Senin, 31 Agustus 2020

Pemerintah Menetapkan 1 Ramadhan 1436 H Jatuh Pada Hari Kamis 18 Juni 2015

Kementerian Agama Republik Indonesia sudah memutuskan awal puasa atau 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada hari Kamis18 Juni 2015. Pemerintah memutuskan awal puasa sesudah melakukan sidang isbat yang digelar di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada hari Selasa 16/6/2015 sore ini.

Hal itu seperti klarifikasi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang beritanya dilansir 1 Ramadhan adalah Kamis lusa.

"Semua penerima sidang isbat bisa menyetujui bahwa dikala ini hilal tidak mampu dilihat, tidak terlihat , maka bulan Syakban dilengkapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian 1 Ramadhan baru akan jatuh pada esok lusa, tepatnya Kamis, 18 Juni 2015," ucap Lukman.

Sidang didatangi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin beserta perwakilan puluhan organisasi penduduk berbasis massa Islam.

Sebelum sidang dimulai, para akseptor dan tamu seruan mendengar pemaparan dari pakar ilmu astronomi utusan Planetarium dan Observatorium Jakarta, Badan Hisab dan Rukyat Kemenag, serta mendengar laporan dari para petugas yang didelegasikan memperhatikan hadirnya bulan baru.

Sidang isbat berlangsung sekitar satu jam. Seluruh rangkaian program selama sidang digelar tertutup untuk peliputan media.
Sumber https://ghost-ships.blogspot.com


EmoticonEmoticon