Minggu, 05 Januari 2020

Kondisi Iklim Di Negara Australia

Iklim Negara Australia - Australia yakni negara yang letaknya berdekatan dengan Indonesia. Australia sendiri merupakan negara persemakmuran dengan 6 negara bab dan 2 teritorial. Negara ini terletak di satu benua yang juga merupakan benua terkecil di dunia. Iklim negara Australia sedikit unik, karena benua ini sendiri terletak pada 3 kawasan lintang.

Meski berada akrab dengan Indonesia, keadaan iklimnya tidak terpengaruh iklim tropis. Iklimnya pun terbilang stabil. Luas Australia tergolong negara bab yang berada di Pulau Tasmania diperkirakan sama dengan luas Amerika Serikat. Sedangkan Pulau Tasmania berada di lepas pantai tenggara.

 Australia adalah negara yang letaknya berdekatan dengan Indonesia Kondisi Iklim di Negara Australia

Keadaan Iklim Negara Australia

Karena luas daerahnya, keadaan iklim negara Australia berisikan zona iklim several berlawanan. Wilayah bagian Utara iklimnya terpengaruh oleh iklim tropis yang condong lembab dan panas di ekspresi dominan panas. Sementara di trend cuek condong lebih kering dan hangat.

Wilayah Australia bab selatan iklimnya relatif lebih sejuk, musim panasnya sejuk dan di animo cuek seringkali terjadi hujan. Sedangkan untuk musim, kala ekspresi dominan Australia berlawanan dengan kala isu terkini di wilayah bagian bumi utara.

Ketika di daerah kepingan bumi utara sedang trend panas, maka di selatan khatulistiwa sedang musim masbodoh. Begitu pula sebaliknya. Bulan Desember & Januari ialah bulan paling panas di Australia. Sedangkan bulan paling acuh taacuh yakni Juli dan Agustus.

Kondisi iklim Negara Australia di kawasan bab selatan biasanya sedang hingga hangat. Suhu siang di trend panas lazimnya mulai dari 25°-30°C. Sedangkan animo dinginnya bersuhu 5°-10°C. Daerah Pegunungan Alpen Australia dan Pegunungan Tasmania mempunyai iklim pegunungan yang khas.

Biasanya di tempat ini, isu terkini dinginnya lebih masbodoh dengan puncak tertinggi yang tertutup salju sepanjang tahun. Kondisi ekstrim lain namun sangat berlainan terjadi di kawasan gurun dan semak pedalaman yang berada di Australia tengah.

Jika diklasifikasikan menurut iklim Koppen-Geiger, iklim Negara Australia terbagi menjadi enam zona iklim. Bagian di pantai utara memiliki iklim berjenis Aw, yakni iklim tropis panas dimana suhu di semua bulan di atas 18°C, serta periode kering dikala musim cuek.

Sementara kawasan sekitar pantai barat, iklimnya BSh, ialah iklim subtropis yang lebih kering. Suhu rata-rata tahunannya bisa di atas 18°C. Di kawasan tengah iklim gurun BWh. Suhu rata-rata tahunannya di atas 18°C. Sedangkan di bab selatan iklimnya lebih dingin.

Wilayah di pesisir tenggara beriklim Cf. Sementara wilayah yang berada di sekitar Melbourne beriklim Cfb, yang mempunyai bulan terpanas dengan suhu di bawah 22°C. Sedang bulan terdinginnya bersuhu antara 18 sampai -3°C.

Sementara daerah pesisir barat daya beriklim Csb. Periode keringnya dikala ekspresi dominan panas dengan bulan terpanas mencapai di bawah 22°C.

Geografi Umum di Australia

Australia mempunyai luas daratan 7.617.930 km². Lokasinya berada di atas Lempeng Indo-Australia. Benua ini berada diantara Samudera Hindia dan Pasifik. Dari Benua Asia, Australia dipisahkan oleh Laut Timor dan Laut Arafura.

Australia ini ialah negara paling luas keenam jikalau dihitung menurut luas keseluruhan. Keterpencilan dan kepemilikannya menciptakan negara ini disebut dengan 'Negara Benua'. Australia juga diketahui selaku pulau terluas di dunia. 

Garis pantai Australia mempunyai panjang 34.218 km. Panjang ini belum tergolong pulau-pulau yang berada di lepas pantai. Pengakuan ekspansi Zona Ekonomi Eksklusif mencatat luasnya sebesar 8.148.250 km².

Zona ini sendiri tidak tergolong dengan Teritorial Antartika Australia. Sedangkan secara astronomis, Australia berada antara 9°LS-44°LS dan 112°BT-154°BT. Letak ini sendiri tidak termasuk dengan letak Pulau Macquarie.


Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon