Minggu, 06 September 2020

10 Danau Terbesar Yang Ada Di Dunia


Danau ialah cekungan yang berisi air dan terbentuk secara alami, pada umumnya di kelilingi daratan dan tidak seperti maritim, tidak ada pergerakan dan sirkulasi air di dalam danau. Tiga jenis aktifitas bumi yang membentuk danau yaitu aktifitas vulkanik, tektonik, dan glasial. Oleh karena itu, danau mampu saja terbentuk dan hilang karena aktifitas alam.





Terdapat berbagai danau yang ada di bumi, dan beberapa diantaranya mempunyai ukuran yang besar. Sekalipun begitu, dunia pernah mengkalkulasikan sejumlah danau yang mempunyai luas lebih dari 2 ribu meter dan masuk dalam jajaran 10 danau terbesar di dunia.






Danau Great Slave (28.930 km2)





Danau Great Slave merupakan danau terbesar ke 10 di dunia




Danau ini terletak di Kanada, Amerika Utara dengan kedalaman meraih 614 meter dan keseluruhan total area meraih lebih dari 28 ribu kilometer persegi. Nama Slavey berasal dari salah satu nama kalangan yang paling banyak tinggal di daerah tersebut, yaitu suku Dene, penduduk orisinil lokal.





Danau ini merupakan jenis danau glasial yang dipengaruhi oleh es dan gletser setempat. Hal ini terjadi sebab danau great slave terletak pada zona acuh taacuh Kanada yang memiliki trend masbodoh cukup parah.





Penduduk sekitar memanfaatkan keberadaan danau tersebut untuk meningkatkan perekonomian mereka. Mata pencaharian penduduk di tempat tersebut, selain nelayan ialah pencari emas dan permata. Danau Great Slave juga menerima predikat selaku danau paling dalam di Amerika Utara.





 



Danau Malawi (30.044 km2)





Danau Malawi Merupakan Salah Satu Danau terbesar di dunia




Letak danau ini diapit tiga negara sekaligus, ialah Malawi, Tanzania, dan Mozambique. Masing-masing negara menamainya dengan nama yang berlainan, misalnya Danau Nyassa di Tanzania dan Danau Niassa di Mozambique.





Luas danau ini lebih dari 30 ribu kilometer dengan kedalaman meraih 706 meter. Oleh alasannya itu, danau Malawi ialah salah satu danau terbesar di dunia. Di benua Afrika sendiri, dia tergolong dalam tiga danau paling besar dan nomor dua yang paling dalam.





Terdapat lebih dari 1000 spesies ikan yang terdapat di danau ini, sehingga menjadikannya sebagai danau dengan jumlah fauna paling besar di dunia. Air di Danau Malawi begitu bersinar sehingga sering disebut selaku lake of stars.





 



Danau Great Bear (31.080 km2)





Danau Great Bear merupakan salah satu danau terbesar di Amerika Utara




Sebagai salah satu dari 10 danau terbesar di dunia, danau yang terletak di Kanada ini memiliki luas hingga 31 ribu kilometer persegi. Panjang danau ini yakni 320 km dengan lebar meraih 175 km.





Sebagai tipe danau glasial ia mempunyai ekosistem yang bagus dengan air yang jernih. Sama seperti danau Great Slave, danau ini juga dipengaruhi oleh dinamika es dan gletser yang ada di Kanada.





Air yang terdapat di danau ini berasal dari anakan sungai yang berasal dari sungai terbesar di Kanada, yaitu Sungai Mackenzie. Terdapat lima anak sungai sungai yang bergabung kedalam sungai ini ialah Dease, McViar, McTavis, Smith dan Keith.





Arti dan asal dari nama danau ini yakni beruang grizzly air. Nama ini berasal dari orang-orang yang tinggal di sekitar area tersebut.





 



Danau Baikal (31.500 km2)





Danau baikal merupakan salah satu danau terbesar di dunia dan yang terdalam di dunia




Terletak di Rusia, danau ini ialah danau air tawar yang paling bau tanah di dunia, dan telah ada semenjak 25 juta tahun yang lalu. Lokasi tepatnya berada di tempat selatan Siberia, dan merupakan danau paling dalam di dunia, alasannya kedalamannya mencapai 1.700 meter.





Dengan luas volume air meraih 31.500 km2 beliau menyumbang sekitar 20 persen total air tawar dunia.





Danau Baikal juga merupakan 10 danau terbesar di dunia yang tidak membeku dan termasuk jenis danau yang terbentuk sebab perpindahan lempeng bumi.





Ia sering disebut sebagai Galapagos-nya Rusia alasannya umurnya yang renta dan tempatnya yang terisolir membuatnya memiliki fauna air yang tidak biasa. Selain itu, danau ini juga sungguh indah karena belum terkotori oleh polutan industri dan pertanian.





 



Danau Tanganyika (32.893 km2)





Danau tanganyika merupakan salah satu danau terbesar di Afrika




Danau Tanganyuka mempunyai lokasi yang cukup unik. Danau ini di himpit dan masuk ke dalam kawasan empat negara, ialah Burundi, Tanzania, Zambia, dan Republik Demokrasi Kongo.





Danau dengan luas total meraih 32 ribu kilometer persegi ini merupakan danau terpanjang di dunia, yang kalau diukur dari selatan ke utara, panjangnya mencapai 677 kilometer.





Karena terletak dalam jalur Great Rift Valley, kedalam danau ini mencapai 1,433 meter. Hal ini membuatnya menjadi salah satu danau terdalam di dunia.





Seperti sebagian besar danau di Afrika, Danau Tanganyika juga terbentuk sebab perubahan lempeng tektonik bumi. Ekosistem di danau tersebut, baik tanaman dan faunanya meraih 2 ribu jenis lebih.





 



Danau Michigan (58.016 km2)





Danau Michigan merupakan salah satu danau terbesar di Amerika Utara




Terletak di Amerika Serikat, danau ini merupakan salah satu yang terbesar di wilayah Amerika Utara. Danau ini terletak di 4 negara bab Amerika Serikat adalah Indiana, Michigan, Wisconsin, dan Illinois. Keseluruhan danau ini terletak di teritori Amerika Serikat dan menjadi satu-saunya danau terbesar yang berada di satu negara.





Nama Michigan sendiri berasal dari bahwa lokal, adalah ungkapan Ojibwa yang bermakna danau yang besar. Di sekitar danau Michigan, masyarakat tetap tinggal dan beraktifitas mirip biasa.





Sekitar 12 juta orang tinggal di sekelilingnya dan memanfaatkan danau tersebut untuk wisata dan kebutuhan air sehari-hari mereka.





 



Danau Huron (59.596 km2)





Danau Huron merupakan salah satu danau terbesar di Amerika utara




Peringkat ke empat dari 10 danau paling besar di dunia ialah Danau Huron yang terletak di dua kawasan, ialah Kanada dan Amerika Serikat. Danau ini memiliki luas hampi 60 ribu kilometer persegi.





Danau ini memiliki sekitar 30 ribu pulau kecil, dengan Manitoulin sebagai pulau yang paling banyak di datangi.





Danau ini ialah salah satu danau dengan wilayah sekitar yang cukup padat penduduk, sekitar 12 ribu orang yang tinggal di sekelilingnya.





Sebagai pulau dari danau air tawar paling besar, Manitoulin sering dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati panorama. Di danau tersebut lebih dari 100 pulau memiliki sumber air tawarnya sendiri.





 



Danau Victoria (69.485 km2)





Danau Victoria merupakan danau terbesar ketiga di dunia




Dikenal selaku Victorian Nyanza, ia juga mendapatkan predikat sebagai danau terbesar di Afrika. Namanya berasal dari nama Ratu Victoria yang berasal dari Inggris.





Pemberian nama tersebut dikerjakan oleh seorang warga Britania, John Hanning Speke. Dialah yang pertama kali mengeksplorasi dan menuliskan mengenai eksistensi danau tersebut.





Sungai yang mengaliri danau ini adalah Sungai Kagera, yang ialah anak sungai Nil. Menurut sejarah, danau ini pernah kering dan hilang tiga kali semenjak pertama kali terbentuk, yang terakhir terjadi pada 17 ribu tahun yang lalu, dan terisi kembali 3 ribu tahun kemudian, sekitar 14, 700 tahun yang lalu.





 



Danau Superior (82.414 km2)





Danau superior merupakan danau terbesar kedua di dunia




Danau yang menduduki peringkat ke 2 dari 10 danau paling besar di dunia ini terletak di negara Kanada dan Amerika Serikat. Ia merupakan danau terbesar ke di Amerika Utara dan terbagi dalam beberapa daerah, ialah Ontario di Kanada dan Minnesota, Wisconsin serta Michigan di Amerika Serikat.





Danau ini menyediakan sekitar 10 persen air tawar di negara tersebut dan mempunyai kedalaman sampai 400 meter. Danau ini memilik luas hingga 82 ribu kilometer persegi dan menjadi danau air tawar murni terbesar di dunia.





 



Laut Kaspia (371.000 km2)





Laut kaspia merupakan danau terbesar di dunia




Peringkat pertama danau paling besar di pegang oleh Laut Kaspia. Ia disebut dengan laut alasannya adalah ukuranya yang sangat besar dan diisi oleh adonan air asin dan payau. Ia menjadi danau terbesar di dunia dengan luas sebesar 371 ribu kilometer persegi.





Setiap kilometer persegi bahari Kaspia mengandung 78 ribu kubik air, dan menempati peringkat ketiga selaku danau paling dalam di dunia. Laut Kaspia di kelilingi oleh beberapa negara adalah Rusia, Kazakhstan, Azerbaija, Turkmenistan, dan Iran.





Sayangnya, maritim Kaspia kini mengalami penyurutan, airnya selalu menyusut seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini terjadi alasannya adalah sungai-sungai yang mengalir kedalam maritim Kaspia dibendung dan dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian kapas di Kazakhstan dan daerah sekitarnya.







Sumber ty.com


EmoticonEmoticon