Kamis, 09 Januari 2020

Kondisi Iklim Di Negara Myanmar

Iklim Negara Myanmar - Myanmar yakni salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dan terletak di Semenanjung Indochina. Batas di barat lautnya yaitu India dan di Timur Laut berbatasan dengan China. Kondisi iklim Negara Myanmar tidak jauh berlainan dengan negara-negara Asia Tenggara lain, ialah iklim tropis.

Negaranya tidak terlalu besar. Luas daerahnya bahkan tidak lebih luas dari Texas, adalah sekitar 676.578 km². Di bagian selatan Myanmar terdapat Delta subur Sungai Irrawaddy. Delta ini berisi jaringan akses yang saling terhubung serta 9 muara sungai utama di Myanmar.

 Myanmar adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dan terletak di Semenanjung Ind Kondisi Iklim di Negara Myanmar

Bagaimana Kondisi Iklim di Negara Myanmar?

Secara lazim, keadaan iklim Negara Myanmar bergantung pada angin monsun. Karena itu, iklim di Myanmar merupakan iklim monsun tropis. Karakteristik yang lain yaitu sinar matahari yang cukup melimpah serta curah hujan yang cukup tinggi.

Kondisi iklim di Myanmar kerap kali juga sedikit tidak nyaman alasannya adalah kelembabannya yang relatif tinggi. Sementara itu, Myanmar memiliki suhu rata-rata tahunan antara 22-27°C sepanjang tahun. Myanmar sendiri memiliki dua ekspresi dominan yang bisa dibedakan.

Musim pertama yaitu animo kemarau di demam isu dingin dan kedua adalah ekspresi dominan hujan lembab di isu terkini panas. Sedangkan jikalau dilihat menurut klasifikasi iklim Koppen-Geiger, Myanmar termasuk dalam pembagian terstruktur mengenai iklim Am.

Iklim Am ini adalah iklim hutan hujan tropis dengan ciri khas cuaca panas di semua bulan serta suhu berada di atas angka 18°C. Musim di Myanmar juga bisa diklasifikasikan menjadi 3 demam isu. Pertama yaitu musim hujan yang terjadi antara bulan Mei-Oktober.

Musim hujan ini terpengaruh angin musim barat daya yang bersifat berair dan sejuk. Kedua yakni trend kemarau sejuk yang terjadi pada November-Februari. Ketiga ialah isu terkini kemarau panas yang terjadi pada bulan Maret-April.

Wilayah di dataran rendah Mandalay ialah wilayah bayangan hujan. Ini karena curah hujan di kawasan ini relatif rendah, adalah hanya 700 mm per tahun. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suhu udara rata-rata tahunan di Myanmar mampu meraih 27°C sepanjang tahun.

Suhu ini akan semakin dingin makin ke arah utara. Ini disebabkan sebab di bagian utara Negara Myanmar telah berbatasan dengan negara Asia Timur.

Geografi Umum Negara Myanmar

Secara astronomis, Myanmar berada diantara 9°LU-92°LU dan 92°BT-102°BT. Sementara secara geografis Myammar terletak di tempat Teluk Benggala.

Myanmar sendiri ialah negara paling utara dari Asia Tenggara, memiliki batas dengan negara Asia Selatan dan Timur. Di sebelah barat daya memiliki batas dengan India (Manipur, Mizoran, Arunachal dan Nagaland). Sebelah Utara dan Timur Laut berbatasan dengan China.

Batas darat total Negara Myanmar dengan Kawasan Otonomi Tibet dan Yunnan yakni 2.185 km. Bagian tenggara berbatasan dengan Laos dan Thailand. Pantai di Myanmar mempunyai panjang 1.930 km sepanjang Teluk Benggala dan Laut Andaman.

Titik tertinggi di Myanmar yakni Hkakabo Razi yang berada di Negara Bagian Kachin yang mempunyai ketinggian 5.881 m. Myanmar juga mempunyai banyak pegunungan, seperti Bago Yoma, Rakhine Yoma, Perbukitan Tenasserim dan Perbukitan Shan. Pegunungan ini memanjang dari utara dari Himalaya.

Myanmar juga mempunyai tiga tata cara sungai yang terbagi dari tiga rantai pegunungan. Tiga sungai tersebut yakni Sungai Salween, Sungai Irawadi dan Sungai Sittaung. Sungai Irrawaddy sendiri merupakan sungai terpanjang di Myanmar dengan panjang 2.170 km yang mengalir dan rampung ke Teluk Martaban.

Selain keadaan iklim Negara Myanmar, keadaan geografis negara ini juga berpengaruh pada kesuburan tanahnya. Dataran subur Myanmar terletak di lembah-lembah yang berada diantara rantai pegunungan tersebut. Karena itu jugalah sebagian besar orangnya hidup di lembah Sungai Irawadi.

Tag: iklim myanmar, iklim negara myanmar, myanmar memiliki iklim, negara myanmar mempunyai iklim, iklim di myanmar.


Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon