Rabu, 29 Januari 2020

Hasil Olahan Minyak Bumi Dan Kegunaannya [+Lengkap]

 Negara Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang tentunya banyak yang t Hasil Olahan Minyak Bumi dan Kegunaannya [+Lengkap]
Produk Hasil Pengolahan Minyak Bumi - Negara Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang tentunya banyak yang tidak dimiliki oleh negara lain. Negeri seribu pulau ini mempunyai bermacam-macam variasi SDA, baik itu SDA yang mampu diperbaharui maupun yang tidak mampu diperbaharui. Salah satu SDA yang banyak didapatkan di Indonesia yaitu minyak bumi.

Kita pahami bahwa minyak bumi dapat dimasak menjadi aneka macam produk yang pada kesannya dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan utama manusia. Nah, saat ini geologinesia akan membicarakan ihwal berbagai hasil olahan minyak bumi serta kegunaannya.

Minyak Bumi dan Asalnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, minyak bumi ialah salah satu jenis sumber daya alam yang tidak mampu diperbaharui. Meskipun termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, tetapi kenyataannya minyak bumi sangat banyak digunakan di aneka macam industri besar maupun hanya untuk memenuhi kebutuhan insan sehari-hari. Karena nilai vitalnya tersebut, eksistensi minyak bumi sangat mempengaruhi ekonomi dunia.

Menurut teori duplex, minyak bumi dikenali berasal dari hasil penguraian jasad hewan dan flora (materi organik) selama jutaan tahun. Bahan organik yang terakumulasi ini berikutnya akan tertimbun dan dipengaruhi oleh suhu serta tekanan sehingga akan mengganti struktur komponen utama di dalam bahan organik tersebut menjadi hidrokarbon.

Karena proses pembentukannya yang memerlukan waktu lama, serta kelangkaannya inilah yang membuat minyak bumi dikategorikan selaku sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk menerima minyak bumi, diperlukan upaya penyelidikan yang memerlukan waktu yang lama, sebab mesti dimulai dengan tahapan eksplorasi detail hingga proses ekstraksi dari perut bumi ke permukaan dengan cara yang cukup rumit (pengeboran).

Karena proses mendapatkannya yang merepotkan dan butuh waktu lama inilah yang kemudian menciptakan harga minyak bumi menjadi mahal. Ketersediaan sumber daya alam ini juga dijadikan sebagai sebuah ukuran kekayaan suatu negara. Karena itu, negara yang mempunyai sumber daya alam minyak bumi berlimpah biasanya merupakan negara dengan tingkat pemasukan menengah sampai tinggi.

Berbagai Produk Hasil Olahan Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan bahan mentah berbentuk cairan pekat berwarna hitam. Karena itu, sumber daya alam satu ini sering disebut sebagai emas hitam. Namun, minyak bumi yang masih mentah ini tentu masih belum bisa dimanfaatkan.

Untuk dapat dimanfaatkan, dilaksanakan proses pemisahan fraksi dalam struktur minyak bumi yang sering disebut dengan ungkapan destilasi minyak bumi. Berikut ini yaitu beberapa produk hasil olahan minyak bumi beserta kegunaannya.

1. Bensin
Produk olahan minyak bumi yang pertama adalah bensin. Bensin ialah senyawa hidrokarbon yang terdiri atas komponen oktan dan n-heptana. Bensin mempunyai sifat mudah menguap dan gampang terbakar sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar. Penggunaan utama dari bensin ini yakni untuk materi bakar kendaraan bermotor.

Sebelum digunakan selaku materi bakar kendaraan, bensin masih mesti dimasak melalui tahap blending. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kualitasnya. Pada tahap ini juga akan ditambahkan zat aditif. Inilah yang membuat bensin mempunyai grade mutu yang berbeda-beda.

2. Solar
Hasil olahan minyak bumi selanjutnya yakni solar. Penggunaan solar yang utama adalah untuk bahan bakar. Dibandingkan dengan bensin, solar lebih gampang didapatkan dan harganya juga lebih terjangkau.

Tidak seperti LPG atau bensin, solar tidak mudah menguap. Kualitas solar diputuskan berdasarkan kestabilan, kekentalan dan aspek pembakarannya.

3. LPG
Olahan minyak bumi berikutnya adalah LPG yang ialah hasil penyulingan gas cair minyak bumi. Di dalam LPG terdapat aneka macam kandungan komponen, diantaranya butana, propana, etana dan pentana.

Sama mirip bensin, LPG juga digunakan untuk bahan bakar. Pemanfaatan LPG terutama untuk materi bakar rumah tangga maupun bahan bakar industri.

Sebelum digunakan, LPG disertakan dengan zat pembau. Tujuannya ialah selaku tanda terhadap penggunanya ketika ada kebocoran. Jika tidak diberikan zat tambahan ini, gas LPG yang bocor mampu berbahaya bagi pengguna sebab mudah terbakar.

4. Aspal
Produk hasil olahan minyak bumi selanjutnya yaitu aspal. Aspal yakni senyawa hidrokarbon yang bersifat kental dan melekat. Aspal lazimnya berwarna coklat kehitaman. Selain bersifat kental, aspal juga bersifat tahan air.

Kegunaan aspal yaitu untuk membuat jalan menjadi lebih halus. Ini alasannya adalah aspal memiliki kesanggupan mengikat batuan sehingga batuan yang menjadi bahan utama pembuatan jalan tidak terlepas. Keunggulan aspal yakni kemampuan menyerap hujan, sehingga ketika hujan air akan diserap secara perlahan.

5. Minyak Tanah
Minyak tanah diperoleh dari fraksi kerosin minyak bumi. Kegunaan minyak tanah juga dimanfaatkan untuk bahan bakar, terutama untuk bahan bakar kompor. Dahulu, minyak tanah merupakan bahan bakar yang terkenal di Indonesia.

Namun, sehabis adanya gas, penggunaan minyak tanah untuk materi bakar kian berkurang. Hal ini salah satunya karena minyak tanah juga mempunyai sifat korosif. Kegunaan minyak tanah tidak cuma untuk bahan bakar saja, namun juga untuk materi pembuat cairan pengusir serangga.

6. Parafin
Selanjutnya ialah parafin yang juga merupakan salah satu olahan minyak bumi. Parafin mempunyai bentuk padat berjulukan lilin parafin. Penggunaan parafin kebanyakan adalah untuk keperluan industri, utamanya industri furniture. Penggunaannya umumnya yakni untuk palpis yang biasanya dalam industri furniture digunakan pada cat atau tinta.

Selain untuk industri furniture, parafin juga banyak digunakan dalam pengerjaan batik. Malam yang merupakan materi dasar membatik terbuat dari bahan dasar parafin. Parafin juga lazim dipakai untuk membuat produk keayuan.

Namun, untuk membuat produk keayuan, Parafin mesti melalui proses pembuatan khusus. Dengan begitu produk keayuan yang mengandung Parafin tidak akan menjadikan efek.

7. Avgas (Aviation Gasoline)
Produk olahan minyak bumi selanjutnya ialah avgas yang mampu dikatakan mirip dengan avtur. Namun, berbeda dengan avtur, avgas hanya dipakai untuk pesawat dengan ruang pembakaran internal dan memiliki jenis mesin piston. Selain untuk bahan bakar pesawat, avgas juga digunakan untuk bahan bakar pesawat tempur dan kendaraan beroda empat balap.

Kualitas Avgas ditentukan menurut jumlah bilangan oktan pada anti ketikannya. Di dalam avgas terdapat kandungan timbal yang notabene menawarkan dampak negatif bagi lingkungan. Namun untuk penggunaannya, timbal dalam avgas dipakai untuk menyingkir dari adanya ketukan pada mesin sehingga nantinya akan mengembangkan bilangan oktan.

Namun kini, tanpa menggunakan timbal, peningkatan bilangan oktan bisa dikerjakan dengan menggunakan etanol. Penggunaan etanol ini terbukti lebih rumah lingkungan.

8. Aviator Turbine (Avtur)
Hasil olahan lain dari minyak bumi yakni aviator Turbine (avtur). Kegunaan dari avtur ini yaitu untuk materi bakar pesawat melayang dengan mesin berjenis turbin. Avtur pada dasarnya yang dibuat dari materi dasar kerosin. Karena itu, avtur memiliki karakteristik yang nyaris sama dengan kerosin.

Avtur memiliki kelebihan alasannya volalitasnya lebih kecil. Volalitas avtur yang lebih kecil mengurangi terjadinya kehilangan bakar bakar alasannya adalah penguapan ketika terbang.

Avtur juga mempunyai kelebihan kandungan energi per volumenya lebih tinggi. Hal ini akan membantu untuk menyalurkan energi sehingga memungkinkan pesawat untuk melakukan perjalanan dengan jarak lebih jauh.

Berdasarkan klarifikasi di atas, berikut ini yaitu ringkasan daftar produk hasil olahan minyak bumi beserta kegunaannya dalam bentuk tabel.
Hasil Olahan Minyak BumiKegunaan
Bensin Bahan bakar
LPG Bahan bakar
Solar Bahan bakar
Aspal Untuk membuat jalan raya
Avtur Bahan bakar pesawat melayang
Avgas Bahan bakar pesawat tempur, Bahan bakar Mobil balap
Parafin Untuk industri furniture, Untuk produk keayuan
Minyak tanah Bahan bakar

Demikian tadi klarifikasi lengkap tentang berbagai hasil olahan minyak bumi beserta manfaatnya. Diharapkan informasi ini akan memberikan tambahan pengetahuan kepada Anda wacana salah satu sumber daya alam ini.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon