Sabtu, 05 September 2020

Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia?


Indonesia termasuk sebagai negara kepulauan, artinya, Indonesia mempunyai daerah yang terdiri dari pulau-pulau, baik yang berukuran besar maupun yang kecil.





Meskipun secara umum dikuasai daerah daratan Indonesia dilingkupi oleh 5 pulau terbesar yakni Papua, Jawa Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi, ternyata indonesia memiliki belasan ribu pulau lainnya lho.






Sebenarnya, Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?





Menghitung jumlah pulau di Indonesia sangatlah sukar mengenang wilayah kita yang sungguh luas. Selain itu, infrastruktur penjaga pantai juga tidak tersebar secara merata di seluruh daerah Indonesia.





Namun, pada tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat bahwa terdapat setidaknya 6.127 pulau di Indonesia. Jumlah ini bertambah pada tahun 1987 ketika terjadi survei oleh Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) yang menyatakan bahwa Indonesia mempunyai sekitar 17.503 pulau yang mana 5.707 diantaranya telah memiliki nama.





Pada tahun 2002, penelitian memakai citra satelit dan sistem info geografis (SIG) menemukan bahwa Indonesia memiliki sekitar 18.306 pulau. Lebih banyak ketimbang survey Pussurta ABRI pada tahun 1987.





Data ini ditambahkan lagi oleh departemen dalam negri yang menawan pendataan kepada seluruh gubernur serta bupati/wali kota. Mereka menyatakan bahwa terdapat sekitar 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tidak berjulukan. Namun, dari sekian banyak pulau tersebut, hanya sekitar 6 ribu pulau yang dihuni oleh insan.





Data ini lalu dimutakhirkan lagi dalam pendataan terbaru yang pada tahun 2017 menyatakan bahwa Indonesia memiliki 16.056 pulau yang valid dan terverifikasi di Indonesia. Data ini bertambah pada tahun 2018 menjadi 16.671 pulau dan kembali bertambah pada tahun 2019 menjadi 17.491 pulau.





Berdasarkan rilis data Badan Pusat Statistik modern tahun 2018, didapatkan bahwa jumlah pulau di Indonesia per provinsi yaitu selaku berikut.





Jumlah pulau di Indonesia




Berdasarkan tabel diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa provinsi dengan pulau terbanyak di Indonesia yaitu provinsi Papua Barat disusul oleh Kepulauan Riau dan Sulawesi Tengah.





Jumlah pulau di Papua Barat menyentuh angka 4108 pulau, dua kali lebih banyak dari Kepulauan Riau di posisi kedua dan sekitar 410 kali lebih banyak dari Bengkulu di posisi terakhir.





Mari kita bedah lebih dalam jumlah pulau-pulau yang berada di tiap-tiap daerah negara Indonesia.





 



Jumlah Pulau di Jawa Bali dan Nusa Tenggara





Jumlah pulau yang ada di Jawa Bali dan Nusa Tenggara




Berdasarkan grafik diatas, kita mampu menawan kesimpulan bahwa provinsi di kawasan Jawa Bali dan Nusa Tenggara yang mempunyai pulau terbanyak ialah Jawa Timur disusul oleh Nusa Tenggara Barat. Sedangkan, provinsi yang mempunyai jumlah pulau paling sedikit ialah Jawa Barat dan Bali.





Secara biasa , Jawa tidak memiliki terlalu banyak pulau sebab seluruh abad daratannya terpusat di Pulau Jawa. Namun, memang di tempat Jawa Timur dan Nusa Tenggara terdapat banyak pulau-pulau kecil.





 



Jumlah Pulau di Sumatera





Jumlah pulau di Sumatera




Berdasarkan grafik diatas, dimengerti bahwa di kawasan Sumatera, provinsi yang memiliki jumlah pulau terbanyak ialah Kepulauan Riau, sedangkan yang paling sedikit ialah Bengkulu.





Dengan jumlah pulau lebih dari 1994 pulau, Kepulauan Riau mempunyai jumlah pulau nyaris empat kali lebih banyak ketimbang Aceh, di posisi kedua. Hal ini terjadi sebab Kepulauan Riau memang berupa kepulauan dengan banyak pulau-pulau kecil yang masuk daerah yurisdiksinya.





 



Jumlah Pulau di Kalimantan





Jumlah pulau di Kalimantan




Berdasarkan grafik diatas, kita mampu menarik kesimpulan bahwa di wilayah Kalimantan, provinsi yang mempunyai jumlah pulau terbanyak ialah Kalimantan Timur dengan 419 pulau. Sedangkan, provinsi dengan jumlah pulau paling rendah adalah Kalimantan Utara dengan 34 pulau.





Mirip dengan pulau Jawa, secara biasa Kalimantan memang tidak memiliki terlalu banyak pulau. Hal ini dikarenakan daratan Kalimantan terfokuskan pada pulau besarnya. Namun, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat memiliki lumayan banyak pulau-pulau kecil di lepas pantainya.





&snbsp;



Jumlah Pulau di Papua dan Maluku





Jumlah pulau yang ada di Papua dan Maluku




Berdasarkan grafik diatas, kita mampu mempesona kesimpulan bahwa di wilayah Papua-Maluku, terdapat banyak sekali pulau-pulau kecil. Namun, mayoritas pulau kecil ini berada di Papua Barat. Dengan 4108 pulau, maka Papua Barat mempunyai sekitar 4x lebih banyak pulau daripada Maluku yang berada di posisi kedua.





Secara umum, bila kita bandingkan dengan kawasan-kawasan lain, Papua dan Maluku mempunyai jumlah pulau yang cukup banyak. Hal ini terjadi alasannya memang bentukan tempat ini yakni kepulauan. Terutama Papua Barat di daerah kepala burung nya dan Maluku yang memang merupakan kepulauan.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon