Jumat, 10 Januari 2020

Kondisi Iklim Di Negara Yaman

Iklim Negara Yaman - Republik Yaman terletak di ujung barat daya Jazirah Arab, tepatnya erat Laut Merah di seberang Ethiopia dan membentang di sepanjang bagian selatan Jazirah Arab di Teluk Aden dan Samudra Hindia. Yaman memiliki batas dengan Arab Saudi di utara dan Oman di timur.

Luas negara ini kira-kira seluas Negara Perancis. Dataran pantai sempit sepanjang 1.130 km di selatan menghalangi tempat pegunungan dan lalu perlahan naik mencapai dataran tinggi. Yuk, mengenal jenis penjabaran iklim Koeppen-Geiger, iklim di negara Yaman diklasifikasikan sebagai iklim BWh (Hot desert climate) adalah jenis iklim gurun yang panas dan kering dengan suhu rata-rata tahunan di atas 18°C.

Geografi Umum Negara Yaman

Wilayah Yaman sebagian besar bergunung-gunung dan lazimnya gersang, meskipun terdapat lahan yang luas dengan curah hujan yang cukup untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Yaman mampu dibagi menjadi 5 daerah geografi, yakni:

  1. Dataran Pantai : Membentang dari utara-selatan yang diketahui sebagai Tihamah (Tihamat Asir)
  2. Dataran Tinggi Barat
  3. Pegunungan Tengah (Dataran Tinggi Yaman)
  4. Dataran Tinggi Timur
  5. Daerah Gurun Timur Laut

Lebar dataran pantai berkisar dari 8 km sampai 65 km. Terdapat morfologi pebukitan dan pegunungan rendah dengan ketinggian 300 m - 1.100 m. Gunung tertinggi di negara Yaman yakni Gunung Al-Nabī Shuʿayb, dengan ketinggian sampai 3.760 meter.

Di Yaman tidak ada ajaran air yang permanen. Curah hujan reguler yang terjadi di beberapa tempat akan mengalirkan air di bagian utara ke arah barat menuju Laut Merah melalui lima anak sungai khususnya, sedangkan ke selatan mengarah ke Teluk Aden dan Laut Arab melalui tiga anak sungai utama.


Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon