Selasa, 07 Januari 2020

Kondisi Iklim Di Negara Indonesia

Iklim Indonesia - Indonesia adalah suatu negara di Asia Tenggara yang berupa negara kepulauan. Negara ini mempunyai jumlah pulau kurang lebih 17.000 pulau, baik itu pulau besar maupun yang kecil.

Cukup banyak pulau di Indonesia yang dilewati oleh Garis Khatulistiwa. Nah, sebab keistimewaan inilah sudah menjinjing pengaruh pada iklim Negara Indonesia. Karena dilalui oleh garis Khatulistiwa maka Indonesia memiliki tipe iklim tropis.

Dilihat secara biasa , Indonesia memiliki beberapa pulau besar yang dihuni oleh orangnya, diantaranya Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. Masing-masing pulau memiliki karakteristik iklim yang berbeda, tergantung seberapa dekatnya pulau tersebut dari garis khatulistiwa.

Kondisi Geografis Indonesia

Indonesia berada pada titik koordinat antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BB. Letaknya berada diantara dua benua, yaitu Benua Australia dan Benua Asia. Indonesia juga berada diantara dua samudera yang luas, ialah Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Ini kemudian juga besar lengan berkuasa pada iklim Negara Indonesia.

Luas wilayah lautan Indonesia lebih luas dibandingkan luas daratannya, ialah 3.257.483 km² untuk luas perairan dan 1.922.570 km² untuk luas daratannya. Karena ini juga Indonesia diketahui selaku negara maritim.

Letaknya yang berada di garis Khatulistiwa tidak hanya besar lengan berkuasa pada pergantian suhu saja tetapi juga perbedaan lama waktu antara siang dan malam. Lama atau durasi siang yang relatif sama sepanjang tahun menciptakan tumbuhan-tanaman di Indonesia bisa tumbuh sepanjang tahun.

Kondisi iklim yang condong stabil sepanjang tahun ternyata juga memiliki dampak pada aspek kehidupan lain di Indonesia. Seperti misalnya pada bidang pertanian. Karena intensitas penyinaran matahari yang melimpah sepanjang tahun, kondisi ini pasti baik untuk pertanian.

Tidak cuma itu, bahkan faktor sosial budaya pun bisa dipengaruhi oleh keadaan iklim negara ini. Karena itu, sangat bersyukur alasannya iklim Indonesia yang seperti ini menenteng banyak keuntungan.

Update data: Januari 2021


Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon