Sabtu, 04 Januari 2020

Kondisi Iklim Di Negara India

Iklim Negara India - India merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Selatan. Iklim Negara India sendiri ialah iklim tropis panas. Negara ini berbatasan dengan beberapa negara lain mirip Nepal, Bhutan, Burma dan Bangladesh.


India terbagi menjadi 3 kawasan geografis, ialah kawasan Himalaya di bab utara dimana terdapat gunung tertinggi di dunia. Wilayah kedua adalah Dataran Gangga dan daerah di bab tengah dan selatan adalah dataran tinggi. India memiliki tiga sistem sungai besar, adalah Gangga, Indus dan Brahmaputra.


 India merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Selatan Kondisi Iklim di Negara India

Bagaimana Iklim di India?

Iklim Negara India diklasifikasikan iklim tropis panas, kecuali negara bab di Utara Himachal Pradesh dan Jammu, Sikkim di perbukitan timur laut dan Kashmir di utara. Negara bab tersebut memiliki iklim yang dipengaruhi benua dan cenderung lebih sejuk.


Bentuk kawasan dari Negara India yang mempunyai topografi tidak lazimini mengakibatkan India mempunyai perbedaan iklim yang signifikan. Negara ini mempunyai jenis iklim tropis dan subtropis dengan perbedaan suhu antara kedua musimnya juga sangat signifikan.


Sebagian besar Negara India mempunyai ekspresi dominan panas yang sungguh panas. Musim panasnya dimulai pada Bulan April, lalu berlanjut hingga awal Oktober dikala hujan monsun mulai turun. Puncaknya yaitu di Bulan Juni dengan suhu mencapai 45°C di daratan barat dan utara, bahkan lebih.


Musim hujan di India bekerjsama juga terjadi pada periode ini. Dimulai pada 1 Juni dikala semestinya menemukan pantai Kerala lalu bergerak lebih jauh menuju pedalaman. Angin ini juga acap kali menjinjing hujan yang sangat lebat sehingga menimbulkan kerusakan dan banjir.


Dataran di utara yang tandus setiap bulan Desember-Januari mengalami gelombang hambar. Suhu minimumnya bahkan bisa turun sampai di bawah 5°C. Namun, suhu maksimum tidak turun sampai lebih rendah dari 12°C.


Jika menganut pada penjabaran Koeppen-Geiger, iklim Negara India terbagi dalam zona yang berlainan. Di bab pantai barat dan timur, diklasifikasikan sebagi iklim Aw. Iklim ini yaitu iklim tropis yang panas. Semua bulan suhunya bisa di atas 18°C. Periode keringnya terjadi di musim hambar.


Sementara itu, di ujung selatan India diklasifikasikan iklim Am. Iklim ini ialah iklim hutan hujan tropis yang panas. Hujan monsun juga terjadi dan semua bulan memiliki suhu di atas 18°C.


India bagian barat bahari dan tengah diklasifikasikan sebagai iklim BSh. Iklim BSh ini yaitu iklim stepa kering. Suhu rata-rata tahunannya berkisar sampai di atas 18°C.

Daerah pegunungan utara India dikelompokkan sebagai iklim Cfa. Iklim ini tergolong iklim sedang dan lembab. Bulan terpanasnya mempunyai suhu rata-rata sampai di atas 22°C.


Kondisi Geografi Negara India

Negara-negara bagian India yang berada di timur maritim dan utara terbentuk oleh Banjaran Himalaya. Sementara wilayah yang lain terdiri atas hamparan Indo-Gangetik yang sifatnya subur. Wilayah sebelah barat yang berbatasan dengan Negara Pakistan bagian tenggara terdapat Gurun Thar.


Semenanjung India di bagian selatan hampir keseluruhannya yakni bab dari hamparan Deccan. Pada kedua sisi hamparan tersebut terdapat banjaran pesisir yang bentuknya berbukit-bukit. Dua banjaran yang dimaksud itu berjulukan Ghats Timur dsb Ghats Barat.


Negara India populer memiliki beberapa sungai besar. Ada Sungai Gangga, Sungai Brahmaputra, Godavari, Yamuna dan Krishna. Adanya sungai-sungai dan keadaan iklim negara India inilah yang menciptakan hamparan-hamparan yang terletak di bab utara India menjadi subur dan cocok dijadikan selaku lahan pertanian.


Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon