Senin, 23 November 2020

Mengenal Tipe Mineralisasi Emas Sulfida Rendah

Hai teman geologinesia jumpa lagi kita dalam pembahasan mengenai mineralisasi emas sulfida. Setelah sebelumnya kita membicarakan mengenai mineralisasi emas sulfida tinggi, maka untuk postingan kali ini kita akan membicarakan perihal tipe mineralisasi emas sulfida rendah (Au Low Sulfidation).

Emas sulfida rendah intinya terbentuk sama dengan mineralisasi emas di metode porfiri. Untuk lebih gampang memahaminya, geologinesia akan membagi emas sulfida jenis ini menjadi 2 macam ialah:

  1. Emas-Kuarsa Sulfida Rendah (Au-Quartz Low Sulfidation)
  2. Emas serta Logam Dasar Dalam Batuan Karbonat

Baca juga: Mineralisasi Emas-Tembaga Sulfida Tinggi


Emas-Kuarsa Sulfida Rendah (Au-Qz Low Sulfidation)

Emas-kuarsa sulfida rendah terbentuk di tatanan tektonik yang berkaitan dengan sistem porfiri yaitu umumnya terbentuk di busur vulkanik, hanya sedikit didapatkan di busur belakang. Mereka terbentuk pada tahap tamat sistem porfiri atau proses intrusi yang terdapat di sekeliling intrusi porfiri.

Kenampakan emas sulfida ini di lapangan mampu berbentukurat kuarsa maupun breksi dengan tebal beberapa sentimeter sampai beberapa meter. Kuarsa di metode ini umumnya bentuknya garang serta banyak mengandung mineralisasi sulfida seperti pirit, kalkopirit, galena, sfalerit, arsenpirit, hematit maupun magnetit berbentuk kristal indah.

Disini emas diendapkan melalui proses pemanasan (boiling) maupun oleh pencampuran larutan sisa magma juga air meteorik (air dalam batuan). Jenis cebakan mineralisasi emas tipe ini adalah berbentuklode emas kuarsa epitermal.

Contoh cebakan jenis ini di Indonesia ada di Arinem (Garut), Cikondang (Cianjur), Jampang (Jawa Barat), Bengkayang (Kalimantan Barat), serta Kokap (Kulon Progo).

Baca juga: Mineralisasi Emas-Tembaga Porfiri dan Skarn


Berdasarkan beberapa teori para ahli geologi, dihasilkan versi sistem hidrotermal yang berhubungan dengan pembentukan endapan mineral epitermal emas sulfida tinggi maupun sulfida rendah.

Sistem emas sulfida rendah diasumsikan berada disisi struktur vulkanik. Garis titik-titik memperlihatkan jalur penguapan bermuatan gas, sedangkan garis putus-putus memperlihatkan fatwa perlahan ke bawah udara teroksidasi air asam sulfat (Giggenbach, 1992).

Hai sobat geologinesia jumpa lagi kita dalam pembahasan mengenai mineralisasi emas sulfida Mengenal Tipe Mineralisasi Emas Sulfida Rendah
Gambar tekstur banded penciri emas sulfida rendah.

Emas dan Logam Dasar di Batuan Karbonat (Au Carbonate Base Metal)

Emas maupun logam dasar dalam batuan karbonat terbentuk pada busur volkanik serta letaknya lebih akrab ke permukaan dari intrusi porfiri. Endapan ini umumnya berasosiasi bareng diatrema tufa atau breksi hidrotermal, atau mampu juga di kubah akhir tektonik (endogenous dome).

Breksi ialah batuan yang sungguh penting alasannya adalah lazimnya akan selalu berasosiasi dengan pembentukan bijih emas. Breksi berupa batuan klastik tersusun oleh fragmen batuan yang diikiat oleh matriks. Mineral-mineral hidrotermal umumnya mengisi rongga-rongga antar fragmen.

Baca juga: Genesa Pembentukan Emas berdasarkan Ilmu Geologi

Hai sobat geologinesia jumpa lagi kita dalam pembahasan mengenai mineralisasi emas sulfida Mengenal Tipe Mineralisasi Emas Sulfida Rendah
Kenampakan mineralisasi logam dasar dalam batuan karbonat.

Model endapan ini terbentuk alasannya adalah pencampuran larutan sisa magma bersama air dalam batuan kaya CO2 akrab permukaan. Kenampakan emas sulfida rendah di lapangan mampu berbentukstockwork maupun breksi karbonatan.

Jenis endapan yang biasanya terjadi pada model cebakan mirip ini diantaranya yakni lode emas kuarsa epitermal. Prospek cebakan endapan versi ini banyak terdapat di Kelian (Kalimantan Timur) juga di Ajibarang (Jawa Tengah).
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon