Sabtu, 14 November 2020

Peta Geologi Bungku Morowali : Lengkap Dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik Dan Struktur

Geologi Lembar Bungku - Di bawah ini merupakan ringkasan (resume) dari Geologi Regional Lembar Bungku, Morowali yang terdiri atas fisiografi, stratigrafi, serta struktur geologi. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi bisa anda peroleh pada tautan yang disediakan di bawah gambar peta. Pergunakan peta geologi ini secara bijak, khususnya untuk kepentingan perkembangan pendidikan geologi di Indonesia.

Lihat juga: Peta Geologi Obi Halmahera

Berkaitan dengan resume regional dalam postingan ini, akan lebih baik bila anda mengambil peta geologinya secara eksklusif serta menyaksikan sendiri informasi lengkapnya pada bagian atribut peta. Sesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Bungku, Morowali ini.

 Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi bisa anda dapatkan pada tautan ya Peta Geologi Bungku Morowali : Lengkap dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik dan Struktur
Gambar Peta Geologi Bungku Morowali Sulawesi Tengah.


Fisiografi Bungku

Morfologi di kawasan Lembar Bungku mampu dibagi menjadi lima satuan, adalah dataran rendah, dataran menengah, pebukitan menggelombang, kras serta pegunungan. Morfologi dataran rendah umumnya mempunyai ketinggian antara 0-50 m mdpl. Morfologi dataran menengah menempati daerah sekitar Desa Tokolimbu juga Tosea.

Sedangkan morfologi pebukitan menggelombang, berketinggian antara 100 - 400 m mdpl dan morfologi karst, memiliki ketinggian antara 400-800 m mdpl, dicirikan oleh adanya pebukitan kasar, sungai bawah tanah maupun dolina. Pola Aliran Sungai lazimnya meranting. Beberapa sungai mempunyai pola hampir sejajar, yaitu S. Bahudopi, S. Bahumahoni juga S. Wosu.

Stratigrafi Lembar Bungku

Satuan batuan di Lembar Bungku mampu dikelompokkan atau diposisikan dalam dua mendala, yakni Mendala Banggai-Sula dan Mendala Sulawesi Timur (Sukamto, 1975a).
  1. ALUVIUM (Qa) : lumpur, lempung, pasir, batu, serta kerakal.
  2. FORMASI TOKALA (TRJt) : perselingan batugamping klastika, batu pasir sela, wake, serpih, napal, lempung pasiran dengan sisipan argilit.
  3. FORMASI NANAKA (Jn) : konglomerat, batupasir mikaan, serpih dan lensa batubara.
  4. FORMASI MASIKU (JKm) : batusabak, serpih, flit, batupasir, batugamping dengan buncak rijang. Batusabak, berwarna kelabu hingga coklat kehitaman, berlapis baik, padat.
  5. FORMASI SALODIK (Tems) : kalsilutit, batugamping pasiran, napal, batupasir juga rijang.
  6. FORMASI MATANO (Km) : kalsilutit, napal, serpih dan rijang. Kalsilutit, berbutir halus, berwarna kelabu, padat-keras, lapisannya baik, tebal lapisan berkisar antara 10 - 15 cm.
  7. FORMASI TOMATA (Tmpt) : perselingan batupasir konglomerat, batulempung, tufa dengan sisipan lignit.
  8. KOMPLEKS ULTRAMAFIK (Ku) : harzburgit, lherzolit, wehrlit, websterit, serpentinit, dunit, diabas dan batuan gabro.

Tektonika dan Struktur Geologi

Struktur utama di lembar Bungku berupa patahan (sesar) dan lipatan. Sesar meliputi sesar turun, sesar geser, sesar naik maupun sesar sungkup. Penyesaran disangka berjalan sejak Mesozoikum. Lipatan yang terdapat di Lembar ini termasuk lipatan terbuka, tertutup, maupun pergentengan.

Kekar terdapat dalam nyaris semua satuan batuan, namun terutama dalam batuan beku maupun batuan sedimen Mesozoikum. Sejarah pengendapan batuan sedimen serta perkembangan tektonik di Lembar Bungku disangka sungguh dekat hubungannya dengan pertumbuhan Mendala Banggai-Sula yang telah terkratonkan pada akhir Paleozoikum.

Demikian Resume dari Peta Geologi Bungku Morowali beserta tautan peta-nya yang mampu geologinesia berikan. Besar harapan kami, semua peta geologi yang diberikan disini mampu dipergunakan sebaik-baiknya. Jika ada tautan peta yang rusak, mohon dapat diinfokan lewat kolom komentar. Kami akan berupaya untuk memperbaikinya.
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon