Rabu, 29 Juli 2020

Gunung Barujari Meletus, Jalur Pendakian Ke Rinjani Ditutup

Gn Barujari, ditengahnya segara anakan, atau anaknya Gn Rinjani .
Foto : facebook Ardi Andono

Berita yang dirilis Kompas pagi ini perihal meletusnya Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Semoga pendaki semuanya selamat dan tdk ada korban, amin. Infonya pendaki dievakuasi dari jalur Torean.

Gunung Barujari yang merupakan anak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaporkan meletup dan mengeluarkan asap tebal sekitar pukul 10.00 Wita.

"Tadi sekitar jam 10.00 Wita ada letupan dan mengeluarkan asap tebal," kata Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Agus Budiono, Minggu (25/10/2015).

Agus menyampaikan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api di Sembalun.

Petugas pengamat vulkanologi sebelumnya tidak melihat ada gejala kegiatan gunung Barujari.

Selain itu, alat perekam getaran yang ada di pos tersebut tidak mencatat adanya getaran-getaran acara gunung berapi.

Rencananya, sore ini tim dari pos pengamatan gunung berapi di Sembalun akan melaksanakan pengecekan pribadi ke lokasi Gunung Barujari.

Terkait meningkatnya acara anak Gunung Rinjani ini, TNGR sudah menutup seluruh jalur pendakian ke Rinjani. Baik lewat jalur pendakian Sembalun, Senaru, dan Torean.

"Sementara ini pendakian ditutup, sambil menanti anjuran dari tubuh vulkanologi. Kita tutup dahulu untuk mengantisipasi bila ketika-waktu terjadi letusan atau keluarnya gas beracun dari kegiatan gunung," kata Agus.

Agus juga mengatakan, selain menutup jalur pendakian, pihaknya juga telah menyuruh kepada petugas TNGR memerintahkan seluruh pendaki yang masih berada di atas gunung untuk turun.

Agus mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa akhir acara Gunung Barujari. Aktivitas serupa tercatat pernah terjadi sekitar tahun 2010 kemudian.
Sumber https://ghost-ships.blogspot.com


EmoticonEmoticon