Rabu, 12 Februari 2020

Juknis Penyeleksian Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2021

 Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu fokus pembangunan pada Kabi JUKNIS PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI (PILMAPRES) TAHUN 2021


Juknis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Program Diploma Dan Sarjana Tahun 2021. Peningkatan mutu sumber daya insan merupakan salah satu konsentrasi pembangunan pada Kabinet Indonesia Maju. Kualitas sumber daya manusia mampu ditingkatkan lewat penyusunan rencana, pelaksanaan, dan penilaian secara berkala, terprogram, dan tersistem. Sistem Pendidikan Tinggi diperkokoh dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, yang melandasi pengembangan kualitas lulusan melalui acara intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Mahasiswa tidak cuma dibekali wawasan dan keahlian, melainkan juga dua bagian yang menyempurnakan kinerja di kehidupan masyarakat, yaitu hard skills  dan soft skills , karena sinergi di antara keduanya sungguh diharapkan.

 

Kehadiran pengembangan teknologi yang demikian cepat mendorong para lulusan untuk bisa menyesuaikan diri dengan pergantian, bergairahuntuk berguru sepanjang hayat, dan memiliki kepedulian kepada pembangunan yang berkelanjutan. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendorong mahasiswa untuk tidak cuma unggul dalam akademik, namun juga menjadi individu yang inovatif, kreatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.


Sehubungan dengan itu, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertugas untuk menyiapkan kebijakan teknis, melaksanakan, mengawasi, mengevaluasi, dan melaporkan berbagai acara di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan. Salah satu program yang berkaitan dengan peran tersebut yaitu Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres).  Pilmapres bagi peserta Program Diploma mengalami pergeseran pada tahun 2021 ini, yakni mengintegrasikan asesmen banyak sekali kesanggupan yang dibutuhkan di penduduk . Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek wawasan dan kemampuan serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan aksara unggul yang lain. Di samping itu, tata cara pemilihan akan dilakukan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara Perguruan Tinggi Negeri dan PTS, serta berasas keterwakilan daerah yang dilanjutkan dengan pembekalan kemampuan hidup di tahap fi­nal.

 

Sedangkan Pilmapres bagi peserta Program Sarjana mengalami pergantian pada tahun 2021 ini, yakni mengintegrasikan asesmen berbagai kesanggupan yang diperlukan di masyarakat. Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keahlian serta keahlian hidup, di antaranya komunikasi, kerja sama, berpikir kritis, kreativitas, dan abjad unggul yang lain. Di samping itu, sistem penyeleksian akan dijalankan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara PTN dan PTS, serta berasas keterwakilan wilayah yang dilanjutkan dengan pembekalan keterampilan hidup di tahap ­selesai.

 

Semoga Juknis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Program Diploma Dan Sarjana Tahun 2021 di bawah kerjasama Puspresnas, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ini mampu disosialisasikan, diketahui, diterapkan, serta dievaluasi untuk menerima umpan balik dalam rangka kenaikan acara yang berkualitas dan berkelanjutan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap para kontributor dari berbagai akademi tinggi dan pengabdian semua staf Puspresnas. Semoga anutan ini berguna bagi penyelenggaraan Pilmapres.

 

Link download Juknis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Program Sarjana Tahun 2021 (disini)

 

Link download Juknis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Program Diploma Tahun 2021 (disini)

 

Demikian berita wacana Semoga Juknis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Program Diploma Dan Sarjana Tahun 2021. Semoga ada keuntungannya, terima kasih





Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon