Selasa, 28 Juli 2020

Ciri-Ciri Dataran Rendah Di Indonesia Lengkap Dengan Karakteristiknya

Apa itu Dataran Rendah ?

Relief permukaan bumi memiliki bentuk yang bermacam-macam bergantung pada proses geologis yang terjadi. Secara lazim terdapat dua macam relief adalah lautan dan dataran. Berdasarkan tinggi rendahnya dataran dibagi menjadi dua jenis adalah rendah dan tinggi. Karena ciri-ciri dataran rendah yang cukup menguntungkan, maka tidak heran kalau daerah ini menjadi daerah pemukiman yang sangat padat. Selain itu, tingkat kesuburannya juga tinggi terlebih bila lokasinya bersahabat dengan sungai (lihat disini sungai terpanjang di Asia Tenggara).

Tumpukan tanah yang cukup besar jumlahnya menciptakan sebuah padatan yang menciptakan pori-pori menjadi menyempit. Jenis dataran ini sering disebut dengan tempat aluvial karena terbentuk dari proses pengendapan material. Contoh morfologi dataran rendah di Indonesia bisa Anda temui di beberapa kota besar mirip Semarang, Solo, dan lain-lain.

 Relief permukaan bumi memiliki bentuk yang beragam bergantung pada proses geologis yang t Ciri-Ciri Dataran Rendah di Indonesia Lengkap dengan Karakteristiknya

5 Ciri-ciri Dataran Rendah di Indonesia

Karakteristik dan ciri-ciri dataran rendah sangat sesuai untuk dijadikan lahan bercocok tanam sekaligus perumahan. Dibawah ini dihidangkan beberapa ciri dari suatu dataran rendah, yaitu:

• Teksturnya Beragam
Karena letaknya yang bersahabat dengan permukaan laut yaitu berkisar 200 meter menciptakan kondisinya juga bermacam-macam. Ciri-ciri dataran rendah di Jawa teksturnya gembur sehingga mudah ditanami tanaman. Lain halnya dengan kondisi tanah di Kalimantan yang sebagian besar mengandung gambut (lihat apa itu tanah gambut?)jadi sulit dijadikan lahan untuk bercocok tanam dan hanya jenis pepohonan tertentu yang mampu tumbuh.

• Usianya Masih Muda
Ciri-ciri dataran rendah yang satu ini paling membedakan dengan yang lainnya. Umurnya terbilang masih muda dan kemungkinan ketebalannya juga dapat bertambah. Tenaga eksogen dan endogen lah yang berperan dalam hal ini. Lahan yang masih kosong bisa mengalami penambahan volume yang menyebabkan kepadatannya kian rapat.

• Mengandung Unsur Hara
Pemanfaatan dataran rendah untuk daerah pertanian mesti mengamati karakteristik yang satu ini. Semakin tinggi  kandungan bagian hara maka kesuburannya sangat cantik. Kondisi ini terjadi di sebagian besar pulau Jawa yang juga ditunjang dengan curah hujan yang cukup tinggi. Tanah aluvial paling tinggi kandungan bagian haranya yaitu yang berada di erat sungai. Jenis tanaman yang dapat ditanam mirip padi, palawija, dan lain-lain.

• Memiliki Ph yang Beragam
Tipe dataran ini memiliki karakteristik yang cocok dengan kawasan dimana tanah aluvial tersebut terbentuk. Ph yang terkandung di dalamnya juga bervariasi dari mulai basa, asam, sampai netral. Dataran yang sesuai dijadikan untuk cocok tanam mempunyai ph netral mulai dari 6.5 – 7.5.

Sementara itu jikalau keadaan tanah terlalu basa atau asam, maka kandungan haranya tidak elok untuk pertumbuhan flora. Penggunaan pestisida mampu mengakibatkan kondisi ph menjadi tidak wajar .

• Tersebar di Beberapa Daerah
Jenis dan ciri-ciri dataran rendah sungguh bermacam-macam bergantung pada daerah dimana endapan tanah terbentuk. Dataran rendah berasal dari sedimentasi material baik yang ada di sungai, pantai, maupun cekungan. Karakter inilah yang memilih cocok tidaknya dijadikan ladang pertanian.

Selain itu jenis tumbuhan juga harus diamati alasannya adalah tidak seluruhnya bisa berkembang baik di kawasan tersebut. Tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri di dataran rendah pantai antara lain mirip kelapa, pandan, bakau, dan cemara udang. Akarnya cukup kuat untuk menahan abrasi dengan batang yang sungguh kokoh.

Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia ialah dataran rendah yang sangat gampang digarap untuk kawasan tinggal penduduk dan cocok tanam. Kelima ciri-ciri dataran rendah diatas ialah karakteristik yang membedakannya dengan relief lain (lihat tentang relief dasar laut). Mempelajari karakteristiknya dapat memberikan banyak faedah utamanya bagi Anda yang terjun di dunia pertanian.
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon