amerika Serikat
Kepulauan Baker Amerika Serikat
Polinesia Prancis Perancis
Samoa Amerika Amerika Serikat
Guam Amerika Serikat
Kepulauan Norfolk Australia
Wallis & Futuna Perancis

Demikian tadi penjelasan ihwal benua Australia-Oceania beserta nama-nama negara di Benua Australia dimana di dalamnya juga ada wilayah dependensi yang ialah bagian dari negara lain.

Dari klarifikasi tersebut dapat dimengerti bahwa negara Australia ialah negara benua yang mana dalam 1 benua cuma ada 1 negara. Namun setelah digabungkan dengan Oceania, maka terdapat 14 negara di Benua Australia-Oceania.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon