Kamis, 13 Februari 2020

Laut Yang Mengelilingi Australia

Negara Persemakmuran Australia merupakan negara yang terdiri dari daratan besar Australia Laut yang Mengelilingi Australia
Negara Persemakmuran Australia merupakan negara yang berisikan daratan besar Australia, pulau Tasmania, sebagian kawasan Antartika, dan beberapa pulau-pulau kecil. Akan tetapi, nama "Australia" sering dipakai untuk merujuk ke daratan besarnya. Dalam hal luas wilayah, Australia ialah negara terluas ke-6 di dunia, dan Ke-1 di daerah Oseania.

Total luas perairan bahari Australia ternyata lebih besar dari luas daratan khususnya. Muncul pertanyaan, maritim-maritim apa saja yang mengelilingi daratan Australia tersebut, atau bagaimana batas maritim Australia? simak penjelasan lengkapnya.


Australia yaitu sebuah pulau yang memiliki batas dengan tiga lautan luas dunia adalah Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Selatan. Berdasarkan bahari-bahari yang lebih kecil, negara ini memiliki batas dengan Laut Arafura di utara, Laut koral di timur maritim, Samudra Pasifik Bagian Selatan di timur, Laut Tasman di tenggara, Samudra Selatan di selatan, dan Laut Timor di barat laut.

Jika kita membagi Australia menurut wilayahnya maka perairan yang memiliki batas dengan Wilayah Utara dan Australia Barat adalah Samudera Hindia, sedangkan Australia Barat, Australia Selatan, dan Victoria memiliki batas dengan Samudra Selatan. Queensland dan New South Wales berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan Tasmania terletak di Samudra Selatan. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat dalam Peta Australia.

Perairan Pantai Australia
Perairan pesisir mengacu pada sabuk air yang memanjang tiga mil dari pantai Australia. Perairan pesisir dianggap selaku bab dari kawasan daratan, yang meliputi permukaan maritim, dasar maritim, dan wilayah udara.

The Offshore Constitutional Settlement Acts of 1980 menawarkan pedoman ihwal pengelolaan perairan pesisir, tergolong penggunaan sumber daya seperti perikanan dan pertambangan di kawasan teritorial pesisir suatu negara.


Laut Teritorial Australia
Teritorial Laut Australia merupakan hamparan air yang mengelilingi negara ini sejauh 12 mil bahari. Wilayah kedaulatan Australia meluas sampai pada batas ini, dari dasar maritim sampai kawasan udaranya.

Di bawah hukum internasional, terusan ilegal ke perairan ini disebut selaku pelanggaran kedaulatan, dan Australia mempunyai hak untuk menghukum siapapun yang masuk ke maritim teritorialnya tanpa izin.

Akan tetapi, hukum internasional juga menunjukkan pemikiran tentang bagaimana penggunaan laut teritorial oleh jalur kapal gila yang tidak mengetahui batas teritorial tersebut. Pulau-pulau kecil di Australia mempunyai batas bahari teritorial sekitar tiga mil dari garis pantainya.

Zona Bersebelahan Australia
Zona Bersebelahan Australia ialah hamparan air yang memanjang sampai batas maksimum 24 mil dari garis pantai. Meskipun zona ini bukan bab dari daerah Australia, negara ini mampu melaksanakan tindakan untuk menghukum dan mencegah pelanggaran undang-undang bea cukai, fiskal, imigrasi, dan sanitasi.

Zona Ekonomi Eksklusif Australia
Zona Ekonomi Eksklusif Australia (ZEE/EEZ) membentang 200 mil dari garis pantainya. Di zona ini, Australia mempunyai hak untuk mengeksplorasi, mengeksploitasi, melestarikan, serta mengelola semua sumber daya alam yang ada mulai dari permukaan maritim sampai di dasar laut. Yurisdiksi ini tidak tergolong kawasan udara di atas laut tersebut, jadi Australia tidak memiliki hak mengganggu pesawat yang ada di dalam zona tersebut.

Negara lain tidak boleh masuk ke zona ekonomi eksklusif tanpa izin dari Australia. Sebagian besar negara mengeksploitasi ZEE-nya untuk kepentingan bikinan energi dari arus laut, angin, gelombang laut, membuat pulau produksi, serta observasi kelautan.

Perjanjian tentang Batas Maritim Australia berisi persetujuan dengan negara lain atas penggunaan zona, utamanya ketika batasnya tumpang tindih dengan negara lain. Di Australia, zona tumpang tindih diketahui juga sebagai Zona Memancing Australia. Total luas zona ekonomi langsung Australia yaitu lebih dari 3,14 juta mil persegi, yang artinya area tersebut lebih luas dari daratan Australia sendiri.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon