Kamis, 09 Juli 2020

Cara Registrasi Isbn Untuk Penerbit Gres

Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru

Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru. ISBN berfungsi sebagai identitas sebuah buku yang mau diterbitkan. Selain itu, ISBN juga mampu menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi.

Pernahkah Anda menyaksikan barcode yang terdapat di belakang sebuah buku? Barcode tersebut merupakan tanda Internasional Standard Book Number (ISBN) yang diberikan oleh pemerintah untuk penerbit yang mau mengedarkan buku. ISBN berfungsi selaku identitas suatu buku yang mau diterbitkan. Selain itu, ISBN juga mampu menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi.

Bagaimana Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru. Untuk penerbit gres, ada beberapa hal yang perlu disediakan untuk mendaftarkan ISBN. Anda mampu mengorganisir pengajuan ISBN lewat online dengan berkas kriteria yaitu surat pernyataan yang diberi materai 6000, akta pendirian lini penerbitan, dan Memorandum of Understanding (MoU). Scan semua berkas tersebut dan unggah dikala mendaftar ISBN secara online.

Berikut mekanisme pendaftaran ISBN via online:
·        Kunjungi laman isbn.perpusnas.go.id dari browser.
·        Klik pada pilihan Daftar Online di halaman utama.
·        Selanjutnya pada Step 1 Anda mesti mengisi jenis penerbit yang Anda ingin daftarkan. Di bawahnya ada sajian untuk mengunggah scan surat pernyataan yang sudah dibubuhi materai 6000 dengan format file PDF.
·        Kemudian unggah scan file legalitas berupa sertifikat pendirian dari notaris juga dalam format PDF.
·        Setelah semua terisi, klik Next di bab kanan atas.
·        Pada Step 2 Anda diminta mengisi data perusahaan penerbitan yang hendak didaftarkan meliputi nama penerbit, username dan password (untuk log in sesudah mendaftar akun), alamat, nama admin, email, dan telepon. Klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.
·        Di Step 3 Anda akan diminta mengisi alternatif kontak yang bisa dihubungi. Ada kolom situs web juga untuk menyertakan laman penerbitan Anda. Di bab bawah ada pertanyaan yang harus Anda jawab untuk proses verifikasi. Setelah akhir klik Next.
·        Setelah itu Anda akan menerima pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda telah berhsil. Selanjutnya Anda diminta menelepon nomor 081382265800 untuk memvalidasi akun Anda. Cek email dan Anda akan mendapatkan tautan untuk verifikasi.
·        Proses daftar online cuma bisa dikerjakan pada hari kerja Senin-Jumat kecuali libur nasional.
·        Setelah akun Anda terverifikasi, Anda mampu log in dengan username dan password yang tadi Anda daftarkan.
·        Klik sajian Daftar ISBN di hidangan kafe bagian atas.
·        Anda akan diminta mengisi data buku seperti judul, tahun terbit, jumlah halaman, tinggi, kategori, jenis, dan media. Selain itu Anda juga diminta mengunggah berkas pengajuan yang mencakup surat permohonan di atas kertas kop surat dan ditandatangani pimpinan penerbitan dan distempel, halaman judul, balik halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Jadikan satu file berkas-berkas tersebut dengan format PDF berskala tak lebih dari 2 megabyte.
·        Setelah simpulan seluruhnya, klik Kirim. Anda akan menerima pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda diterima. Selanjutnya petugas akan menyelidiki kelengkapan berkas dan ISBN akan diterbitkan jika semua dinyatakan lengkap.
·        Untuk pengajuan berkas buku belum dewasa, Anda hanya perlu mengunggah surat permintaan, halaman judul dan cover, serta balik halaman judul. Ketiganya discan jadi satu dengan format PDF yang tak lebih dari 2 megabyte.
·        Untuk buku berjilid, Anda mampu menyertakan informasi di menu unggah berkas pengajuan. File yang diharapkan untuk buku berjilid adalah surat permohonan, halaman judul, balik halaman judul, kata pengirim , daftar isi. Scan kelima file tersebut dan jadikan satu dalam format PDF kurang dari 2 megabyte.
·        Di akun Anda akan ada isu sejauh mana pendaftaran ISBN Anda sudah diproses. Jika dinyatakan belum lengkap, akan timbul bagian mana yang mesti diperbaiki.
Demikian informasi perihal Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru. Semoga ada keuntungannya.





Sumber https://carahiba.blogspot.com


EmoticonEmoticon