CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA MOTOR VESPA. Vespa yaitu merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, yakni Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, kini otomatis Vespa selaku motor skuter konvensional tidak memiliki tentangan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak menunjukkan potensi terhadap Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (utamanya Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai dikala ini. Vespa juga termasuk alat angkutanyang irit, alasannya adalah harganya yang relatif murah tetapi tetap berkualitas.
Bagaimana Pengapian pada Vespa? Yu simak klarifikasi terkait Pengapian pada Vespa. engapian pada Vespa juga memiliki efek pada laju motor bahkan mampu-mampu motor gak mampu hidup lho, susah starter motor, kendala pengapian umumnya berada pada stelan platina yang gak bener, mampu juga salah satu perangkat pengapian mirip busi, koil, platina, kondensor, spul pengapian ada yang telah gak patut pakai atau mati.
Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, berikut ini penjelasannya
![]() |
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA |
![]() |
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 2) |
Cara kedua Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Koil. Koil yang layak pakai bila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke mesin kira-kira 5-8 mm masih ada letupan api berwarna biru, kalau percikan atau letupan api tidak berwarana biru, tapi berwarna merah, ini memiliki arti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang telah lemah, letupan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.
![]() |
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 3) |
Cara ketiga Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm memakai obeng min, perlu di ingat bahwa penyetelannya jangan di ketok alasannya adalah ini akan mepersingkat umur pakai platina sebab antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berhubungan dengan keadaan kondensator.
![]() |
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 4) |
Cara keempat Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa Periksa Kondensator. Pemeriksaan kondensator amatlah gampang apabila terjadi letupan api di platina, ini dikarenakan kondensator telah tidak pantas pakai, ganti kondensor atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator di double dengan ukuran kondensor yang sama yakni 2 farad.
Cara kelima atau terakhir Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa dengan melakukan cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai atau mesti ganti yang gres, tanda spul pengapian rusak, umumnya kumparan spul lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila seluruhnya stabil maka wajib menyelidiki nap pur atau ketepatan pengapian tetapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, lihat juga keadaan rotor, masih manis atau tidak, ukuran nap pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
Demikian informasi Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, Semoga bermanfaat bagi vesva mania.
Sumber https://carahiba.blogspot.com
EmoticonEmoticon