Sabtu, 18 April 2020

Mengenal Komponen Sepeda

 Kegiatan bersepeda adalah olahraga yang selain menyehatkan juga memberikan efek kesenanga Mengenal Komponen Sepeda
Komponen penting sepeda. Sumber : Google.
Kegiatan bersepeda yaitu olahraga yang selain menyehatkan juga menunjukkan efek kesenangan. Karena dengan melaksanakan acara bersepeda atau gowes umumnya menempuh track atau rute tertentu. Rute ini biasanaya ke tempat-kawasan menarik atau obyek wisata. Selain untuk kegiatan olahraga, dalam kondisi lalu-lintas yang crowded dan condong macet, acara bike to work atau dikenal dengan B2W sudah menjadi ekspresi dominan di golongan pekerja. Tetapi aktivitas olahraga sepeda atau B2W ini tidak tidak lepas dari sepeda dan bagian-komponen sepeda.

Yang jadi problem yakni ternyata bagian sepeda ini nyaris seluruhnya memakai perumpamaan ajaib. Ketika merakit sepeda atau mau mengganti part sepeda yang rusak menjadi kebingunan dengan ungkapan komponen sepeda.

Berikut ini yakni beberapa perumpamaan unsur sepeda, baik itu sepeda balap ataupun sepeda gunung (mountain bike atau MTB). Istilah ini dihimpun dari aneka macam sumber di internet. Selain diterangkan perumpamaan bagian sepeda, juga ditambahkan juga gambaran sepeda.
 Kegiatan bersepeda adalah olahraga yang selain menyehatkan juga memberikan efek kesenanga Mengenal Komponen Sepeda
Istilah kompenen sepeda gunung (mtb). Sumber : goesbike.

 Kegiatan bersepeda adalah olahraga yang selain menyehatkan juga memberikan efek kesenanga Mengenal Komponen Sepeda
Istilah kompenen sepeda gunung (mtb) full suspensi. Sumber : goesbike.

Nama Komponen
Arti Istilah Komponen Sepeda
Handlebar
Stang sepeda
Grip
Pegangan pada stang sepeda, berupa mirip karet atau materi lain dipasang di ujung segi stang
Headset dan Stem
Headset :Tiang penahan bab stang sepeda dari garpu hingga ke frame dan kemudi sepeda. Dibuat dalam 1 set. 

Stem : penghubung tiang garpu depan ke stang sepeda, dijepit dengan headset. Stem berfungsi untuk menahan garpu depan sepeda modern semoga tetap terikat ke rangka frame sepeda.
V-brake
Rem konvensional dengan karet, menjepit bab velg (RIM) untuk pengereman.
Disk Brake Mechanic
Rem dengan rotor, mengunakan metode kabel. Velg ban tidak dijepit oleh rem, tetapi di jepit di piring rotor Disk brake
Disk Brake Hydrolic
Sama seperti Disk Brake Mechanic. Kabel rem digantikan dengan minyak oli dengan tata cara tekanan Hidrolik. Rem dengan tekanan oli, lebih nyaman dibandingkan rem Mekanik. 

Masuk klasifikasi rem sepeda premium. Memiliki keunggulan lebih ringan ketika melaksanakan pengereman pada jari tangan. Tapi butuh perawatan

Kebutuhan minyak rem yang berbeda antara mineral oil dan DOT.
Minyak DOT atau Minerail Oil
Rem Hidrolik memerlukan cairan seperti minyak rem. Beberapa produsen mengunakan minyak Mineral Oil. Lebih ramah, tidak menghancurkan cat frame. Tapi memiliki kelemahan kepada panas. Ketika caliper atau bagian penjepit terlalu panas, membuat cairan minyak rem memuai. Kondisi ekstrem mampu membayakan pengendara sebab rem terasa tidak terlalu mengigit.

Minyak DOT. Adalah minyak sintetis. Digunakan sebagai minyak yang lebih tahan panas. Ada beberapa tingkat minyak DOT tergantung usulan dari produsen. Sifat minyak sintentis ini mampu menghancurkan cat jikalau terjadi kebocoran.
Rim
Velg roda, dibagi antara velg umumdan tubeless. Rim adalah ring bagian roda yang menahan ban.
Hub
Hub, gear, bab tengah roda yang menyambung ke badan sepeda dan garpu depan. Dibagi QR dan TA, QR atau Quick Release selaku standar lama. TA atau ThruAxle adalah hub model baru yang lebih besar lengan berkuasa dan lebih aman.
Spoke
Jari jari sepeda
Nipples
Baut untuk jari jari dipasang dan di ikat ke velg roda
Rigid Fork
Garpu depan tanpa pegas
Suspension Fork
Garpu depan dengan pegas, memiliki sistem dari variasi Angin, Oli dan Per. Dibagi dengan Front suspension (garpu depan pegas) dan Rear Suspension Shock (pegas suspensi bagian belakang)

Ukuran panjang Fork atau garpu sepeda dibagi dalam beberapa kategori dan panjang. Dari 100mm, 120mm, 140mm, 160mm.

Diatas 160mm mengunakan Double Crown untuk sepeda Downhill. Tiang fork terus naik hingga atas frame dan di jepit dengan 2 sisi.pada rangka sepeda.
Rear Shock
Rear Shock adalah suspensi dibagian belakang sepeda. Bentuknya mampu berbentukper, atau pegas angin. Teknolgoi Rear Shock telah dikembangkan dengan dual chamber atau dua tabung untuk ke stabilan suspensi sepeda gunung
Crank
Gigi depan terhubung ke pedal sepeda. Dibagi antara single ring, double ring dan triple ring.
Bottom Bracket
Silinder untuk penahan gigi depan (crank). Jenis bearing pada sepeda gres. Sepeda lama hanya mengunakan ball bearing yang menyatu dengan crank.

Ukuran BB atau Bottom Bracket mempunyai beberapa standar
Chain
Rantai sepeda

Tergantung ukuran dari 6, 7 speed, 8, speed, dan 9 speed. 

Terakhir dikembangkan 10 speed mirip shimano Dynasis. 

Mulai 9 speed ke 10 speed tidak kompatibel. Rantai dan bagian telah berlawanan. Rantai 10 speed mempunyai sisi rantai lebih tipis

Satu lagi terbaru dari SRAM dengan 11 speed, mengunakan 1 crank gigi depan dan 1 cassette gear dibelakang ukuran besar yang disebut doom.

Groupset 11 speed SRAM juga berlawanan dengan 10 speed. Khususnya bagian HUB roda belakang mesti khusus dirancang 11 speed alasannya adalah lebih lebar
Seat post
Batang atau tiang penahan sadel / tempat duduk sepeda. Seatpost biasa hanya diturun naiknya manual. 

Adjustable Seat Post

Seatpost mengunakan pegas, bisa diturun naikan dengan suatu tuas atau di remote ke stang. Tujuannya untuk membuat lebih mudah penguna untuk menurun naikan seatpost lebih singkat. Tetapi relatif lebih berat dibanding seatpost statik
Saddle
Sadel atau kawasan duduk sepeda
Cassette / sprocket
Gigi belakang sepeda, Dibuat berlawanan beda antara 7-8 speed. 9 speed, 10 speed dan terakhir 11 speed. Jumlah speed yakni jumlah ring gigi yang ada.
FD / RD / Rear Mechanic
Alat pemindah gigi bab belakang atau depan. Di tahun 2014 mulai dikembangkan sistem shifter elektro
Hanger
Penghubung RD dan bab frame sepeda. Berguna untuk mengantung RD dibagian gigi belakang. Hanger umumnya dibuat gampang patah, alasannya adalah di disain untuk rusak jikalau terkena benda keras seperti kerikil.

Beberapa disain sepeda tidak mengunakan pengaman Hanger.
Clampset
Penahan seatpost, penjepit tiang dingklik sepeda untuk menurun dan menaikan kursi. Ada yang dibuat permanen dengan baut, biasanya dibentuk seperti tuas biar mudah dibuka.
Wheelset
Roda sepeda termasuk bab hub, velg dan jari jari. Biasanya dirancang menjadi satu unit dan dibentuk oleh pabrikan. Wheelset memiliki laba dengan disain lebih ringan, kelemahan jika rusak di hub atau penyok akan sukar diperbaiki. Karena mesti menganti semua roda dalam satu unit.
Tube / Tire
Ban luar
Inner Tube
Ban dalam
Tubeless
Ban sepeda tanpa ban dalam mirip roda tubeless kendaraan, hanya ban luar saja. Memerlukan Velg khusus untuk ban Tubeless dan pentil tubeless. Velg atau RIM ban tubeless, tidak memiliki lubang celah jari jari dibagian dalam, lazimnya dibuat dari pabrikan langsung secara lengkap dalam bentuk roda.
Quick Release
Kunci bagian roda, biar mudah di lepas pasang. Biasanya di singkat QR
 Rotor
Besi cakram sepeda jenis disc brake. Dibagi dari ukuran 6, 7 dan 8 inch. Semakin besar ukuran Rotor akan makin kuat rem mencengkram. Tetapi rotor besar umumnya berefek panas berlebihan jika melakukan pengereman terlalu usang.
Presta atau Schrader
Jenis pentil ban sepeda, Presta ukuran kecil dan Schrader untuk ukuran besar seperti pentil motor 
Brake Pad
Kanvas Rem untuk rem jenis Disc Brake penjepit cakram  
Thru-axle
Seperti Quick Release, namun berbentuk slot yang dimasukan di bagian garpu depan sepeda tipe True-Axle. Biasanya lebih handal dan lebih menjamin agar roda depan tidak mudah lepas.
Rim tape
Pelindung ban dalam umumnya untuk ban dengan jari jari konvensional. Seperti pita yang dililitkan pada velg/rim sepeda. Melindungi bab ban dalam biar tidak tersobek oleh lubang jari jari.

Rim Tape tidak diharapkan jika mengunakan velg atau RIM tipe tubeless.
Frame
Frame adalah rangka sepeda.

Bagian depan. Dibagi dari Top Tube atau bagian atas. Down Tube bab bawah

Bagian belakang. Bagian bawah frame sepeda disebut Chainstay dan bab atas di sebut Seatstay
Itulah komponen-unsur penting sepeda semoga tidak salah jika mengubah dan atau berbelanja part sepeda.
Sumber https://ghost-ships.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)