Minggu, 29 November 2020

Genesa Endapan Sekunder Logam Tanah Jarang (Ltj)

Proses pelapukan residual banyak ditemukan terbentuk di bawah iklim tropis dan subtropis. Proses pelapukan mengkonsentrasikan LTJ berupa layer mineral utama pada kerak pelapukan yang bersumber dari batuan kaya LTJ mirip karbonatit dan granit. Dalam hal ini mirip dengan proses lateritisasi bauksit dan nikel.

Baca juga: Pembentukan Endapan Primer Logam Tanah Jarang

Proses pelapukan lainnya yang dianggap gres terdapat di Jiangxi Tiongkok. Batuan granitoid mengandung endapan LTJ terfokus berbentuklayer lempung pada kerak lapukan, sejumlah geologist Tiongkok menyebutnya sebagai tipe endapan "ion adsorption-type".

Mengacu pada endapan LTJ pantai Australia, endapan plaser LTJ terbentuk akibat gelombang, tiupan angin, dan kombinasinya. Endapan plaser mampu berasosiasi dengan rutil-zircon-ilmenit. Endapan jenis residual (ion-adsorption deposits) menurut yang terdapat di daerah Wanling Tiongkok Selatan, terbentuk sebagai hasil pelapukan lateritik granit yang meluas mengintrusi, khususnya batu granit berumur 195 - 130 juta tahun lalu.

Baca juga: Pengertian Logam Tanah Jarang (LTJ/REE)

Granit ialah batuan induk paling lazim untuk endapan tipe ion adsorpsi. Di bawah iklim panas dan lembab pada zona subtropis, granit ini mengalami pelapukan kimia biologi berpengaruh, dimana LTJ terabsorpsi terutama di atas permukaan lempung berbentukion, lalu membentuk endapan LTJ jenis ion penyerapan. Jenis endapan ion perembesan terbentuk setidaknya harus memiliki dua kriteria lazim, ialah:

  1. Harus cukup jumlah batuan induk yang mengandung LTJ,
  2. Pelapukan atau proses lateritik harus terawetkan / bertahan pada masa panjang dengan erosi terbatas. 

Proses pelapukan residual banyak ditemukan terbentuk di bawah iklim tropis dan subtropis Genesa Endapan Sekunder Logam Tanah Jarang (LTJ)
Kenampakan tipe deposit ion adsorption.

Pelapukan semua jenis batuan menghasilkan sedimen-sedimen yang diendapkan di berbagai lingkungan mirip sungai, pantai, kipas aluvial dan delta. Proses erosi menciptakan fokus-fokus mineral berat khususnya emas, membentuk endapan-endapan placer. Demikian juga unsur-unsur tanah jarang seperti monasit dan xenotim, tergantung terhadap sumbernya mampu terkonsentrasi bareng mineral-mineral berat lainnya.

Sumber bagian-unsur tanah jarang tidak mesti batuan beku alkalin atau endapan bagian-unsur tersebut. Banyak batuan beku lainnya, batuan malihan, dan juga batuan-batuan sedimen dengan kandungan monasit mampu membentuk suatu endapan plaser mengandung monasit. Namun, jenis-jenis plaser dengan konsentrasi monasit terutama berbentukplaser mengandung mineral berat ilmenit. Plaser ilmenit ditambang untuk lalu dipakai selaku pigmen oksida titanium (Ti) dan timah putih (Sn).

Baca juga: Sejarah Penemuan Logam Tanah Jarang

Bauksit karst yakni jenis endapan lain berbentuktanah yang kaya akan kandungan aluminum (Al) yang terakumulasi di atas karst batugamping. Deposit seperti ini bisa ditemukan di Montenegro dan berbagai tempat yang lain. Deposit ini kaya akan kandungan komponen-unsur tanah jarang, tetapi tidak membentuk fokus yang bernilai hemat.

Endapan-endapan fosfat marin ialah jenis lain endapan yang mengandung unsur-komponen tanah jarang. Jenis endapan ini bisa mengandung oksida tanah jarang hingga 0,1%. Disini, komponen-komponen tanah jarang hanya dipakai sebagai sampingan dari pembuatan pupuk fosfat.

Endapan LTJ mampu terbentuk dengan proses sedimentasi menjadi endapan plaser dan konglomerat. Mineral detrital berasal dari berbagai varietas batuan primer mulai dari fragmen urat-urat kuarsa sampai kompleks batuan beku ataupun metamorf.

Baca juga: Penelitian Logam Tanah Jarang di Indonesia

Untuk membentuk konsentrat yang bernilai irit, membutuhkan sejumlah mineral berguna serta keadaan geografis dan iklim yang tepat. Biasanya, mineral utama LTJ (monasit dan xenotim) berasosiasi dengan mineral titanium dan zircon dalam bentuk endapan plaser, sering dijumpai di Australia, India, Brazil, Malaysia, dan Indonesia. Sedangkan jenis endapan LTJ konglomerat yang kaya golongan yttrium sering dijumpai di Kanada.
Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon