Kamis, 26 November 2020

Ternyata Magma Yakni Batuan Cair Yang Berperan Dalam Penciptaan Insan

Apa itu Magma?

Hai sobat geologinesia, untuk postingan kali ini saya akan membicarakan tentang magma dan relevansinya dengan penciptaan insan, kok bisa?? ini penjelasannya!!. Menurut ilmu geologi, magma yaitu batuan cair (molten rock) yang berada di bawah permukaan bumi dan sering mengumpul di dalam suatu ruang yang disebut dapur magma (magma chamber). Magma terdiri atas kristal tanggung dan gelembung gas yang sangat panas dengan suhu rata-rata berkisar antara 700 sampai diatas 1300 derajad celcius.


Perlu diketahui bahwa batuan beku yang ialah nenek moyang dari semua jenis batuan terbentuk dari magma. Lingkungan pembentukan magma sungguh berafiliasi dengan komposisinya. Lingkungan pembentukan magma dapat terjadi di zona subdaksi, continental rift, mid-oceanic ridges, dan hotspot, bahkan beberapa mahir menafsirkannya sebagai "mantle plumes". Komposisi magma dapat meningkat sehabis terjadinya kristalisasi fraksional, kontaminasi, dan pencampuran magma.

Pencarian lain yang berafiliasi dengan postingan ini adalah pengertian magma, intrusi magma, magma yaitu, perbedaan magma lava dan lahar, ekstrusi magma, bentuk dan gambar intrusi magma, erupsi magma.

 untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai magma dan hubungannya dengan penciptaa Ternyata Magma adalah Batuan Cair yang Berperan Dalam Penciptaan Manusia
Gambar magma dan siklus batuan.

Bagaimana Magma Terbentuk?

Umumnya bumi terbagi atas 3 lapisan, yakni inti, mantel, dan kerak. Inti bumi yakni sentra superheated, mantel bumi ialah lapisan tengah bumi, dan kerak bumi ialah lapisan atas dimana kita hidup dikala ini. Magma terbentuk dalam cara yang berlawanan-beda alasannya adalah sungguh dipengaruhi oleh perbedaan suhu, tekanan, dan bentuk struktur di kerak maupun mantel bumi.


Secara sederhana, magma mampu terbentuk sebab peluruhan materi akhir suhu dan tekanan yang tinggi di bawah permukaan. Adanya suhu dan tekanan yang tinggi di bawah permukaan bumi tersebut sungguh berafiliasi dengan teori gradien thermal dan fokus berlebihan bagian radioaktif di dalam inti, mantel, dan kerak bumi.

Bagaimana Magma ke Permukaan?

Pertanyaan yang timbul yakni, bagaimana caranya magma yang berada di bawah permukaan bumi mampu keluar ke permukaan?. Magma dapat keluar dari batas mantel atas dan kerak dalam 2 cara adalah intrusi magma dan ekstrusi magma. Intrusi dapat membentuk fitur seperti dike dan xenolith, sedangkan ekstrusi dapat menghasilkan lava dan batuan vulkanik.

Magma mampu mengintrusi/menyusup ke area low-density dari suatu deretan geologi contohnya pada lapisan batuan sedimen, dan dikala magma tersebut mendingin maka akan terbentuk batuan padat, yang biasa diketahui dengan istilah batuan plutonik. Kata "plutonik" sendiri mengandung pemahaman sebagai intrusi magma yang naik dari bawah ke bab atas permukaan.

Selain dengan cara intrusi, magma mampu sampai di permukaan bumi melalui letusan yang menciptakan lava. Lava yaitu magma yang sudah berada di permukaan, sedangkan letusannnya biasa diketahui dengan istilah letusan gunungapi. Di permukaan, lava akan mendingin dan membentuk batuan vulkanik maupun gelas vulkanik.


Magma juga mampu terbang ke atmosfer bumi selaku hasil dari ledakan gunungapi (volcanic explosive). Magma akan membeku di udara dan membentuk tehpra. Di atmosfer, tephra lebih sering disebut selaku bubuk vulkanik. Setelah jatuh ke permukaan bumi abu vulkanik dapat membentuk batuan seperti kerikil apung. Untuk memahami hasil simpulan dari magma yang keluar ke permukaan dengan cara erupsi vulkanik maka sobat geologinesia perlu mengetahui perbedaan antara magma, lava, dan lahar. Secara umum lahar merupakan lava yang telah bercampur dengan air di permukaan.

 untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai magma dan hubungannya dengan penciptaa Ternyata Magma adalah Batuan Cair yang Berperan Dalam Penciptaan Manusia
Gambar lava, merupakan magma yang sudah di permukaan.

Hubungan Magma dan Penciptaan Manusia?

Sesuai dengan judul diatas, pastilah teman geologinesia masih ingin tau tentang hubungan magma dengan penciptaan manusia. Kita sering mendengar bahwa insan diciptakan dari tanah ataupun debu. Tanah maupun abu merupakan sebuah materi yang berada di atas permukaan bumi. Tanah berasal dari pelapukan batuan, sedangkan batuan, baik itu batuan metamorf, batuan sedimen, piroklastik, terlebih batuan beku semuanya berasal dari magma. Flow chartnya mampu mirip di bawah ini:

MAGMA -->Batuan (beku,metamorf,sedimen) -->Lapuk jadi tanah/debu -->MANUSIA

Kaprikornus kesimpulannya magma sangat berperan dalam penciptaan insan, meskipun ada istilah "tak ada rotan, akarpun jadi" artinya meskipun tak ada magma Tuhan bisa menciptakan makhluk hidup dengan cara apapun juga. Kata penutup dari artikel ini adalah masukkan dihati dan pikiranmu perihal apa itu magma, sedangkan hubungannya dengan penciptaan insan jangan pernah dimasukkan dihati, hahaah..hahaha. Salam.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon