Rabu, 01 Januari 2020

Kondisi Iklim Di Negara Belanda

Iklim Negara Belanda - Belanda (Netherland) yakni sebuah negara yang terletak di pesisir Laut Utara. Setengah daerahnya berada di bawah permukaan bahari, sehingga Belanda membuat tanggul yang menjadi penopang utama penggunaan lahan secara efektif. Reklamasi pun terus dijalankan guna memperluas wilayah daratan.

Jika dibandingkan dengan luas New Jersey, maka Belanda berskala dua kali lipatnya. Sebagai bab dari Benua Eropa utara dan barat, Belanda memiliki dimensi maksimum 360 kali 257 km. Ada banyak drainase di negara ini yang bermuara ke sungai-sungai utama sampai menuju Laut Utara.

 adalah sebuah negara yang terletak di pesisir Laut Utara Kondisi Iklim di Negara Belanda

Kondisi Iklim Negara Belanda

Iklim negara Belanda adalah bahari yang dipengaruhi oleh aktivitas perairan di Laut Utara dan Samudera Atlantik. Musim panasnya terasa sejuk, dan trend acuh taacuh suhunya sedang. Temperatur harian ketika siang bervariasi di angka 2°C—6°C ketika animo hambar, dan 17°C—20°C di isu terkini panas.

Meskipun efek angin bahari sampai sampai ke tempat pedalaman, tidak ada perbedaan iklim yang menonjol di beberapa daerah negara ini. Hujan turun sepanjang tahun dengan periode terkering terjadi pada bulan April sampai September. Hampir semua kawasan menerima curah hujan yang serupa.

Curah hujan rata-rata yang terjadi per tahun berkisar di angka 760 mm. Sistem drainase dan konstruksi tanggul yang bagus sangat berperan penting menghalangi terjadinya banjir di negara ini, mengenang sebagian besar wilayahnya berupa dataran di bawah permukaan bahari hasil reklamasi.

Ketika isu terkini gugur, tata cara bertekanan rendah dari Atlantik yang besar lengan berkuasa akan menyebabkan terjadinya angin puting-beliung sampai mengakibatkan cuaca buruk. Terkadang angin timur menjinjing perubahan cuaca yang lebih kontinental, terasa hangat dan kering ketika musim panas, serta cuek cerah saat animo cuek.

Kondisi iklim negara Belanda di beberapa daerah juga dipengaruhi pergerakan angin yang bertiup dari pesisir menuju pedalaman. Pada dasarnya Belanda yaitu negara yang memiliki relief datar, sehingga pergerakan anginnya pun rata.

Sama mirip negara dengan iklim sedang yang lain, Belanda memiliki empat animo yaitu isu terkini masbodoh, musim semi, musim gugur, dan demam isu panas. Musim cuek dengan suhu di bawah 0°C biasa terjadi ketika Bulan Desember hingga Februari.

Sementara itu, trend semi lazimnya datang di bulan Maret—Mei. Di musim inilah bunga khas Belanda, Tulip, bermekaran. Adapun demam isu panas mempunyai temperatur lebih dari 20°C berjalan di bulan Juni—September, sedangkan ekspresi dominan gugur terjadi pada bulan November dengan cuaca hujan angin.

Berdasarkan klasifikasi Koppen-Geiger, iklim negara Belanda terkategorikan sebagai iklim Cfb, adalah iklim lembap yang relatif hangat dengan suhu rata-rata di bulan terhangat lebih rendah dari 22°C, sedangkan suhu rata-rata empat bulan yang lain lebih dari 10°C.

Kondisi Geografis Belanda

Yang mempesona dari kondisi geografis negara Belanda yaitu topografi tanahnya datar. Hampir setengah daerah Belanda berada kurang dari 1 mdpl. Meski demikian, ada juga Provinsi Limburg di bagian tenggara yang memiliki area perbukitan.

Permukaan tertinggi di Belanda ialah Vaalserberg di Provinsi Limburg yang mempunyai ketinggian 321 mdpl. Adapun permukaan terendahnya ialah Nieuwerkerk aan den IJssel yang terletak di bawah permukaan maritim 6,76 meter.

Salah satu konstruksi buatan yang populer di Belanda yaitu epilog tanggul bernama Afsluitdijk. Konstruksi ini memisahkan Danau Ijssel (disebut juga Ijsselmeer atau Zuiderzee) dengan Laut wadden (Waddenzee). Panjang konstruksi tanggul ini meraih 32 km dengan lebar 90 m.

Negara Belanda dialiri oleh beberapa sungai utama, seperti Sungai Rhine, Sungai Maas, dan Schelde. Sungai-sungai ini membelah sebagian kawasan Belanda sebelum risikonya bermuara menuju maritim. Sungai ini pun juga dimanfaatkan guna kegiatan masyarakatlokal, termasuk untuk pembangkit listrik.
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon