Jumat, 03 Januari 2020

Kondisi Iklim Di Negara Perancis

Iklim Negara Perancis - Perancis mempunyai luas wilayah sekitar 80% dari ukuran luas Texas. Wilayah negara ini bersahabat dengan Pegunungan Alpen yang memiliki batas langsung dengan Swiss dan Italia. Di bagian timur laut terdapat Pegunungan Vosges yang tertutupi areal hutan.

Sejatinya Perancis ialah daerah yang didominasi bentang alam berupa cekungan sungai serta dataran tinggi. Kecuali di Perancis utara yang relatif lebih ekstrem. Tiga sungai di Perancis mengalir menuju Selat Inggris, Atlantik, Teluk Biscay, dan Mediterania.

 Perancis mempunyai luas wilayah sekitar  Kondisi Iklim di Negara Perancis

Kondisi Umum Iklim Negara Perancis

Iklim negara Perancis terbagi menjadi empat zona yang cukup luas. Pertama, zona pesisir basah berada di wilayah barat Bayonne-Lille dengan suhu animo panas yang sejuk. Kedua, zona semi kontinental di kawasan pegunungan Alpen, sepanjang Rhodania, dan tempat Alsace-Lorraine.

Ketiga, zona iklim perantara yang memiliki isu terkini cuek sungguh masbodoh dan trend panas cukup terik, ialah di sekitar daerah Paris serta wilayah tengah hingga utara. Keempat, zona Mediterania di sebelah selatan Perancis yang memiliki musim acuh taacuh sejuk sedangkan ketika isu terkini panas cukup terik.

Ada kesempatanhujan turun lebat ketika sedang musim semi, dan ketika demam isu panas tidak jarang terjadi topan petir. Temperatur rata-rata harian berkisar di angka 20°C hingga 26°C pada bulan Mei—Oktober. Musim semi di daerah Paris terasa lebih sejuk dan relatif kering, serta isu terkini gugur lebih panjang.

Bulan terhangat di sebagian besar Perancis adalah Agustus. Suhu rata-rata harian pada bulan ini berada di angka 26°C. Bulan terkering ialah Juli, sedangkan bulan terbasah adalah Oktober dengan rata-rata curah hujan 71 mm. Terkadang terjadi topan dibarengi petir yang cukup besar.

Iklim negara ini khususnya di sekeliling Mediterania mendapatkan banyak penyinaran matahari khususnya selama bulan musim panas. Matahari bersinar rata-rata selama 12 jam dalam sehari. Angin bahari di tempat ini terasa menyegarkan, dan suhu harian sekitar 27°C.

Sementara itu di pesisir Atlantik dan tempat Bordeaux, iklimnya didominasi sejuk dengan suhu rata-rata 11°C ketika musim dingin hingga 27°C abad ekspresi dominan panas. Curah hujan terjadi hampir sepanjang tahun, dengan kelembapan relatif tinggi saat demam isu semi.

Pegunungan Alpen juga masih masuk wilayah Perancis, memiliki suhu rendah dengan animo hambar yang terjadi sepanjang tahun. Terkadang turun salju lebat hingga badai salju. Briancon, daerah yang berada di Alpen bahkan memiliki suhu rata-rata -12°C ketika Januari.

Alpen selatan menawarkan pemandangan yang spektakuler dari ketinggian, meskipun seringkali di tempat ini terjadi angin puting-beliung mahir khususnya dikala animo dingin. Namun ketika ekspresi dominan gugur ialah waktu terbaik bila ingin menikmati cuaca cerah dari ketinggian pegunungan Alpen.

Iklim Perancis Menurut Klasifikasi Koppen-Geiger

Iklim negara Perancis menurut penjabaran Koppen-Geiger sebagian besar tergolong Cfb, yakni iklim lembap yang hangat. Suhu bulan terhangatnya lebih rendah dari 22°C dan rata-rata empat bulan yang lain di atas 10°C.

Namun di daerah pantai selatan Perancis, iklimnya termasuk Csa, yaitu iklim Mediterania dengan musim panas yang kering dan hangat. Ketika musim hambar, terasa sedang dan cukup berair, dengan bulan terhangat di atas 22°C.

Adapun wilayah pegunungan Alpen, tepatnya di Mounainous mempunyai iklim Dfb yang ialah iklim salju basah. Suhu rata-rata bulan terhangatnya berada di atas 10°C sedangkan bulan terdinginnya ada di bawah 13°C.

Kondisi Geografis Negara Perancis

Luas wilayah Perancis secara total yakni 547.030 km persegi dan tergolong negara dengan wilayah paling luas di anggota Uni Eropa, cuma sedikit lebih besar dari Spanyol. Lanskap geografisnya sungguh beragam, mulai dari dataran pantai sampai rangkaian pegunungan yang tersebar.

Puncak tertinggi di negara ini adalah Mont Blanc (4.807 mdpl) yang juga titik paling tinggi se-Eropa Barat. Puncak ini berada di pegunungan Alpen sekaligus menjadi perbatasan alami antara Perancis dengan Italia.


Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon