Rabu, 05 Februari 2020

Sifat-Sifat Nitrogen Dan Pemanfaatannya

 Nitrogen yang berada di alam dalam bentuk senyawa Sifat-Sifat Nitrogen dan Pemanfaatannya
Sifat Nitrogen dan Manfaatnya - Nitrogen yang berada di alam dalam bentuk senyawa, ialah salah satu unsur penting dengan jumlah lumayan banyak tersedia di bumi. Berbentuk gas yang mengisi sekitar 78% atmosfer bumi, lazimnya sifat Nitrogen adalah tidak berwarna dan tidak berbau. Yuk, mengenal sifat-sifat Nitrogen lengkap dengan pemanfaatannya yang mampu dilihat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Daftar isi


Nitrogen Sebagai Unsur dan Senyawa

Pada tabel periodik bagian kimia, Nitrogen berada di urutan ke tujuh, dimana berada diantara unsur karbon dan oksigen. Hal penting yang mesti dimengerti disini bahwa Nitrogen ialah sebuah komponen atau unsur murni, sedangkan bila di alam Nitrogen akan senantiasa hadir sebagai senyawa. Nitrogen sebagai senyawa yang menyanggupi bumi dan keberlangsungannya sungguh ditentukan oleh proses Siklus Nitrogen.

Nitrogen memiliki tugas yang penting bagi keberlangsungan hidup makhluk di bumi. Sifat molekul murni unsur ini yakni tidak berbau dan tidak reaktif. Namun, jika dikombinasikan dengan unsur lain, molekul ini jadi mempunyai sifat reaktif, seperti yang terjadi pada senyawa Amonia (NH3).

Setiap komponen yang didapatkan di bumi, baik itu bagian yang alami maupun unsur bikinan memiliki sifat masing-masing yang membedakannya dengan komponen lain. Begitu pula dengan Nitrogen ini juga memiliki sifat dan karakteristik khas yang membedakannya dengan unsur-unsur lainnya. Sifat-sifat Nitrogen dapat dimengerti dengan 2 cara yakni dari Sifat Kimia dan Sifat Fisisnya.

Sifat Kimia Nitrogen

Seperti yang telah disebutkan di atas, Nitrogen memiliki sifat yang membedakan dengan senyawa lain. Salah satunya yakni sitat kimia yang dimiliki oleh Nitrogen. Nah, berikut ini adalah sifat-sifat kimia yang dimiliki oleh Senyawa Nitrogen.

1. Unsur yang Kurang Reaktif
Seperti yang telah sedikit disebutkan sebelumnya, molekul Nitrogen yang masih alami cenderung bersifat kurang reaktif. Nitrogen ini bersifat tidak beracun serta tidak bisa menyebabkan kebakaran apalagi menambahpembakaran. Sifat ini juga berlaku saat Nitrogen berada pada keadaan suhu yang rendah. Dalam keadaan suhu rendah, Nitrogen akan sukar bereaksi dengan membuatkan unsur lain, kecuali bagian Lithium.

Namun berlawanan jikalau molekul Nitrogen yang masih alami bereaksi atau dikombinasikan dengan komponen atau senyawa lain, maka akan memiliki sifat yang lebih reaktif mirip yang terjadi pada unsur Amonia (NH3). Selain itu, Nitrogen akan mampu bersifat reaktif dikala berada pada suhu tinggi, ialah akan bereaksi dengan logam alkali serta alkali tanah.


2. Praktis Menguap
Sifat selanjutnya yang dimiliki oleh Nitrogen yaitu gampang menguap. Karena sifatnya ini, Nitrogen juga dikenal mirip dengan Oksigen. Apabila berada di suhu kamar, maka Nitrogen akan gampang menguap. Berbeda dengan Nitrogen yang berbentuk cair, yang mempunyai rentang suhu yang memungkinkannya untuk tetap berada pada keadaan cair.

3. Bersifat Asphyxiant
Berikutnya, Nitrogen juga mempunyai sifat Asphyxiant. Artinya, sifat ini yakni siat dimana Nitrogen mengambil alih Oksigen yang mempunyai peran sungguh penting dalam proses metabolisme dan respirasi makhluk hidup yang ada di bumi.

Gas yang bersifat Asphyxiant ini kalau terpapar pada makhluk hidup bisa menjadikan efek yang sangat berbahaya. Gas Asphyxiant bersifat tidak berbau, yang membuat orang yang menghirupnya tidak sadar jikalau telah menghirup gas ini. Akibatnya, akan meningkatkan kadar CO2 dalam tubuh.

4. Bersifat Inert
Sifat kimia terakhir yang dimiliki oleh Nitrogen yaitu bersifat Inert. Maksudnya, Nitrogen terbentuk dari 5 elektron. Dimana, tiga elektron diantaranya dipakai untuk berikatan pada unsur N lainnya, sampai kemudian terbentuklah ikatan rangkap tiga dengan sitat yang sangat stabil.

Sifat Fisis Nitrogen

Selain mempunyai sifat kimia, Nitrogen juga mempunyai sifat fisis. Sifat fisis ini yakni sifat yang mampu dilihat dan diukur. Sama seperti jenis senyawa lainnya, sifat fisis Nitrogen juga berlawanan dengan sifat fisik yang dimiliki oleh senyawa lain yang ada di bumi. Nah, sifat fisis Nitrogen tersebut dapat diterangkan dalam tabel berikut:
Sifat Fisis Nitrogen
Simbol N
Nomor Atom 7
Berat Atom 14,007
Berat Jenis 1,251 g/L pada 0°C
Fase pada suhu kamar Gas
Klasifikasi Gas (Bukan Logam)
Titik didih -195,79°C / -320,33°F
Titik Leleh -210,00°C , -346,00°F
Sifat kimia senyawa Tidak berwarna dan Tidak berbau

Manfaat Nitrogen dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain sifat, hal lain yang harus dikenali ihwal Nitrogen ialah manfaatnya. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Nitrogen merupakan gas yang mengisi 78% atmosfer bumi.

Dalam kehidupan sehari-hari, Nitrogen mempunyai faedah yang cukup penting. Seperti beberapa faedah Nitrogen yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai Pendingin (Refrigerant)
Manfaat Nitrogen yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ialah dipakai selaku fefrigerant atau pendingin. Untuk mendapatkan faedah ini digunakan Nitrogen cair guna membuat suhu rendah. Biasanya faedah ini banyak dipakai dalam dunia kedokteran. Misalnya untuk pembekuan sperma, embrio atau sampel jaringan hidup lain dalam waktu yang relatif lama. Dalam hal ini Nitrogen memiliki titik didih -195°C dan titik lebur -210°C.

2. Pengawetan Makanan dan Minuman
Nitrogen memiliki suhu yang sangat rendah yang sungguh bermanfaat untuk pengawetan kuliner dan minuman. Penggunaan Nitrogen dimaksudkan untuk menciptakan atmosfer yang sudah dimodifikasi dan diaplikasikan bersama dengan karbon dioksida. Hal ini sangat berguna untuk menghalangi makanan dari kerusakan oksidatif sehingga menciptakan makanan atau minuman bisa tetap tersadar dalam kondisi segar.

Tak hanya itu, suhu Nitrogen yang relatif rendah sungguh berperan penting dalam mencegah perkembangan bakteri pada makanan yang mampu menjadikan proses pembusukan. Dengan begitu masakan akan lebih tahan lama dan tidak mudah membusuk.

3. Manfaat di Bidang Dermatologi
Nitrogen ternyata juga menjinjing manfaat dalam bidang dermatologi. Biasanya Nitrogen dipakai untuk aben kutil ataupun tumor kulit yang sifatnya jinak dengan memakai Nitrogen cair. Dengan penggunaan Nitrogen ini akan menunjukkan keunggulan alasannya bekas luka yang ditinggalkan nantinya relatif lebih sedikit.

4. Manfaat Nitrogen di Bidang Industri
Bidang industri juga banyak mempergunakan sifat Nitrogen untuk menghasilkan produk industri bermutu. Seperti misalnya dalam industri pengerjaan baja, Nitrogen dimanfaatkan untuk membuat produk baja anti karat serta produk baja yang lain. Dengan proses penganilan akan membuat pengolahan baja menjadi lebih gampang.

Tidak hanya digunakan dalam industri baja untuk menghasilkan baja anti karat, Nitrogen dalam bentuk gas juga dimanfaatkan pada proses laser-cutting. Sifat tidak gampang bereaksi yang dimiliki oleh Nitrogen dimanfaatkan untuk menghasilkan hasil pemotongan laser yang higienis dan rapi serta tidak meninggalkan bekas pembakaran yang menghitam. Hal ini akan menciptakan produk yang pastinya berkualitas lebih baik.

5. Penggunaan Nitrogen untuk Elektronik
Bidang elektro memakai manfaat Nitrogen utamanya dalam industri manufaktur. Manfaatnya yang utamanya pada kerja internal komputer. Nitrogen dipakai untuk mencegah komputer-komputer yang dipakai biar tidak terjadi pemanasan berlebih setelah dipakai dalam waktu yang usang dan penggunaan terus menerus.

6. Penggunaan di Bidang Transportasi
Nitrogen juga banyak dimanfaatkan dalam bidang transportasi, khususnya untuk transportasi udara. Nitrogen dipakai untuk menciptakan terowongan angin High Reynolds. Terowongan ini diciptakan untuk tujuan menurunkan tekanan serta kecepatan angin.

Nitrogen merupakan salah satu senyawa dengan jumlah paling banyak di atmosfer bumi. Sebagai salah satu jenis senyawa, Nitrogen memiliki sifat yang pastinya berbeda dengan senyawa lainnya. Informasi ihwal sifat-sifat Nitrogen beserta manfaatnya di atas supaya mampu memberikan pengetahuan lebih perihal senyawa penyusun paling besar atmosfer ini.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon