Senin, 03 Februari 2020

Tanah Podsolik : Pemahaman, Ciri-Ciri, Pemanfaatan Dan Persebarannya

Ciri tanah podsolik yang berwarna merah kekuningan Tanah Podsolik : Pengertian, Ciri-Ciri, Pemanfaatan dan Persebarannya
Ciri tanah podsolik yang berwarna merah kekuningan.
Tanah ialah salah satu unsur pembentuk bumi. Tanah memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Tidak cuma untuk kawasan insan berpijak, tanah juga menjadi daerah berkembang bagi banyak sekali jenis flora.

Tanah juga terdiri dari banyak sekali jenis dengan pemanfaatan yang berlainan pula, tergantung pada karakteristik yang dimilikinya. Salah satu jenis tanah yang terdapat di bumi yakni Tanah Podsolik. Berikut ini akan dijelaskan tentang definisi, ciri-ciri, pemanfaatan dan persebaran Tanah Podsolik ini.

Daftar isi


Pengertian Tanah Podsolik

Tanah podsolik ialah salah satu jenis tanah yang banyak tersebar di Indonesia. Tanah ini ini terbentuk alasannya suhu rendah dan curah hujan yang tinggi. Tanah ini juga termasuk dalam golongan tanah mineral bau tanah dengan karakteristik warna kemerahan atau kekuningan.

Warna dari tanah ini menjadi penunjuktingkat kesuburan tanah tersebut, yang termasuk tanah yang kurang subur. Warna kuning atau merah pada tanah ini terjadi alasannya proses longgokan alumunium atau besi yang teroksidasi.

Berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), tanah podsolik yang berwarna merah kuning ini ialah bab dari golongan tanah Ultisol. Tanah Ultisol sendiri merupakan jenis tanah yang telah mengalami pembersihan atau telah dicuci saat iklim subtropis atau iklim tropis.

Ciri-Ciri Tanah Podsolik

Semua tanah yang ada di permukaan bumi pastinya memiliki ciri atau karakteristik sendiri sesuai dengan tingkatannya dan membedakannya dengan jenis tanah lain. Tanah Podsolik mempunyai ciri-ciri fisik yang yang mampu membedakannya dengan jenis tanah lainnya. Berikut ini ialah ciri-ciri tanah podsolik yang mesti Anda pahami untuk lebih mengenali jenis tanah yang satu ini, yaitu:

1. Daya Penyimpanan Unsur Hara Rendah
Setiap tanah mempunyai karakteristik dapat menyimpan komponen hara di dalamnya. Yang membedakan adalah seberapa besar kemampuan atau daya simpannya. Semakin tinggi daya simpan bagian haranya, maka akan membuat tanah tersebut kian subur. Nah, Tanah Podsolik ini memiliki daya simpan unsur hara yang condong rendah akibat kandungan lempung yang mempunyai acara rendah pula.


2. Unsur Basa Rendah
Selain daya penyimpanan bagian hara yang rendah, tanah Podsolik juga memiliki kejenuhan terhadap unsur basa, mirip Mg, Ca dan K yang juga rendah. Hal ini menjadikan jenis tanah podsolik condong kurang cocok untuk ditanami jenis flora satu ekspresi dominan.

3. Daya Simpan Air Rendah
Tanah podsolik tidak cuma memiliki daya simpan bagian hara rendah serta unsur basa yang rendah saja, jenis tanah ini juga ialah jenis tanah dengan daya simpan air yang relatif rendah. Hal ini alasannya kandungan lempung di dalam tanah ini yang bersifat tidak menyerap air. Karena itu, tanah podsolik ini juga cenderung lebih mudah mengalami kekeringan.

4. Kadar Bahan Organik di dalam Tanah Relatif Rendah
Jika dibandingkan dengan jenis tanah lain, tanah podsolik mempunyai kandungan bahan organik yang relatif lebih rendah. Bukannya tidak ada sama sekali, tanah podsolik ini tetap memiliki kandungan bahan organik namun dalam jumlah sedikit.

Selain itu, kandungan bahan organiknya pun cuma terdapat di bagian atas atau permukaan tanah saja. Inilah yang membuat tanah ini tidak bisa ditanami dengan banyak sekali jenis tumbuhan, utamanya jenis tanaman musiman.

Dengan mengenali karakteristik atau ciri-ciri tanah podsolok diatas, maka manusia bisa mengetahui bagaimana memanfaatkan tanah podsolik dengan sempurna. Untuk mempermudah mengigatnya, di bawah ini disajikan ringkasan karakteristik Tanah Podsolik dalam bentuk tabel.
ParameterKarakteristik
Tekstur Tekstur berpasir dan berlempung
Sifat Sifatnya gampang lembap
proses pembersihan Mengalami proses pencucian oleh air hujan
pH tanah pH tanah relatif rendah
Asal materi induk Bahan induknya berasal dari batuan yang mengandung silika tinggi
zona iklim Berada pada zona iklim lembap dengan curah hujan tinggi antara 2500-3000 mm/tahun
Kandungan unsur Terdapat kandungan besi dan aluminium yang tinggi
Pemanfaatan Bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan perkebunan atau persawahan

Pemanfaatan Tanah Podsolik

Mengetahui ciri dan karakteristik satu jenis tanah akan menciptakan Anda bisa mengetahui manfaat dari jenis tanah tersebut atau bagaimana memanfaatkannya. Hal ini jugalah yang mampu dipelajari dengan mengenali karakteristik tanah podsolik.

Jika menyaksikan dari ciri dan karakteristiknya, tanah Podsolik ini mampu dimanfaatkan untuk aneka macam pemanfaatan, mirip pada beberapa pemanfaatan tanah podsolik berikut ini:

1. Untuk Pertanian
Mempertimbangkan Karakter tanah podsolik yang dijelaskan sebelumnya, memang jenis tanah ini tidak diperhitungkan untuk pertanian. Namun alasannya keterbatasan lahan ketika ini, tanah podsolik pun mampu dimanfaatkan untuk pertanian namun harus ditambahkan pupuk untuk memperbaiki kondisi tanahnya.

Pupuk yang dipakai pun harus pupuk organik sebab jenis pupuk organik ini mempunyai kesanggupan memperbaiki struktur tanah. Penggunaan pupuk organik akan menolong memperbaiki dan menjaga keseimbangan tanah podsolik.

Untuk kebutuhan pertanian atau perkebunan, jenis tumbuhan yang bisa ditanam di tanah podsolik ini antara lain adalah pohon kelapa, karet, kelapa sawit, jambu mete dan beberapa jenis tanaman lainnya. Karena komponen hara yang cuma ada di permukaan tanah, biasanya tanah jenis ini mampu dimanfaatkan untuk menanam jenis tumbuhan dengan akar yang tidak masuk ke dalam.

2. Untuk Membuat Karya Seni
Jenis tanah Podsolik juga banyak dimanfaatkan selaku materi utama pembuatan karya seni. Hal ini alasannya tanah ini mempunyai kandungan lempung yang condong mudah dibentuk. Beberapa karya seni yang yang dibuat dari tanah ini misalnya patung atau jenis dekorasi ruangan lainnya.

3. Sebagai Habitat Hewan dan Makhluk Hidup Lain
Secara lazim, tanah yakni habitat atau kawasan hidup bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Begitu pula dengan tanah podsolik ini. Meskipun memiliki kesanggupan menyimpan komponen hara dan air yang sedikit, tanah jenis ini juga tetap bisa menjadi habitat hidup bagi beberapa jenis binatang atau makhluk hidup lain.

4. Untuk Kebutuhan Industri
Beberapa jenis tanah juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan industri. Biasanya tanah dimanfaatkan untuk pengerjaan genting, kerikil bata, keramik dan kebutuhan industri lainnya. Begitu pula dengan tanah podsolik ini. Tanah yang berwarna merah dan kuning ini cocok untuk dimanfaatkan dalam Industri pembuatan beberapa barang yang memakai materi dasar tanah.

Persebaran Tanah Podsolik di Indonesia

Indonesia yaitu dengan yang kaya akan keanekaragaman hayati, begitu pula tanah. Beragam jenis tanah tersebar secara merata di seluruh daerah Indonesia. Persebaran ini jugalah yang menentukan ciri dan karakteristik tanah sehingga membuatnya berlawanan antara satu jenis tanah dengan jenis tanah yang lain.

Untuk jenis tanah podsolik ini umumnya didapatkan di tempat pegunungan. Persebarannya yakni di pegunungan di daerah Jawa Barat, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Demikian tadi penjelasan dan info lengkap ihwal tanah podsolik, mulai dari pengertian, ciri karakteristik, pemanfaatan, dan persebarannya. Dengan mengetahui info lengkap wacana tanah dan berbagai faedah yang mampu diambil dari jenis tanah tersebut, diharapkan bisa menyadarkan insan untuk senantiasa mempertahankan kelestarian lingkungan termasuk kelestarian tanah jenis ini.

Sumber https://www.geologinesia.com/


EmoticonEmoticon