Senin, 31 Agustus 2020

Cara Menangani Pemanasan Global Dan Pergeseran Iklim

CARA MENGATASI PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM

CARA MENGATASI PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM. Pemanasan global (bahasa Inggris: Global warming) adalah sebuah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rataglobal pada permukaan Bumi sudah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Saat ini pemanasan global dan pergeseran iklim merupakan dilema dunia yang harus ditangani bareng . Lalu bagaimana upaya kita dalam mengatasi pemanasan global dan pergantian iklim. Berikut klarifikasi singkat Cara Mengatasi Pemanasan Global dan Perubahan Iklim


Cara mengatasi pemanasan global dan pergantian iklim yang pertama ialah dengan hemat dalam menggunakan listrik. Caranya ialah dengan mematikan peralatan listrik jikalau memang tidak digunakan. Jika anda dapat melakukannya tanpa pertolongan dari alat listrik maka semestinya anda tidak menggunakan peralatan listrik tersebut

Menggunakan lampu fluorescent dan juga lampu yang hemat energi sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik anda. Jenis lampu-lampu tersebut dapat mengurangi nyaris 80 persen dari penggunaan listrik anda. Mematikan lampu pada siang hari atau juga memakai lampu seminimal mungkin saat anda tidur pada malam hari. Tidak lupa juga mematikan penghangat air jikalau anda hendak pergi dalam waktu yang cukup lama.

Mengganti kulkas usang anda dengan yang gres dan tidak lupa untuk defrost kulkas yang anda miliki secara terorganisir. Anda dapat mengeluarkan bahan-materi kuliner yang telah tidak diperlukan lagi didalam kulkas anda setiap minggunya. Tidak memasukkan kuliner yang masih panas kedalam kulkas. Anda juga semestinya tidak terlalu lama membuka pintu kulkas karena akan boros listrik.

Cara menanggulangi pemanasan global dan pergeseran iklim selanjutnya ialah dengan memakai sumber energi yang berasal dari alam. Misalnya saja dengan memakai energi matahari untuk rumah dan juga pemanas air anda. Menggunakan sinar matahari juga untuk mengeringkan pakaian anda. Tidak lupa untuk mengoptimalkan penggunaan sinar matahari dengan cara mematikan lampu pada siang hari dan biarkan biar sinar matahari masuk kedalam rumah anda selaku cahaya alami untuk rumah anda.

Membuka jendela juga supaya udara mampu masuk sehingga udara yang ada didalam rumah menjadi segar dan juga tidak perlu menggunakan ac lagi. Jika anda tetap ingin menggunakan ac sebaiknya tidak terlalu sering, jika memang udara sedang betul-betul panas saja. Dan tidak lupa untuk senantiasa membersihkan AC secara terencana, tidak lupa untuk memasang timer pada AC anda sehingga kalau anda pergi AC anda tidak ditinggalkan dalam keadaan nyala. Exhaust fan juga dapat menolong anda untuk menerima udara yang segar didalam rumah anda. Udara yang ada didalam ruangan juga dapat terganti secara terencana. 

Cara menangani pemanasan global dan pergantian iklim berikutnya yakni dengan memakai gelas atau peralatan makan yang yang dibuat dari keramik. Tidak menggunakan gelas atau peralatan makan yang sekali pakai. Hindari juga pemakaian styrofoam untuk digunakan sebagai pembungkus makanan anda, alasannya adalah materi ini akan sungguh susah untuk diuraikan kalau dibuang.

Jangan membuang plastik belanjaan anda, simpan secara rapih, alasannya sebuah ketika anda niscaya membutuhkannya. Menggunakan serbet selaku lap tangan anda, sehingga tidak terlalu banyak memakai tisu untuk membersihkan tangan anda. Tisu yang anda gunakan berasal dari pohon. Sehingga semakin banyak anda menggunakannya maka kian banyak juga pohon yang ditebang. Penebangan pohon ini pastinya berakibat fatal bagi kelancaran kehidupan di bumi.

Hutan botak dapat menjadikan banyak sekali urusan serius. Seperti tidak adanya lagi paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen. Dapat menimbulkan banjir sebab tidak ada lagi penampung dan penyaring air jikalau terjadi hujan secara terus menerus. Hutan botak juga dapat menyebabkan longsor. Karena akar pada pohon telah hilang sehingga tanah akan menjadi sangat gampang untuk terbawa arus air.

Sebaiknya anda juga memanfaatkan dengan maksimal kertas yang ada disekitar anda. Kertas juga yang dibuat dari pohon. Sehingga anda mesti mengoptimalkan penggunaannya. Misalnya kertas mesti digunakan kedua sisinya sehingga tidak ada bab yang terbuang dengan sia-sia. Tidak membuang koran bekas anda. Karena koran bekas ini dapat digunakan untuk membungkus peralatan rumah anda. 

Anda juga semestinya mengecat rumah dengan memakai kuas atau rol yang lebih aman dipakai dibandingkan dengan memakai cat semprot. Cat semprot ini berbahaya sebab akan mengeluarkan emisi yang berbahaya. Sebaiknya juga berbelanja barang yang mampu didaur ulang kembali sehingga tidak terbuang dengan tidak berguna. Dan tidak lupa untuk membeli produk yang mempunyai label ramah lingkungan.

Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering makan fast food alasannya adalah jenis masakan ini menyumbangkan terbesar sampah didunia. Hal ini dikarenakan pembungkus masakan yang mereka gunakan. Biasanya mereka juga memakai perlengkapan yang terbuat dari kertas, tidak memakai peralatan dari keramik. Kertas ini juga diambil dari hutan-hutan tropis dunia. Permasalahan ini yang banyak diangkat oleh gerakan internasional karena perusahaan fast food ini tidak mempedulikan hal tersebut.

Cobalah juga untuk berhenti menggunakan semprotan yang berjenis aerosol, hal ini untuk meminimalkan CFC yang nantinya akan mengganggu lapisan ozon bumi. Anda juga semestinya tidak menggunakan semprotan jenis ini dikala membersihkan rumah anda.

Berbagai cara menangani pemanasan global dan pergantian iklim diatas pastinya mampu anda mulai dari diri sendiri. Cara yang bahwasanya tidak sulit. Karena yang paling diutamakan ialah mennggugah pemikiran semua orang di bumi semoga lebih peduli lagi kepada lingkungannya. Jika lingkungan anda higienis tentunya akan berpengaruh besar bagi keberlangsungan bumi. Keberlangsungan umat manusia juga akan lebih terjamin. 





Sumber https://carahiba.blogspot.com


EmoticonEmoticon