Senin, 31 Agustus 2020

Politik Luar Negri Indonesia


Politik luar negri sangat penting bagi sebuah negara, dengan adanya koordinasi, mereka dapat menumbuhkan ekonomi, berjualan, dan saling melindungi. Dalam menjalin korelasi internasional, negara-negara perlu mengetahui bagaimana cara-cara bekerjasama yang bagus dan tepat.





Layaknya interaksi antar insan, kekerabatan internasional juga mempunyai beberapa tatanan dan hukum-aturan. Jika hal ini tidak dipenuhi, maka akan timbul problem-duduk perkara yang lebih kompleks.





Nah, pergaulan dunia ini lazimnya diputuskan oleh politik luar negri suatu negara. Politik luar negri sendiri yaitu serangkaian kebijakan suatu negara dalam berafiliasi dengan negara-negara lain dan merespons isu-info internasional.





Indonesia selaku salah satu negara yang besar lengan berkuasa di regional Asia Tenggara mempunyai politik luar negri yang cukup penting bagi kestabilan daerah sekitarnya. Yuk kita pelajari lagi apa itu politik luar negri dan bagaimana politik luar negri Indonesia.






Pengertian Politik Luar Negri





Politik Luar Negri Indonesia dipengaruhi oleh Pancasila dan UUD 1945




Politik luar negri pada dasarnya adalah serangkaian tatanan atau kebijakan dalam bekerjasama antar negara. Hal ini meliputi nilai, sikap, dan batasan-batas-batas dalam berafiliasi dengan negara lain. Tujuan dari hal ini yaitu untuk mengembangkan kepentingan sebuah negara dalam perpolitikan Internasional





Politik luar negri sendiri dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari sejarah negara itu, ideologi yang dianut, dasar-dasar negaranya apa, sampai lokasi geografisnya.





Leopold von Ranke menyatakan bahwa politik luar negri utamanya dipengaruhi oleh faktor-faktor geografis dan ancaman luar negri. Namun, penulis-penulis terbaru menyatakan bahwa aspek domestik dan ideologi memiliki tugas yang lebih besar dalam membentuk politik luar negri.





Perwujudan dari politik luar negri antara lain adalah koordinasi antar negara, perdagangan internasional, perang, komplotan dan aliansi antar negara, serta pinjaman pertolongan.





 



Politik Luar Negri Indonesia: Bebas dan Aktif





Indonesia sendiri mempunyai politik luar negri yang berprinsip pada dua hal yakni bebas dan aktif.





Politik Luar Negri Bebas





Bebas berarti bahwa dalam berpolitik secara internasional, Indonesia tidak memihak sebuah negara atau blok tertentu. Disini, Indonesia memosisikan dirinya sebagai pemeran independen yang tidak terikat pada aliansi ataupun blok kepentingan manapun.





Dengan adanya keleluasaan ini, Indonesia tidak akan terikat kedalam perjanjian-persetujuanataupun blok-blok kepentingan yang mampu jadi merugikan kepentingan Indonesia.





Harapannya, Indonesia dapat menjalin korelasi yang terbuka dengan semua negara di dunia, sehingga mudah dalam memilih sendiri aliansi dan kerjasamanya.





Contoh nyata dari politik bebas ini yakni ketika Indonesia tidak memihak dalam perang masbodoh. Saat itu, terdapat dua blok besar kekuatan dunia ialah blok demokrasi yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa serta blok komunisme yang dipimpin oleh Uni Soviet.





Indonesia yang merasa bahwa kedua blok ini dapat berguna bagi Indonesia menolak untuk menyatakan aliansinya dan justru berjualan serta berkerjasama dengan kedua blok ini.





Indonesia juga ialah salah satu pendiri gerakan non blok (GNB) ialah sekumpulan negara-negara yang menolak memihak dan menentukan untuk menganut kebijakan politik netral pada saat itu.





 



Politik Luar Negri Aktif





Indonesia aktif dalam menjaga perdamaian dunia. Contohnya adalah lewat pasukan kontingen Garuda
Indonesia aktif dalam mempertahankan perdamaian dunia. Contohnya yaitu melalui pasukan kontingen Garuda (Indonesiabim.blogspot)




Aktif disini mempunyai arti Indonesia akan selalu aktif dalam memecahkan masalah internasional dan merealisasikan perdamaian dunia. Artinya, Indonesia akan selalu mengambil langkah-langkah, baik secara pribadi maupun tidak eksklusif terhadap masalah-permasalahan Internasional.





Indonesia tidak akan tinggal membisu jika terdapat ketidakadilan atau masalah-permasalahan Internasional yang merugikan pihak-pihak lain.





Contoh dari aktif ini ialah Indonesia yang sering mengantarkan pasukan perdamaian ke negara-negara yang sedang berkonflik. Salah satunya yaitu kontingen Garuda yang sudah bertugas bareng PBB semenjak tahun 1957 selaku pasukan penjaga perdamaian dunia.





Contoh lainnya yakni Indonesia yang berperan aktif dalam solusi kasus laut China Selatan dan bahari Natuna yang melibatkan China dan negara-negara asia tenggara lainnya.





Disini, Indonesia memosisikan dirinya selaku penengah dan mediator dari pertentangan ini. Artinya, Indonesia tidak tinggal membisu dalam pertentangan-konflik internasional, bahkan dikala negara yang menjadi tertuduh dalam tersebut ialah mitra jualan strategis Indonesia.





 



Corak Politik Luar Negri Indonesia





Politik luar negri Indonesia sudah memperlihatkan warna tersendiri bagi dinamika politik global dan regional Asia Tenggara. Corak perpolitikan tersebut tertuang dalam isi pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945 pada alinea keempat yang berbunyi





Ikut serta dalam perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian kekal, dan keadilan sosial





Berdasarkan hal tersebut, selain politik Indonesia yang berprinsip bebas aktif, kita juga dapat menawan kesimpulan bahwa tujuan besar Indonesia berpolitik di dunia internasional adalah faktor kemanusiaan.





Disini, Indonesia akan berupaya untuk menegakkan perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian, dan keadilan sosial.





Artinya, Indonesia akan melawan negara-negara yang melaksanakan imperialisme dan kolonialisme kepada negara-negara lain. Karena, hal ini berlawanan dengan asas kemerdekaan.





Politik luar negri kita juga memandatkan untuk mempertahankan perdamaian dunia secara kekal. Artinya, kalau ada pertentangan-konflik yang potensial menjadi pertempuran. Indonesia akan turun tangan dan mencoba untuk mendamaikan pihak-pihak yang terlibat.





Indonesia juga akan melawan negara-negara yang melakukan ketidakadilan sosial terhadap rakyatnya. Ketidakadilan ini bisa terwujud antara lain dalam bentuk perbudakan, penyelewengan hak asasi, ataupun penghambatan dalam mencari penghidupan yang patut.





 



Tujuan Politik Luar Negri Indonesia





Salah satu tujuan politik luar negri Indonesia adalah keadilan dan perdamaian dunia
Salah satu tujuan politik luar negri Indonesia ialah keadilan dan perdamaian dunia




Setelah mempelajari prinsi-prinsip dan corak yang melatarbelakangi politik luar negri Indonesia, kita dapat menjajal mengetahui tujuan politik luar negrinya.





Menurut Muhammad Hatta, politik luar negeri Indonesia memiliki beberapa tujuan besar yang antara lain yaitu





  • Menjalin dan meningkatkan relasi antar-bangsa selaku wujud pelaksanaan keinginan yang tertuang di dalam Pancasila, dasar aturan dan ideologi negara kita.
  • Mendapat input barang dari mancanegara yang dibutuhkan oleh negara untuk menciptakan kesejahteraan rakyat.
  • Mewujudkan perdamaian antar-negara secara internasional maupun regional.
  • Sebagai salah satu bentuk pertahanan negara yang menunjang kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.




Secara lazim, memang tujuan-tujuan besar ini telah cukup terjawab dengan prinsip politik kita yang menganut bebas dan aktif. Perwujudan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 juga tertuang dalam corak perpolitikan kita yang ada pada UUD 1945 alinea keempat.





 



Kerjasama Indonesia dengan Lembaga Internasional





Karena Indonesia menganut prinsip politik luar negri yang salah satunya yaitu aktif, maka telah tentu Indonesia sering ikut serta dalam kegiatan Internasional.





Berikut ini adalah beberapa acuan partisipasi Indonesia dalam kegiatan ataupun forum Internasional.





  • Ikut serta menjadi anggota PBB yang ke-60 pada tanggal 28 September 1950
  • Ikut serta dalam penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika atau KAA pada tahun 1955 yang membuat solidaritas dan semangat negara-negara Asia-Afrika yang lalu melahirkan pula Dasasila Bandung
  • Mengirimkan Kontingen Garuda (KONGA) sebagai pasukan perdamaian dunia dibawah PBB sejak tahun 1957
  • Indonesia menjadi salah satu pendiri Gerakan Non-Blok atau GNB tahun 1961
  • Indonesia merupakan anggota aktif dan salah satu negara pendiri organisasi kerjasama regional ASEAN
  • Aktif mengikuti pesta olah raga internasional seperti Asian Games, SEA Games, Olimpiade internasional, dan lainnya
  • Aktif berpartisipasi dalam olimpiade ilmiah internasional mirip IMO, ICho, IPho, dan IGeO.




Berdasarkan keikutsertaan Indonesia tersebut, maka mampu disimpulkan bahwa memang benar Indonesia sungguh aktif dalam politik Internasional.





 



Manfaat Politik Luar Negri Indonesia





Berdasarkan pembahasan kita diatas, banyak sekali manfaat berpolitik di luar negri untuk Indonesia. Berikut ini yakni beberapa faedah yang ditemukan Indonesia berkat politik internasionalnya.





Mewujudkan Amanat Pancasila di Panggung Dunia





Salah satu manfaat langsung dari politik luar negri Indonesia adalah penerapan langsung dari sila-sila Pancasila. Salah satunya adalah keadilan sosial, persatuan negara, serta kerakyatan yang dipimpin oleh permusyawaratan dan perwakilan
Salah satu faedah eksklusif dari politik luar negri Indonesia yaitu penerapan langsung dari sila-sila Pancasila. Salah satunya adalah keadilan sosial, persatuan negara, serta kerakyatan yang dipimpin oleh permusyawaratan dan perwakilan




Pancasila ialah ideologi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, telah sewajarnya kita menjajal mewujudkan ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Nah, perwujudan ini juga mencakup perjanjian-perjanjian luar negri yang dikerjakan oleh Indonesia





Oleh alasannya itu, politik luar negri bisa menjadi salah satu cara Indonesia mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam tiap butir pancasila. Terutama, alasannya adalah politik luar negri kita yang berprinsip bebas aktif.





Contoh eksklusif perwujudan Pancasila ini adalah mengantarkan pertolongan terhadap negara yang sedang terkena petaka, pengiriman pasukan perdamaian ke negara yang berkonflik, dan mengutuk negara-negara yang melaksanakan pelanggaran HAM atau melakukan imperialisme terhadap negara yang lain.





 



Meningkatkan Perdagangan Antar Negara





Politik luar negri Indonesia yang bebas dan aktif juga bisa untuk memajukan jual beli antara Indonesia dengan negara-negara lain. Hal ini terjadi karena Indonesia tidak serta merta memboikot suatu negara karena ideologi atau aliansinya.





Selain itu, korelasi yang aktif dengan negara-negara lain juga condong meningkatkan keeratan kekerabatan perdagangan. Sehingga, Indonesia mampu mempergunakan ini untuk menyanggupi keperluan domestiknya dan menjual surplusnya.





Hal ini penting alasannya Indonesia terletak di posisi yang sangat strategis untuk perdagangan internasional. Jika tidak dimanfaatkan dengan politik luar negri yang bebas aktif dan mendorong perdagangan bebas, kita tidak akan bisa memanfaatkan selat Malaka dan ALKI yang ada di Indonesia.





 



Membangun Persahabatan Antar Negara





Dengan politik luar negri yang aktif, Indonesia dapat menjalin persahabatan dengan negara-negara lain




Seperti relasi antar manusia, semakin sering kita menyapa dan berinteraksi dengan teman-teman, kian dekat pula korelasi kita. Hal ini juga berlaku pada korelasi internasional. Semakin aktif kita dalam berinteraksi dengan negara lain, semakin hangat pula relasi yang terjalin.





Persahabatan antar negara yang berpengaruh sangat penting untuk memuluskan acara-jadwal Indonesia di PBB dan mendukung kegiatan luar negri Indonesia lainnya. Selain itu, persahabatan yang bersahabat juga menghemat peluangIndonesia diboikot dan menjadi terisolasi secara ekonomi dan politik.





 



Memperkokoh Kedaulatan Indonesia





Seiring dengan aktivitas Indonesia yang sangat aktif di panggung Internasional, bertambah banyak pula negara-negara luar yang merasa bahwa Indonesia merupakan kekuatan regional yang mesti dipertimbangkan.





Hal ini penting sebagai pengukuhan de facto dari negara-negara lain bahwa Indonesia ialah negara besar. Selain itu, hal ini juga ialah salah satu cara untuk mengembangkan efek atau soft power Indonesia ke negara-negara sekitarnya.





Hubungan Indonesia yang dekat dengan negara-negara lain juga meningkatkan keamanan Indonesia dari aksi militer. Hal ini terjadi sebab dua hal, jaringan aliansi dan kepentingan ekonomi serta geostrategi.





Semakin banyak kita membangun jaringan aliansi, maka akan kian sulit untuk berperang melawan Indonesia. Hal ini terjadi karena kita akan dilindungi oleh negara ASEAN yang lain serta oleh negara-negara sobat mirip Jepang, China, atau Amerika Serikat.





Politik internasional juga mampu menciptakan Indonesia menjadi sangat penting secara ekonomi dan politik. Sehingga, negara lawan akan berfikir dua kali sebelum menyatakan perang. Peperangan yang terjadi dapat menghipnotis jalur perdagangan internasional dan rantai pasok global, sehingga menghipnotis perekonomian semua negara.





Hal ini dapat mendorong PBB untuk mengintervensi dan memaksa perdamaian atau bahkan mendukung Indonesia dalam peperangan ini. Sebuah hasil simpulan yang cukup menguntungkan bagi Indonesia.





 



Referensi





Encyclopaedia Brittanica







Sumber ty.com


EmoticonEmoticon