Berikut ini Latihan atau Contoh Soal Tes Online atau Tertulis Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi
1. Kebijakan pendidikan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bermaksud untuk ....
A. Menambah pengetahuan dan kompetensi guru sesuai dengan sertifikasinya
B. Meningkatkan hasil mencar ilmu siswa secara optimal
C. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru madrasah melalui acara pengembangan diri , publikasi ilmiah, dan karya inovasi.
D. Melaksanakan acara renstra
2. Kebijakan Pendidikan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bermaksud untuk....
A. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru madrasah melalui aktivitas pengembangan diri , publikasi ilmiah, dan karya penemuan.
B. Menambah wawasan dan kompetensi guru sesuai dengan sertifikasinya
C. Meningkatkan hasil mencar ilmu siswa secara optimal
D. Melaksanakan program renstra
3. Sasaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yakni....
A. Madrasah-madrasah seluruh Indonesia
B. Kepala Madrasah
C. Tenaga kependidikan madrasah
D. Guru-guru madrasah melalui moda KKM
4. Penyelenggaraan PKB dengan Moda KKM ialah untuk membangun tata cara PKB yang akrab dengan guru dan daerah tugasnya, dan secara lebih besar, membangun masyarakat belajar yang efektif, terarah, dan berkelanjutan bagi ....
A. Guru-guru
B. Guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah
C. Para kepala madrasah
D. Para pengawas madrasah
5. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional ialah….
A. Digunakan sebagai dasar perbaikan mutu pembelajaran
B. Digunakan selaku penilaian untuk penentuan nilai individu
C. Diberikan di simpulan jenjang selaku penentuan kelulusan siswa
D. Diberikan untuk menganggap prestasi pendidikan setiap daerah
6. Dalam Asesmen Nasional pemetaan faktor pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan lewat….
A. Survei huruf
B. Survei lingkungan mencar ilmu
C. Asesmen Kompetensi Minimum
D. Survei mutu sekolah
7. Salah satu instrumen Asesmen Nasional yaitu survei abjad. Dalam pelaksanaannya survei huruf mempunyai tujuan utama ialah….
A. Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
B. Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut perilaku, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
C. Mengukur hasil mencar ilmu secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
D. Mengukur kesanggupan akademik siswa dilihat dari nilai simpulan siswa sebagai penentu kualitas sekolah
8. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional yaitu….
A. Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat simpulan
B. Ujian Nasional dilaksanakan selama 1 ahad sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari
C. 👍Ujian Nasional dikerjakan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
D. Ujian Nasional dijalankan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dijalankan secara daring
9. Arah acara Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini untuk mampu memperkecil jarak antara ….
A. Pengetahuan, kemampuan yang mereka miliki sekarang dengan permintaan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu
B. Keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki kini dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu
C. Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki kini dengan tuntutan ke depan yang berhubungan dengan profesinya itu
D. Pengetahuan, keahlian, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki kini dengan permintaan profesinya itu
10. Dimensi kompetensi dalam Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah (APKGM) ....
A. Menguasai karakteristik Tenaga Kependidikan dari aspek fisik, sopan santun, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
B. Menguasai teori berguru, versi-versi pembelajaran, teknik dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
C. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
D. Menyelenggarakan pembelajaran yang mengutamakan aspek prestasi dan profesi
Saat ini Anda sedang membaca Contoh Soal Tes Online atau Tertulis Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga mampu menambah wawasan.
11. Untuk mengukur dan menganggap kinerja kepala madrasah sebagaimana dikelola dalam Juknis 1111/2019 diharapkan perangkat penilaian kinerja yang meliputi antara lain:
A. Juknis, Instrumen hasil analisis rekomendasi, Instrumen prioritas, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah
B. Juknis, Instrumen, Portopolio, Rubrik Penilaian dan Format kesepakatan hasil Penilaian
C. Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah
D. Laporan hasil PKKM, Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap keperluan PKB Kepala Madrasah, Berita acara dan Jadwal PKKM
12. Sesuai PMA 58/2017 dan Permendiknas 13 tahun 2007 bahwa Kepala Madrasah mesti selalu melaksanakan penemuan dalam menggerakkan dinamika madrasah. Kompetensi kepala Madrasah yang revelan ialah kompetensi kewirausahaan yakni :
A. Menciptakan penemuan yang berkhasiat bagi pengembangan madrasah.
B. Bekerja keras untuk meraih kesuksesan madrasah selaku organisasi pembelajar yang efektif.
C. Memiliki motivasi yang berpengaruh untuk berhasil dalam melaksanakan peran pokok dan fungsinya selaku pemimpin
D. Selalu melakukan improvisasi dan memperkuat networking
13. Yang tidak tergolong karakteristik kepala madrasah yang inovatif dalam implementasi gerakan membangun madarasah yakni ....
A. Mengerjakan tugas dengan cara yang tidak konvensional
B. Menemukan masalah dan memecahkannya dengan cara yang tidak linier
C. Lebih terpesona pada hasil dari pada proses
D. Senang pada pekerjaan yang bersifat rutin dan kesepakatan
14. Kompetensi kepala madrasah yang urgen dalam mencapai mutu madrasah yang jago dan bermartabat yakni kompetensi manajerial. Sebagai manajer maka kepala madrasah mempunyai ciri-ciri selaku berikut, kecuali :
A. Menciptakan pergantian yang berpengaruh
B. Adanya kemauan yang besar lengan berkuasa untuk mengganti situasi oleh diri sendiri
C. Mengedepankan team work dan rancangan dari tim
D. Membangun harga diri, memantapkan pelaksanaan program yang disokong dengan jadwal yang terang dan instumen yang terukur
15. Ada beberapa bagian yang terlibat secara sinergis dalam pelaksanaan PKB Moda KKM ialah ....
A. Kankemenag, pengawas, kepala madrasah, dan guru sebagai penduduk pembelajar secara berkesinambungan
B. Kankemenag, pengawas, komite, kepala madrasah, dan guru sebagai penduduk pembelajar secara berkesinambungan
C. Pengawas, Kepala madrasah, dan guru sebagai penduduk pembelajar secara berkelanjutan
D. Pengawas, Komite, dan guru selaku masyarakat pembelajar secara berkelanjutan
16. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
A. Teks berita dan teks fiksi
B. Teks prosedur dan teks prosedur kompleks
C. Teks pengamatan dan teks deskripsi
D. Teks tentang dan teks argumentasi
17. Salah satu dari aktivitas pelaksanaan asesmen peningkatan kompetensi guru madrasah :
A. Membuat rancangan berita perihal guru pada dimensi kompetensi pedagogik dan sumber daya insan
B. APKGM yang merupakan bab dari evaluasi kompetensi guru tidak menjadi bahan pendapatpenyusunan kebijakan dalam memperlihatkan penghargaan dan apresiasi kepada guru
C. APKGM selaku upaya analisis komepetnsi guru dalam menguasai materi didik
D. Mendapatkan peta kompetensi guru yang hendak menjadi materi usulandalam menentukan jenis pelatihan profesional guru yang mesti diikuti oleh guru dalam program pengembangan keprofesian berkesinambungan (PKB)
18. Guru Rani menawarkan pembelajaran perihal contoh pada barisan bilangan dan konfigurasi objek hal ini merupakan konten pembelajaran….
A. Bilangan
B. Pengukuran dan geometri
C. Aljabar
D. Data dan ketidakpastian
19. Asesmen numerasi untuk tingkat MTS, terdapat berapa level pembelajaran….
A. 1 level pembelajaran
B. 2 level pembelajaran
C. 3 level pembelajaran
D. 4 level pembelajaran
20. Guru Sandi menawarkan suatu bacaan sastra, kemudian Guru Sandi meminta siswanya untuk menganalisis perubahan pada peristiwa, aksara, setting, alur kisah serta konflik yang terjadi. Hal yang dilaksanakan oleh Guru Sandi merupakan bab dari tingkat kognitif dalam asesmen literasi yakni….
A. Menemukan berita
B. Memahami berita
C. Mengevaluasi dan merefleksi
D. Menyusun inferensi
Saat ini Anda sedang membaca Contoh atau Latihan Soal Calon Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga mampu menambah wawasan.
21. Kebijakan dan seni manajemen yang akan ditempuh Kementerian Agama dalam merencanakan dan mengimplementasikan banyak sekali program layanan pendidikan berciri khas agama Islam yang mampu diakses, dengan jaminan mutu, serta kesesuaian dengan talenta minat dan kekhasan setiap anak bangsa merupakan ....
A. Tujuan Grand Design Madrasah
B. Pengertian Grand Design Madrasah
C. Prinsip Grand Design Madrasah
D. Strategi Grand Design Madrasah
22. Dalam implementasinya aktivitas PKB guru terdapat 3 jenis Moda PKB ialah :
A. Moda PPKB Wilayah, Kabupaten/Kota, dan KKM
B. Moda PPKB Pusat, Wilayah, dan MGMP
C. Moda PKB Pusat, Moda PKB Wilayah, dan Moda PKB KKM
D. Moda PPKB Pusat, Kota/Kabupaten, dan MGMP
23. Guru Ratna menunjukkan suatu teks berita kepada siswanya lalu Guru Sandi meminta siswanya menerangkan pandangan baru pokok dan beberapa inspirasi penunjang pada teks info, hal yang dilaksanakan Guru Ratna tergolong dalam aktivitas kognitif literasi adalah….
A. Menemukan gosip
B. Memahami info
C. Mengevaluasi dan merefleksi
D. Menilai mutu dan dapat dipercaya berita
24. Guru Reza meminta siswanya untuk menilai kesesuaian penyeleksian warna, tata letak, dan pendukung visual yang dipakai oleh penulis dalam menyampaikan pesan. Dalam asesmen literasi hal yang dikerjakan oleh guru Reza merupakan tingkat kognitif literasi ialah….
A. Menemukan info
B. Memahami berita
C. Menyusun inferensi
D. Mengevaluasi dan merefleksi
25. Berbagai pihak yang terlibat secara sinergis dalam pelaksanaan PKB Moda KKM, yakni ....
A. Kankemenag, pengawas, kepala madrasah, dan guru selaku masyarakat pembelajar secara berkesinambungan
B. Kankemenag, pengawas, komite, kepala madrasah, dan guru sebagai penduduk pembelajar secara berkelanjutan
C. Pengawas, Kepala madrasah, dan guru selaku masyarakat pembelajar secara berkelanjutan
D. Pengawas, Komite, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan
26. Peran penting kepala madrasah dalam kegiatan proses pembelajaran ialah :
A. Memfasilitasi guru dalam melaksanakan peran mengajar
B. Melakukan proses pembimbingan terhadap guru
C. Mengembangkan kurikulum yang tepat dan tanggap terhadap keperluan siswa
D. Menjamin adanya komunikasi yang bagus dengan guru
27. Diantara tugas dan peran KKM dalam kegiatan PKB yakni ….
A. Memantau dan mengecek pelaksanaan PPKB madrasah
B. Mendorong terjadinya komunitas belajar bagi madrasah
C. Membina dan melaksanaan PPKB di madrasah
D. Menentukan kebijakan pelaksanaan PPKB di madrasah
28. Berikut ini yang tidak tergolong faedah dari instrument monitoring dan penilaian pelatihan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), kecuali:
A. Mengetahui reaksi akseptor relevansi dan efektivitas pelatihan
B. Alat monitoring bagi fasilitator untuk menentukan semua data dan instrumen akseptor OJL lengkap
C. Reaksi penerima untuk WI memperbaiki proses pembinaan saban hari
D. Perbaikan diri fasilitator
29. Konsep cara berpikir guru dengan murid Millenial ialah sebagai berikut:
A. Murid lebih aktif daripada guru
B. Guru lebih banyak menjelaskan ke murid dengan banyak sekali macam materi
C. Guru lebih aktif daripada murid
D. Guru menawarkan bahan di papan tulis sesuai dengan silabus yang berlaku
30. Yang tidak termasuk syarat lazim calon kepala madrasah menurut PMA 58 tahun 2017 adalah ....
A. Berusia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pertama kali diangkat
B. Memiliki pengalaman mengajar paling singkat 9 (sembilan) tahun sedangkan untuk calon Kepala Madrasah pada Madrasah di kawasan terdepan, terluar, dan tertinggal mempunyai pengalaman mengajar paling singkat 4 (empat) tahun
C. Memiliki kesanggupan baca tulis Al qur’an
D. Memiliki akta pendidik
Saat ini Anda sedang membaca Contoh Soal Tes Online atau Tertulis Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga mampu menambah pengetahuan.
31. Dalam keseharian di forum pendidikan, kerapkali ditemukan sekolah/madrasah mempunyai standar ganda dalam impelementasi peraturan, untuk guru berbeda berbeda pula untuk akseptor asuh berlainan. Atau dalam implementasi terjadi inkonsistensi penerapan hukuman alasannya lemahnya akad sekolah/madrasah. Penerapan taktik penguatan pendidikan yang perlu ditekankan dalam pelaksanaaan di sekolah/madrasah yaitu:
A. Pendidikan abjad berbasis kelas
B. Pendidikan huruf berbasis budaya sekolah/madrasah
C. Pendidikan abjad berbasis Masyarakat
D. Pendidikan huruf berbasis budaya kelompok/komunitas
32. Yang termasuk prinsip umum pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan adalah ....
A. Diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskrimiatif dengan menjunjung tinggi hak asasi insan, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa
B. Diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan tata cara tertutup
C. Diselenggarakan selaku suatu proses pensejahteraan guru
D. Diselenggarakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar
33. Kepala Madrasah sebagaimana amanah PMA 58/2017 yakni berperan central dalam mengembangkan aspek manajerial madrasah. Dengan manajemen Kepala madrasah yang mumpuni dan baik maka yang andal akan gampang tercapai. Ciri-ciri manajerial kepala madrasah yang bagus, kecuali ....
A. Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang aman dan kreatif bagi pembelajaran akseptor latih
B. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya insan secara optimal
C. Mengelola korelasi madrasah dan penduduk dalam rangka pencarian derma ide, sumber mencar ilmu, dan pembiayaan madrasah
D. Mengelola peserta ajar dan tenaga kependidikan secara sesuai kriteria
34. Penyelenggaraan PPKB dengan Moda KKM yaitu untuk membangun sistem PPKB yang akrab dengan guru dan tempat mengajarnya, dan secara lebih besar, membangun penduduk mencar ilmu yang efektif, terarah, dan berkesinambungan bagi....
A. Guru-guru
B. Para kepala madrasah
C. Para pengawas madrasah
D. Guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah
35. Arah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) ini untuk dapat memperkecil jarak antara … .
A. Pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan tuntutan ke depan yang berhubungan dengan profesinya itu.
B. Pengetahuan, keahlian yang mereka miliki kini dengan tuntutan ke depan yang berkaitan dengan profesinya itu.
C. Keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan permintaan ke depan yang berhubungan dengan profesinya itu.
D. Pengetahuan, keahlian, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan permintaan profesinya itu.
36. Untuk mengukur dan menilai kinerja Kepala Madrasah diharapkan Perangkat evaluasi kinerja yang mencakup, antara lain:
A. Juknis, Instrumen, Portopolio, Rubrik Penilaian dan Format persetujuan hasil Penilaian
B. Juknis, Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas, Instrumen rekap keperluan PKB Kepala Madrasah
C. Instrumen hasil analisis nasehat,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah
D. Laporan hasil PKKM, Instrumen hasil analisis rekomendasi,Instrumen pioritas PKB, Instrumen rekap kebutuhan PKB Kepala Madrasah, Berita acara dan Jadwal PKKM
37. Dibawah ini yang tidak termasuk selaku alat Monitoring dan Evaluasi dalam pembinaan PKKM dan PKB Kepala Madrasah ialah:
A. Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi akseptor dan fasilitator pelatihan, Chek list pelaksanaan diklat, Uji Kompetensi, instruimen monitoring OJL, Instrumen PKKM
B. Pre test, Pos test, Bull eye, Uji Kompetensi(UK), Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi
C. Pre test, Pos test, Bull eye, smile face,, Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Evaluasi peserta dan fasilitator pembinaan,Pelaporan dan dokumentasi
D. Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi peserta dan fasilitator pembinaan, Instrumen pendampingan Kepala Madrasah, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi
38. ntuk menilai tingkat ketercapaian kompetensi pada penilaian PKB BPU RKJM/ RKAM, Tagihan yang perlu dinilai adalah:
A. Hasil review dan identifikasi kekurangan bagian RKJM/ RKAM menurut SNP dan SPM serta analisis konteks (EDM)
B. Hasil analisis konteks (EDM) dan RKJM
C. Hasil review dan kenali kelemahan bagian RKJM/ RKAM berdasarkan SNP dan SPM dan dokumen RKJM
D. Dokumen EDM dan RKJM
39. Dibawah ini yang tidak termasuk sebagai alat Monitoring dan Evaluasi dalam training PKKM dan PKB Kepala Madrasah ialah:
A. Perbedaan pertimbangan senantiasa disikapi dengan budaya kekerasan dan menutup kesempatan mengemukakan kritik yang Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi penerima dan fasilitator pembinaan, Chek list pelaksanaan diklat, Uji Kompetensi, instruimen monitoring OJL, Instrumen PKKM
B. Pre test, Pos test, Bull eye, Uji Kompetensi(UK), Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi
C. Pre test, Pos test, Bull eye, smile face,, Quality of Training, instruimen monitoring OJL, Evaluasi akseptor dan fasilitator pelatihan,Pelaporan dan dokumentasi
D. Pre test, Pos test, smile face, Evaluasi peserta dan fasilitator pembinaan, Instrumen pendampingan Kepala Madrasah, instruimen monitoring OJL, Pelaporan dan dokumentasi
40. Berikut ini termasuk faedah dari instrument Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), kecuali:
A. Mengetahui reaksi akseptor relevansi dan efektivitas pembinaan
B. Reaksi Peserta-Untuk WI memperbaiki proses pelatihan saban hari
C. Perbaikan diri fasilitator
D. Alat monitoring bagi Fasilitator untuk memutuskan semua data dan instrumen penerima ojl lengkap
Saat ini Anda sedang membaca Contoh Soal Tes Online atau Tertulis Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga mampu memperbesar pengetahuan.
41. Manakah diantara acara numerasi berikut yang termasuk dalam konten aljabar?
A. Memahami contoh pada barisan bilangan dan konfigurasi objek
B. Menghitung volume berdiri ruang dan luas permukaan
C. Memahami bilangan cacah optimal 6 angka
D. Menentukan dan memakai mean, median, modus
42. Guru Cleo memperlihatkan soal teks dan didapatkan siswa mampu mengintegrasikan beberapa berita teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut mampu dikategorikan dalam kelompok….
A. Perlu intervensi khusus
B. Dasar
C. Cakap
D. Mahir
43. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan rancangan matematika dan memberikan penyelesaian yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong siswa untuk….
A. Menyelesaikan soal sesuai desain matematika
B. Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
C. Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik
D. Memahami fakta, mekanisme, serta alat matematika
44. Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 58 Tahun 2017 pada pasal 17 ayat 5 mengamanatkan wacana Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) meliputi ....
A. Pengembangan Madrasah, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Manajerial
B. Pengembangan Madrasah, Kepribadian Sosial, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Manajerial
C. Pengembangan Madrasah, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Akademik
D. Pengembangan Madrasah, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervise Manajerial, Kepribadian Sosial dan Kepemimpinan
45. Penguatan Pendidikan Karakter dapat dilakukan dengan langkah-langkah ....
A. Mengintegrasikan proses pembelajaran di dalam kelas lewat isi kurikulum dalam mata pelajaran, baik itu secara tematik maupun terintegrasi
B. Memperkuat manajemen kelas dan opsi metodologi dan evaluasi pengajaran
C. Mengembangkan muatan setempat sesuai dengan kebutuhan kawasan
D. Meningkatkan wawasan wacana karakter
46. Manakah di antara materi berikut ini yang menunjukkan relasi antara numerasi dengan mata pelajaran IPA MI/MTS atau Fisika MA ?
A. Menghitung persentase pajak
B. Menghitung luas segitiga dan bundar
C. Mengurutkan bilangan cacah
D. Membandingkan berat aneka macam benda
47. Bahan pembelajaran utama (BPU) yaitu salah satu bentuk diklat dalam pengembangan diri pada PKB KS/M. BPU berbentuk buku yang memuat lima bagian, yakni:
A. Penjelasan Umum BPU, Metode Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Penilaian
B. Penjelasan Umum BPU, Kegiatan Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Evaluasi
C. Penjelasan Umum BPU, Kegiatan Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Penilaian
D. Penjelasan Umum BPU, Model dan tekhnik Pembelajaran, Lembar Kerja, Bahan Bacaan, Penilaian
48. Lima nilai utama aksara yang perlu dikembangkan sebagai prioritas Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter yakni: 1) Religius 2) Nasionalis 3) Mandiri 4) Gotong Royong 5) Integritas Dari lima nilai utama aksara yang merupakan budaya kerja kementeriaan agama adalah.....
A. Religius
B. Nasionalis
C. Mandiri
D. Integritas
49. Dalam keseharian di forum pendidikan, kerapkali ditemukan sekolah/madrasah mempunyai standar ganda dalam impelementasi peraturan, untuk guru berbeda berlainan pula untuk peserta asuh berbeda. Atau dalam implementasi terjadi inkonsistensi penerapan sanksi sebab lemahnya kesepakatan sekolah/madrasah. Penerapan strategi penguatan pendidikan yang perlu ditekankan dalam pelaksanaaan di sekolah/madrasah yakni:
A. Pendidikan karakter berbasis kelas
B. Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah/madrasah
C. Pendidikan Karakter berbasis Masyarakat
D. Pendidikan Karakter berbasis budaya golongan/komunitas
50. Perhatikan macam-macam kegiatan PPKB berikut:
I. Membuat publikasi buku
II. Mengikuti diklat fungsional
III. Membuat publikasi ilmiah atas hasil observasi
IV. Melaksanakan aktivitas kolektif guru
V. Menemukan/membuat karya seni
VI. Mengikuti pengembangan pentusunan kriteria, fatwa, soal dan sejenisnya
Kegiatan yang termasuk dalam pengembangan diri adalah ....
A. I dan II
B. II dan III
C. II dan IV
D. IV dan VI
Saat ini Anda sedang membaca Contoh Soal Tes Online atau Tertulis Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga dapat memperbesar wawasan.
51. Setiap guru madrasah berhak menerima kesempatan untuk menyebarkan diri yang perlu diimplementasikan secara teratur, sistematis, dan berkelanjutan. Untuk menyingkir dari kemungkinan pengalokasian peluang pengembangan yang tidak merata, proses penyusunan PPKB mesti dimulai dari madrasah. Pernyataan di atas merupakan ...
A. Prinsip PPKB
B. Pengertian PPKB
C. Komponen PPKB
D. Perencanaan PPKB
52. Kegiatan pengembangan diri yang meliputi diklat fungsional dan aktivitas kolektif guru mesti memprioritaskan keperluan guru. Kebutuhan tersebut meliputi antara lain ... kecuali:
A. Kompetensi penyusunan RPP
B. Penguasaan bahan dan kurikulum
C. Penguasaan teknologi informatika
D. Penguasaan pengelolaan keuangan madrasah
53. Kebijakan dan seni manajemen yang mau ditempuh Kementerian Agama dalam menyiapkan dan mengimplementasikan banyak sekali acara layanan pendidikan berciri khas agama Islam yang dapat diakses, dengan jaminan kualitas, serta kesesuaian dengan talenta minat dan kekhasan setiap anak bangsa ialah ....
A. Pengertian Grand Design Madrasah
B. Tujuan Grand Design Madrasah
C. Prinsip Grand Design Madrasah
D. Strategi Grand Design Madrasah
54. Menyediakan peta arah bagi pengembangan madrasah selama lima tahun ke depan dalam rangka peningkatan saluran, kualitas, dan relevansi layanan pendidikan terhadap warga negara ialah ....
A. Strategi Grand Design Madrasah
B. Langkah-langkah implementasi Grand Design Madrasah
C. Tujuan Grand Design Madrasah
D. Prinsip-prinsip Grand Design Madrasah
55. Tiga jenis Moda PPKB, yaitu ....
A. Moda PPKB Pusat, Wilayah, dan KKM
B. Moda PPKB Wilayah, Kabupaten/Kota, dan KKM
C. Moda PPKB Pusat, Wilayah, dan MGMP
D. Moda PPKB Pusat, Kota/Kabupaten, dan MGMP
56. Unsur-bagian yang terlibat secara sinergis dalam pelaksanaan PPKB Moda KKM, adalah ....
A. Kankemenag, pengawas, kepala madrasah, dan guru sebagai masyarakat pembelajar secara berkelanjutan
B. Kankemenag, pengawas, komite, kepala madrasah, dan guru selaku masyarakat pembelajar secara berkesinambungan
C. Pengawas, Komite, dan guru selaku penduduk pembelajar secara berkelanjutan
D. Pengawas, Kepala madrasah, dan guru selaku masyarakat pembelajar secara berkesinambungan
57. Peran kepala madrasah dalam proses pembelajaran yakni ....
A. Mengembangkan kurikulum yang cocok dan tanggap kepada kebutuhan siswa
B. Memfasilitasi guru dalam melakukan tugas mengajar
C. Melakukan proses pembimbingan kepada guru
D. Menjamin adanya komunikasi yang baik dengan guru
58. Kepala madrasah sebagai eduaktor melaksanakan tugas ....
A. Membimbing guru
B. Membimbing karyawan
C. Membimbing siswa
D. Semua benar
59. PMA nomer 2 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa Pengawas Madrasah bertugas ....
A. Membina dan membimbing guru
B. Membimbing Kepala Madrasah
C. Membimbing siswa
D. Membimbing dan membina kepala madrasah dan guru
60. Yang tergolong peran pemerintah tempat Kab./Kota dalam pelaksanaan PPKB adalah ….
A. Menyetujui program kerja PPKB dari pengawas madrasah
B. Mengusulkan planning PPKB lewat KKM
C. Mengusulkan rencana PPKB lewat Kanwil
D. Mengusulkan planning pembiayaan PPKB Kab./Kota
Demikian posting wacana Saat ini Anda sedang membaca Contoh Soal Tes Online atau Tertulis Calon Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kabupaten/Kota dan Provinsi. Semoga ada keuntungannya untuk dapat memperbesar wawasan.
Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com
EmoticonEmoticon