Selasa, 28 Juli 2020

Faedah Dataran Rendah Di Indonesia

Pemanfaatan Dataran Rendah di Indonesia

Dampak dari permukaan bumi yang tidak rata menghasilkan relief yang cukup unik. Salah satu tipe lahan yang sering dijumpai di Indonesia adalah dataran rendah. Sesuai dengan namanya, relief kawasan ini memiliki karakter permukaan yang rata hingga cukup rata. Manfaat dataran rendah bahwasanya cukup luas, mulai dari dijadikannya sebagai tempat tinggal hingga lahan untuk bercocok tanam.

Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah manusia, sehingga mengakibatkan luas area dataran rendah bertambah sempit. Degradasi yang demikian sudah tentu akan mensugesti keberadaan produk pertanian, yang pada karenanya akan memiliki dampak pada pasokan pangan di Indonesia.


Semua jenis lahan yang ada di Indonesia mempunyai fungsi yang berbeda. Dataran tinggi (lihat karakteristik dataran tinggi) di puncak misalnya sering dimasak menjadi perkebunan teh, kopi, dan lain-lain. Sementara pemanfaatan dataran rendah lebih tak terbatas cuma sebagai lahan bercocok tanam.

5 Manfaat Dataran Rendah Beserta Contohnya

Karena morfologinya yang cukup rata, kawasan ini menyimpan banyak manfaat yang potensial dan sungguh menguntungkan bagi penduduk . Beberapa diantaranya yaitu:

1. Lahan Peternakan
Rumput yang tumbuh subur di dataran yang luas sangat sesuai dijadikan daerah untuk membudidayakan hewan ternak. Contoh kawasan yang banyak memanfaatkan dataran rendah ini antara lain mirip Maluku, Flores, Kalimantan, dan lain-lain.

Jenis ternak yang mampu dikembangkan di kawasan dataran rendah ialah kambing, kuda, sapi, kerbau, dan sebagainya. Kaprikornus masyarakat tidak perlu kesulitan mencari pakan karena jenis rerumputan akan berkembang subur di lahan tersebut.


2. Sawah Irigasi
Secara lazim jenis sawah ini sungguh menggantungkan pada pengairan lewat waduk. Jadi pembagian air mesti diperhatikan semoga kondisi tumbuhan tidak mengalami kekeringan. Karena volume airnya sangat banyak, maka jenis flora mirip padi yang ditanam di dataran rendah dipastikan dapat berkembang baik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini irigasi dapat dengan gampang dijalankan menggunakan mesin. Makara lahan yang jauh dari waduk bisa tetap mendapatkan pengairan maksimal.

Dampak dari permukaan bumi yang tidak rata menghasilkan relief yang cukup unik Manfaat Dataran Rendah di Indonesia

3. Tanah Tegal
Petani juga mempergunakan dataran rendah kering untuk menanam flora palawija mirip ketela, kacang, kedelai, dan lain-lain. Jenis tumbuhan tersebut intinya tidak memerlukan irigasi yang terlalu intens.

Pengerjaan tanah tegal hanya dilakukan pada demam isu hujan sementara pada dikala kemarau, lahannya dibiarkan saja. Tipe tanaman palawija sungguh tahan terhadap berbagai kondisi walaupun pengairannya cuma bergantung pada air hujan saja.

4. Sawah Tadah Hujan
Hampir sama dengan tanah tegal tetapi keadaan sawah ini lebih subur. Sistem pengairannya sungguh bergantung pada air hujan. Penggunaan faedah dataran rendah cuma dapat dilaksanakan selama isu terkini hujan saja. Tanaman yang bisa mengikuti keadaan dengan keadaan ini yaitu padi dan jagung.

Petani mesti mengamati dengan benar perhitungan waktunya agar flora tidak mengalami kekeringan. Karena kondisi isu terkini yang kurang menentu selesai-simpulan ini, menciptakan petani lebih memilih mengolah sawah dengan pengairan dari waduk maupun sungai.

5. Perkebunan
Jenis tanaman dan manfaat dataran rendah untuk perkebunan bergantung pada lokasinya. Jadi tidak semua daerah yang mempunyai dataran rendah cocok dijadikan perkebunan. Kelapa sawit, tembakau, rami, dan tanaman yang lain hanya bisa ditumbuh di tempat tertentu saja.

Kaprikornus, jikalau ingin menyebarkan usaha ini semestinya pahami karakteristik tanah terlebih dahulu biar hasil kebun bisa melimpah. Hal yang perlu dikenali misalnya kandungan komponen hara, ph, dan juga tingkat kesuburan.

Manfaat dataran rendah sangatlah banyak, bahkan sering menjadi lokasi perumahan yang padat penduduk. Masyarakat yang tinggal di dataran ini juga dapat mempergunakan lahan dataran rendah untuk bercocok tanam hingga memelihara ternak sesuai yang telah disebutkan diatas.

Dataran rendah sangat mudah dimasak sebab kemiringannya yang cenderung rata. Masing-masing kawasan dataran rendah mempunyai kontur dan karakteristik yang berlawanan sehingga pemanfaatannya harus menyesuaikan kondisi tanah.
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon