Kamis, 23 Januari 2020

Faktor Penyebab Kelangkaan Air Higienis

 Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan m Faktor Penyebab Kelangkaan Air Bersih
Penyebab Kelangkaan Air Bersih - Air bersih ialah salah satu keperluan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan makhluk hidup di tampang bumi. Meskipun sebagian besar daerah bumi ialah kawasan perairan, tetapi pastinya tidak semua jenis air ini mampu disantap. Hanya air yang memenuhi syarat tertentu yang mampu menjadi air konsumsi. Salah satunya ialah air yang bersih.

Sayangnya, belakangan fenomena kelangkaan atau krisis air bersih terus menghantui bumi. Disadari atau tidak secara umum dikuasai penyebab kelangkaan air bersih yakni karena tindakan tak bertanggung jawab dari manusia.

Manfaat Air Bersih Bagi Makhluk Hidup

Sebelum mengenali apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan air bersih, harus dimengerti terlebih dulu faedah penting dari air bersih. Wilayah bumi yang sebagian besar tersusun dari air merupakan suatu fakta yang tak terbantahkan.

Bagi kehidupan di bumi, air adalah komponen yang tak bisa dihilangkan sebab air ialah sumber kehidupan bagi makhluk yang tinggal di atas bumi. Terutama air bersih, ada beragam manfaat yang bisa dirasakan dari air, baik oleh insan maupun binatang dan tumbuhan yang hidup di bumi. Apa saja manfaatnya?

1. Untuk Air Minum
Air bersih yang utama dimanfaatkan untuk air minum. Baik insan, flora maupun hewan membutuhkan air untuk bertahan hidup. Tanpa ada air, manusia dan hewan akan kekurangan cairan hingga menjadikan lemas.

Sedangkan bagi tumbuhan, selain tidak mampu hidup, kekurangan asupan air bersih akan membuat flora susah meningkat biak. Hal ini karena air menjadi salah satu komponen penting bagi kemajuan tanaman.

2. Untuk Pertanian
Air yang bersih dan bebas polusi juga memperlihatkan tugas penting dalam bidang pertanian. Tanaman yang ditanam di sawah pasti membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Namun, jikalau air yang digunakan telah tercemar oleh materi kimia lain juga tidak mampu dimanfaatkan, karena bukannya akan membuat tanaman tumbuh subur, air yang tercemar justru akan membuat tumbuhan lebih cepat mati. Karena itu, walaupun untuk keperluan pertanian, tetap diperlukan air bersih.

3. Menjaga Kebersihan Tubuh
Air higienis diperlukan oleh insan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Manusia menggunakan air bersih untuk membasuh badan dan pakaiannya dari kotoran yang menempel.

Air yang bersih akan menciptakan badan tetap terjaga kesehatannya. Sebaliknya, kalau memakai air yang kotor, bukannya terjaga justru akan menjadikan dilema kesehatan pada kulit.

Faktor yang Menyebabkan Kelangkaan Air Bersih

Sebenarnya ada masih banyak manfaat air higienis yang sungguh diperlukan oleh manusia. Manfaat di atas hanyalah beberapa diantaranya. Sayangnya, walaupun mengerti betapa penting tugas air bagi kehidupan, banyak insan yang menganggap remeh eksistensi air bersih, hingga lalu menjadikan terjadinya krisis.

Lantas aspek apa saja yang mampu menjadi penyebab kelangkaan air bersih di bumi? Berikut beberapa diantaranya, ialah:

1. Polusi Air yang Semakin Marak
Perkembangan jaman yang makin maju memang menjinjing efek konkret, namun tak sedikit pula yang menyebabkan imbas negatif. Salah satunya yaitu menyebabkan polusi tergolong polusi air.

Polusi air mampu terjadi karena aktifitas pabrik yang membuang limbah cair secara sembarangan ke sungai. Limbah cair dari pabrik yang mengandung bahan kimia ini menciptakan persediaan air bersih terus menyusut, terutama di tempat industri dan perkotaan besar.

Tidak hanya menimbulkan krisis air, polusi air bahkan juga mampu menjadikan berbagai spesies makhluk hidup yang tinggal di air turut mati. Belum lagi saat limbah mengendap di dasar sungai mengakibatkan tanah juga ikut krisis.

Penyebab polusi air tidak hanya dari pembuangan limbah pabrik. Penggunaan pupuk bikinan yang berlebihan di sawah juga mampu menimbulkan polusi air saat pupuk ikut terhanyut ke sumber air bersih di sekitarnya.

2. Penggunaan Air yang Berlebihan
Faktor penyebab kelangkaan air bersih di bumi selanjutnya adalah karena langkah-langkah insan yang memakai air dengan tidak bijak. Air memang termasuk sumber daya alam yang mampu diperbarui alasannya adalah adanya siklus air yang berjalan secara alami. Namun, bukan berarti insan mampu menggunakannya secara berlebihan.

Secara tidak sadar, insan telah memanfaatkan air higienis secara tidak bijak, baik untuk keperluan sehari-hari, pertanian, hingga pariwisata. Jika dibiarkan, maka akan mengancam ketersediaan air bersih di bumi yang jadinya mengakibatkan kelangkaan.

3. Berkurangnya Pasokan Air Tanah
Selain air yang ada di permukaan tanah mirip sungai, danau dan lain sebagainya, bumi juga menyimpan cadangan air higienis di dalam tanah yang disebut dengan air tanah. Sayangnya, eksistensi air tanah pun ikut terancam.

Hal ini disebabkan alasannya adalah tidak adanya aspek yang menjadi penahan dan penyerap air di dalam tanah. Ini disebabkan alasannya adalah pohon dengan akar besar yang mempunyai peran ini juga banyak ditebang sehingga tidak ada yang menahan laju air dalam tanah.

Selain itu, eksploitasi air tanah yang berlebihan untuk kepentingan industri menjadi penyebab mengapa air tanah mampu menyusut. Komplikasi antara hilangnya penahan dan penyerap air di dalam tanah dengan eksploitasi air tanah yang berlebihan kian mempersulit ketersediaan air bersih.

4. Overpopulasi
Overpopulasi adalah fenomena meningkatnya populasi insan di daerah tertentu yang cukup signifikan. Overpopulasi mampu menjadi salah satu penyebab kelangkaan air bersih di bumi karena semakin tinggi populasi manusia yang menghuni daerah tertentu, maka akan makin besar pula keperluan air bersihnya. Apalagi umumnya kenaikan populasi di sebuah daerah dibarengi dengan kenaikan industri di kawasan tersebut. Hal ini sangat berdampak pada keberlangsungan ekosistem air.

Meningkatnya area industri di sebuah tempat yang disebabkan alasannya adalah overpopulasi lalu mengakibatkan terjadinya polusi air. Ketika seruan air bersih terus meningkat, namun di saat yang bersamaan ketersediaan air bersih yang semakin berkurang, maka yang terjadi yaitu kelangkaan air bersih di daerah tersebut.

5. Infrastruktur Air yang Buruk
Agar air hujan bisa ditampung untuk memenuhi kebutuhan insan, maka diharapkan infrastruktur yang mencukupi untuk menampung air tersebut. Contohnya, waduk atau danau buatan yang dipakai untuk penampungan air hujan.

Ketika infrastruktur pendukung untuk menampung air higienis ini tidak ada atau dalam keadaan yang jelek, maka dikala hujan tiba tidak akan ada yang menampung air hujan. Hal ini akan berpengaruh pada kelangkaan air higienis terutama saat trend kemarau atau saat kekeringan melanda.

6. Kekeringan
Kekeringan yaitu suatu kondisi dimana sebuah daerah mendapatkan curah hujan dalam jumlah yang terbatas setiap tahunnya. Hal ini menjadi penyebab suatu daerah mengalami kelangkaan air bersih, alasannya adalah keperluan air higienis yang berkembangtidak diimbangi dengan ketersediaan air bersih yang memadai.

Kekeringan lazimnya terjadi di animo kemarau. Saat musim kemarau ini, curah hujan yang turun sungguh sedikit sehingga mengakibatkan pasokan air bersih pun ikut menipis.

Namun, selain terjadi dikala isu terkini kemarau, kekeringan juga terjadi sepanjang tahun di beberapa kawasan di Indonesia. Hal ini disebabkan alasannya adalah kondisi geografisnya yang tidak memadai serta jumlah curah hujan tahunannya pun tergolong kecil, bahkan saat animo hujan. Inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya kelangkaan air higienis.

6 faktor penyebab kelangkaan air bersih diantaranya yaitu:
  1. Tingginya tingkat pencemaran air
  2. Pemanfaatan air bersih secara berlebihan
  3. Air Tanah menyusut
  4. Overpopulasi
  5. Kondisi infrastruktur air higienis tidak mencukupi
  6. Kekeringan

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang manfaat air higienis dan penyebab kelangkaan air bersih di bumi yang mesti Anda pahami. Air higienis yang merupakan kebutuhan primer makhluk hidup memiliki tugas penting. Namun, ketersediaannya juga kian berkurang alasannya beberapa hal seperti yang diterangkan di atas.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon