Rabu, 02 September 2020

Inilah Faedah Sig Dalam Mitigasi Tragedi Beserta Tahapannya

Banyak sekali pemanfaatan ilmu Geografis dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk memprediksi dan penanganan petaka. Untuk mengenali kapan terjadinya petaka bukan hal yang gampang. Namun dengan adanya SIG, kemungkinan datangnya bencana mampu diketahui melalui evaluasi data. Salah satu manfaat SIG dalam mitigasi tragedi adalah memprediksi ketinggian air pada peristiwa banjir.

SIG atau Sistem Informasi Geografis memang sudah usang dikenal dan dimanfaatkan di Indonesia. Dalam arti sempit SIG diartikan selaku tata cara komputer yang memilik kemampuan membangun, menyimpan, dan mengelola serta menampilkan info geografis berdasarkan lokasinya dalam database.

Selain manfaat SIG dalam mitigasi tragedi serta perencanaan tata kota, SIG juga berperan dalam inventarisasi sumber daya alam baik itu sumber daya alam yang mampu diperbaharui maupun sumber daya alam yang tidak mampu diperbarui.

SIG menghasilkan data mengenai sebuah daerah menurut kenampakan objek bumi secara geografis. Dalam SiG terdapat 5 komponen utama adalah perangkat keras, perangkat lunak, pemakai, data, dan user. Data dalam metode informasi geografis dibagi menjadi 2, yakni:

  • Data Spasial ialah data grafis yang mengidentifikasi lokasi geografi berupa titik, garis, dan area. Data spasial diperoleh dari peta yang disimpan dalam bentuk digital atau numerik.
  • Data Atribut yaitu data yang merupakan klarifikasi dari fenomena yang ada di paras bumi. Data ini berfungsi menjelaskan gejala geografis alasannya mempunyai faktor kualitatif dan kuantitatif.

Dalam observasi, SIG banyak dimanfaatkan untuk mengetahui tempat yang beresiko bencana alam. SIG membantu memberikan data dan memilih beberapa wilayah di Indonesia yang termasuk tempat rawan tragedi beserta jenis tragedi yang mampu saja terjadi. Misalnya, untuk kawasan Jawa, sungguh potensial mengalami bencana gempa sebab dilalui oleh lempengan samudra dan benua. Selain itu banyaknya gunung berapi aktif yang ada di Jawa juga menimbulkan kesempatangempa vulkanik dan tsunami.

Dengan data yang akurat, maka manfaat SIG dalam mitigasi peristiwa dan penanganannya mampu lebih maksimal. Mitigasi sendiri diartikan selaku serangkaian upaya untuk meminimalkan resiko musibah melalui pembangunan fisik, peningkatan kesadaran, dan kesanggupan menghadapi bencana alam. Proses mitigasi bencana sangat penting agar kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam mampu diminalisir sehingga tidak jatuh korban dari pihak masyarakat sekitar.

Manfaat SIG dalam mitigasi bencana mempunyai tugas yang sungguh penting bagi Indonesia. Sebagai salah satu negara yang beresiko peristiwa, pelaksanaan mitigasi peristiwa menjadi hal yang mutlak sehingga hadirnya bencana bisa diprediksi kapan dan wilayah mana yang mempunyai dampak kerusakan terbesar. Beberapa jenis tahapan acara mitigasi bencana diantarnya :
  • Pengenalan dan pemantauan risiko petaka sejak dini
  • Penerapan dan pembentukan upaya baik fisik maupun non fisik untuk proses penanggulangan peristiwa
  • Identifikasi dan pengenalan kepada sumber ancaman atau bahaya yang datang ketika peristiwa
  • Pemantauan terhadap pengelolaan sumber daya alam yang ada di lokasi beresiko peristiwa
  • Pemantauan terhadap penggunaan teknologi tinggi untuk pencegahan tragedi
  • Pengawasan kepada pelaksanaan tata ruang dan pengelolaan lingkungan hidup sehabis bencana

Begitu pentingnya manfaat SIG dalam mitigasi tragedi, sehingga penggunaan teknologi terkini wajib ditingkatkan. Teknologi ialah salah satu aspek penting yang mensugesti hasil SIG.

Semakin tinggi teknologi yang digunakan maka data yang dihasilkan akan semakin akurat. Hal ini pastinya membuat lebih mudah proses mitigasi bencana. Data yang ada bisa digunakan untuk beberapa keperluan yang berhubungan dengan proses mitigasi bencana.

Penggunaan SIG memang lebih diketahui sebagai salah satu alat dalam pelestarian sumber daya alam. Namun faktanya banyak manfaat SIG dalam mitigasi peristiwa, beberapa diantaranya ialah:
  • Menghitung seberapa luas daerah yang terkena bencana alam
  • Mengantisipasi datanganya musibah berikutnya
  • Merencanakan pembangunan kembali tempat sehabis tragedi
  • Mengetahui seberapa besar dampak peristiwa pengikisan
  • Memprediksi ketinggian air banjir pada daerah yang mengalami peristiwa
  • Memprediksi seberapa besar pengaruh tragedi kekeringan pada daerah tragedi

Salah satu manfaat SIG yang sangat diperlukan ketika ini yakni untuk memprediksi ketinggian banjir. Pada beberapa lokasi yang riskan banjir, dengan adanya SIG akan sangat menolong dalam proses pencegahan efek peristiwa yang lebih besar.

Masyarakat juga harus sadar akan pentingnya mitigasi peristiwa sehingga mereka lebih siap saat peristiwa tiba, khususnya banjir pada saat musim hujan sekarang ini. Setelah mengenali data SIG barulah beberapa rencana penanggulangan banjir bisa segera dijalankan.

SIG menjadi salah satu hasil teknologi yang mampu dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Manfaat SIG dalam mitigasi peristiwa nyatanya mampu mengatasi dan mengurangi imbas musibah yang hendak terjadi. Selain itu pegawanegeri pemerintah dan penduduk jadi lebih siap dalam menghadapi tragedi yang bantu-membantu sulit diprediksi.

Dengan adanya SIG, semua persoalan tragedi bisa terselesaikan dengan segera. Selain itu kesadaran penduduk akan pentingnya mitigasi tragedi pun mesti ditingkatkan agar penanggulangan tragedi mampu lebih maksimal. Dengan demikian, hal ini akan meminimalkan adanya korban jiwa.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon