Jumat, 10 Juli 2020

Garis Khatulistiwa (Ekuator) Yaitu Pembagi Bumi Potongan Utara Dan Selatan, Ini Pemahaman Lengkapnya

Garis khatulistiwa ialah garis imajiner yang membagi Bumi ke bagian bumi utara dan serpihan bumi selatan. Nama lain Garis khatulistiwa yakni ekuator (equator). Panjang garis khatulistiwa sekitar 24.901,5 mil (40.075 kilometer) melintasi benua Amerika Selatan dan Afrika, serta sejumlah pulau dan samudera.

Total ada sekitar 14 negara yang dilewati garis khatulistiwa diantaranya yaitu Ekuador, Columbia, Brazil, Gabon, Sao Tome dan Principe, Kongo, Zaire, Uganda, Kenya, Somalia, Maladewa, Kiribati, dan Indonesia sendiri.


Selain pengertian garis khatulistiwa yang sudah disebutkan di atas, beberapa hebat juga mendefenisikannya selaku berikut:

  1. Garis khatulistiwa yaitu garis imajiner membagi bumi menjadi dua bagian yang serupa adalah pada 0° lintang.
  2. Garis khatulistiwa adalah suatu zona inter tropis konvergensi (ITCZ) dimana angin yang tiba dari dua arah bertemu di sekitar kawasan garis tersebut. Zona konvergensi untuk kedua angin yang bertemu ini berikutnya akan bergerak ke utara dan selatan dengan perubahan termal dari khatulistiwa.
  3. Garis khatulistiwa ialah tempat dimana sinar matahari senantiasa tegak lurus kepada permukaan bumi. Garis khatulistiwa yang seperti ini lazimdisebut sebagai ekuator termal.
  4. Garis khatulistiwa yakni lingkaran besar bumi yang bidangnya tegak lurus dengan sumbu bidang geomagnetik. Ini diketahui selaku ekuator magnetik bumi.

Garis khatulistiwa adalah garis imajiner yang membagi Bumi ke belahan bumi utara dan belah Garis Khatulistiwa (Ekuator) adalah Pembagi Bumi Belahan Utara dan Selatan, Ini Pengertian Lengkapnya
Gambar garis khatulistiwa yang melalui beberapa kawasan di dunia.

Cakupan lokasi garis khatulistiwa (ekuator) ini ditunjukkan di banyak area, sehingga memungkinkan kita untuk berada di setiap cuilan bumi. Wilayah geografis di sekitarnya diketahui sebagai kawasan khatulistiwa yang memiliki jenis iklim tertentu. Iklim tropis ialah salah satu penciri utama daerah yang dilewati garis ini.


Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon